Ahad, 23 Disember 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Tak Laku, Pedagang Sampai Jual Daging Nyaris Busuk

Posted: 23 Dec 2012 12:34 AM PST

JOMBANG - Jelang Natal, harga daging sapi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus merangkak naik. Akibatnya, para pedagang terpaksa menjual daging yang nyaris busuk karena jarang ada pembeli yang datang dan sudah berhari-hari daging mereka tidak habis terjual.

Rasa gerah dengan terus naiknya harga daging ini diungkapkan para pedagang daging sapi di pasar tradisional Kota Jombang. Menurut pedagang, sejak dua pekan terakhir harga daging sapi sudah dua kali mengalami kenaikan.

"Pertama dari Rp55 ribu per kilogram (kg) naik menjadi Rp65 ribu. Dan kini naik lagi menjadi Rp75 ribu," kata salah satu pedagang, Bu Ambon, Minggu (23/12/2012).

Dia mengaku, sejak harga daging naik Rp20 ribu dari harga normal, jumlah pembeli yang datang ke lapaknya menurun tajam.

Dalam kondisi normal, dirinya dapat menjual lebih dari satu kuintal daging per hari. Namun kali ini, daging yang sudah dia jajakan sejak empat hari lalu dan bahkan nyaris membusuk masih belum laku terjual.

Agar tetap awet, dia sengaja menyimpan daging tersebut ke dalam freezer agar tidak rugi dan bisa dijual lagi. Para pedagang daging sapi ini berharap pemerintah segera mengembalikan harga daging sapi pada kisaran normal agar daya beli masyarakat terhadap daging sapi kembali meningkat. (Mukhtar Bagus/Sindo TV/wdi)

Pemudik Padati Pelabuhan Manado

Posted: 23 Dec 2012 12:29 AM PST

Minggu, 23 Desember 2012 - 15:29 wib
Efendi Labenjang - Sindo TV

MANADO - Pelabuhan Manado di Sulawesi Utara mulai padat dipenuhi penumpang. Pada sabtu malam, ribuan penumpang akan melakukan mudik ke daerah kepulauan di Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Kebanyakan penumpang menuju ke Sangihe, Talaud, Sitaro, serta Tobelo dan Kota Ternate. Diperkirakan peningkatan penumpang akan terus bertambah hingga Hari Natal pada Selasa besok.

Menurut petugas Kantor Administrator Pelabuhan, lonjakan arus penumpang di Pelabuhan Manado, mulai terjadi pada Jumat lalu. Kenaikan arus penumpang kali ini meningkat 17 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada umumnya, para penumpang tinggal dan bekerja di Kota Manado.  Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, biasanya mereka kembali ke daerah masing-masing untuk merayakannya bersama kerabat di kampung. Seperti pengakuan salah satu pemudik, Rina. "Mau pulang kampung, mau Natalan di Sanger," jelasnya.

Saat ini, puluhan armada kapal dikerahkan untuk mengangkut para pemudik. Menurut General Manager PT Pelindo Manado Jhon, pihaknya sudah menyediakan fasilitas terminal bagi kapal yang akan masuk. Selain, sejumlah armada kapal tambahan juga telah disiapkan.

Sementara itu, Kepolisian Sektor (Polsek) Pelabuhan telah menurunkan semua personelnya untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan di kawasan pelabuhan.
 

(Efendi Labenjang/Sindo TV/hnn)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan