Jumaat, 21 Disember 2012

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Fraksi-fraksi Sampaikan Pandangan Soal Bupati Aceng

Posted: 21 Dec 2012 07:42 AM PST

PARIPURNA DPRD GARUT

Fraksi-fraksi Sampaikan Pandangan Soal Bupati Aceng

Penulis : Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha | Jumat, 21 Desember 2012 | 15:42 WIB

GARUT, KOMPAS.com - DPRD Garut menggelar paripurna menyangkut kasus Bupati Aceng dengan agenda pandangan fraksi-fraksi pada Jumat (21/12/2012) sekitar pukul 14.00. Paripurna berlangsung, meski jadwalnya sempat molor lagi selama satu jam karena anggota dewan sempat terhambat pendemo yang mengepung gedung dewan.

Paripurna dihadiri 49 anggota dewan yang dipimpin langsung Ketua DPRD Garut Ahmad Badjuri. Rapat pun langsung dimulai dengan mendengarkan pembacaan pandangan di setiap fraksi yang berjumlah delapan fraksi.

Pantauan Kompas.com, jalannya paripurna berbeda dengan rapat sebelumnya. Kini paripurna berjalan tertib karena mendapatkan penjagaan ketat kepolisian. Bahkan, petugas polisi melakukan penyisiran terlebih dulu terhadap setiap orang yang akan memasuki ruang paripurna.

Sampai berita ini diturunkan, rapat paripurna tengah berlangsung pembacaan pandangan fraksi. Fraksi PPP menyatakan melanggar etika dan direkomendasikan pengusulan pemberhentiannya.

Fraksi PKB dan Gerindra hanya menyikapi bahwa Bupati Aceng telah dihukum dengan sanksi sosial yang tak ringan. Sedangkan Fraksi Hanura berpendapat merekomendasikan pencopotan Bupati Aceng. Sementara fraksi lainnya masih akan membacakan pandangannya.

Editor :

Glori K. Wadrianto

Jenazah Brigadir Winarto Diterbangkan ke Boyolali

Posted: 21 Dec 2012 07:38 AM PST

PALU

Jenazah Brigadir Winarto Diterbangkan ke Boyolali

Penulis : Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati | Jumat, 21 Desember 2012 | 15:38 WIB

PALU, KOMPAS.com - Jenazah Brigadir Anumerta Winarto, anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah yang tewas ditembak kelompok bersenjata di Poso, Sulawesi Tengah, kemarin, Jumat (21/12/2012) ini diterbangkan di kampung halamannya di Boyolali, Jawa Tengah (bukan Makassar seperti diberitakan sebelumnya-red).

Jenazah Winarto diterbangkan dengan menumpang penerbangan komersial milik Batavia Air sekitar pukul 14.00 WITA. Sebelumnya, dua jenazah anggota Brimob Polda Sulteng yang gugur, yakni Brigadir Anumerta Ruslan dan Brigadir Anumerta I Wayan Putu Aryawan sudah diterbangkan pagi tadi dengan menumpang pesawat komersial Lion Air menuju kampung halamannya masing-masing di Makassar, Sulawesi Selatan dan Denpasar, Bali.

Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana menyampaikan duka mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. Menurutnya kasus yang menimpa anggota Polri ini adalah kasus kekerasan yang sifatnya khusus. "Inilah yang harus kita sadari bersama dalam menangani kasus yang bersifat khusus ini, di samping kita melakukan penegakan hukum dengan menggunakan senjata, tapi perlu juga menanganan yang lebih konprehensif atau lebih lunak," kata Dewa Parsana.

Menurut Dewa, para pelaku kekerasan yang membabi buta karena mereka memiliki faham dan doktrin tertentu di dalam dirinya. "Paham dokrin ini memerlukan lintas fungsi dan lintas sektoral. Bagaimana menetralkannya ya kita perlu diskusi. Tidak hanya melibatkan polisi melainkan masyarakat juga terlibat didalamnya. Agar letupan-letupan yang terjadi tidak tambah parah," kata Dewa.

Editor :

Glori K. Wadrianto

Tiada ulasan:

Catat Ulasan