Sabtu, 5 Januari 2013

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Bengawan Solo meluap

Posted: 05 Jan 2013 07:25 PM PST

Bagian dari Bengawan Solo saat tenang.(ANTARA/Aguk Sudarmojo)

Berita Terkait

Solo (ANTARA News)- Air Bengawan Solo meluap, menggenangi puluhan rumah di Kota Solo dan sebagian daerah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, setelah hujan turun selama beberapa hari di hulu sungai.

Menurut Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, luapan air Bengawan Solo yang mulai masuk ke Kota Solo pada Minggu dini hari menggenangi rumah di beberapa kampung termasuk Kampung Sewu dan Semanggi.

"Rumah yang tergenang banjir kali ini seperti di daerah Kampung Sewu, Semanggi dan lain-lain cukup lumayan. Kami bersyukur karena sampai sekarang tidak ada laporan mengenai korban jiwa," katanya.

Rumah pribadi Walikota Surakarta di kawasan Pucangsawit juga terendam air. Namun pukul 09.30 WIB genangan air mulai surut.

Menurut Walikota, pemerintah daerah sudah menyiapkan bantuan bagi korban banjir. "Saya telah memerintahkan untuk secepatnya mengirimkan bantuan yang diperlukan," katanya.

Luapan air Bengawan Solo juga merendam Taman Ronggo Warsito di Jurug dan rumah penduduk di daerah sekitar yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar, seperti Dukuh Daleman, Kelurahan Ngringo, Kecamatan Jaten.

"Di sini ada 38 rumah yang terendam banjir," kata Bupati Karanganyar Rina Iriani SR saat meninjau banjir.

Kedalaman genangan air di Dukuh Daleman antara 0,5 meter sampai satu meter, tetapi sekarang ini sudah mulai surut.

Pemerintah Kabupaten Karanganyar menyiapkan dapur umum untuk membantu korban banjir. "Yang penting mereka itu tidak telantar dan makanan juga tersedia," katanya.

(J005)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2013

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Wikipedia hapus artikel "hoax" tentang konflik di India

Posted: 05 Jan 2013 06:52 PM PST

Gambar halaman muka laman Wikipedia. (www.wikipedia.org)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Laman ensiklopedia multibahasa Wikipedia resmi menghapus sebuah artikel tentang perang di India abad ke-17 yang sebenarnya tidak pernah ada.

Editor Wikipedia, ShelfSkewed, menghapus artikel perang yang disebut Bicholim Conflict itu pekan lalu, setelah lebih dari lima tahun tampil.

Sebelumnya laman ensiklopedia itu menampilkan artikel tentang bentrokan antara Portugal dan Kerajaan Maratha di India tahun 1640 sampai 1641, perang yang tidak dideklarasikan yang kemudian disebut Bicholim Conflict, seperti nama kawasan India utara tempat kebanyakan peperangan terjadi.

Bentrokan itu berakhir dengan traktat perdamaian yang membantu membawa Goa sebagai satu negara bagian India yang independen.

Semua itu kenyataannya tidak pernah terjadi. Bicholim Conflict hanya hasil khayalan Wikipedian, sebuah hoax besar dengan 4.500 kata yang berhasil mengelabuhi editor Wikipedia selama lebih dari lima tahun.

Bahkan artikel lelucon itu sempat mendapat label sebagai "Artikel Bagus" hanya dua bulan setelah artikel diunggah pada Juli 2007.

Meski artikel sudah dihapus namun pengaruh Wikipedia di Web membuat Bicholim Conflict terus bertahan di jaringan seperti parasit. Konflik itu antara lain masih tercatat di laman New World Encyclopedia dan Encyclo.

"Pencarian dalam jaringan untuk Bicholim Conflict atau beberapa sumber rujukan artikel hanya memuat hasil yang merujuk kembali pada artikel itu," kata ShelfSkewed.

Laman The Daily Dot mencatat, konflik Bicholim bukan satu-satunya artikel palsu di Wikipedia. Artikel palsu tentang alat penyiksa yang disebut Crocodile Shears dihapus setelah lebih dari enam tahun tampil dan penjelasan tentang pembunuh Julius Caesar bernama Gaius Flavius Antoninus dihapus setelah delapan tahun.

(I026)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2013

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan