Rabu, 28 November 2012

Republika Online

Republika Online


BK DPR Tunggu Bukti-bukti dari Merpati

Posted: 28 Nov 2012 11:05 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR Muhammad Prakosa mengatakan akan menunggu direksi PT Merpati Nusantara Airlines menyerahkan bukti-bukti pemerasan oleh anggota DPR.

"Akan kami tunggu sampai dengan Senin (3/11) substansi dan kronologis pertemuan serta bukti tambahan dari Dirut Merpati Rudy Setyopurnomo melalui surat," kata Muhammad Prakosa di Jakarta, Kamis.

BK DPR telah mengonfrontir pernyataan Rudy Setyopurnomo dengan lima anggota Komisi XI yang hadir pada pertemuan antara Panitia Kerja Merpati dengan direksi Merpati pada 1 Oktober 2012.

Lima anggota yang hadir pada pertemuan informal karena rapat yang diagendakan tidak mencapai kuorum itu adalah Zulkieflimansyah, Achsanul Qosasih, Linda Megawati, Saidi Butarbutar dan I Gusti Agung Ray Wijaya.

Pada sidang etik dengan agenda konfrontir pernyataan itu, Prakosa mengatakan masih belum ada bukti yang disampaikan Rudy.

"Sebagai pelapor, tentu yang memiliki beban untuk mengajukan bukti-bukti adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan Dirut Merpati Rudy Setyopurnomo," katanya.

Dia mengatakan tidak seharusnya pejabat publik mengajukan laporan dan tuduhan tanpa disertai dengan bukti-bukti yang kuat. Karena itu, dia akan menunggu hingga pelapor perkara itu menyerahkan bukti-bukti yang menguatkan tuduhan pemerasan oleh anggota DPR.

Bila hingga Senin direksi Merpati tidak menyerahkan data-data dan bukti-bukti yang memperkuat tuduhan pemerasan oleh anggota DPR, maka BK akan mengambil keputusan berdasarkan data-data yang ada.

"Pada Rabu (5/12) BK DPR mengagendakan untuk mengambil keputusan terhadap seluruh permasalahan, yaitu menyangkut PT Merpati Nusantara Airlines, PT PAL dan PT Garam," katanya.

Jambore Mahasiswa Muslim, Ajang Pererat Ukhuwah

Posted: 28 Nov 2012 11:04 PM PST

UKKI mempelopori sebuah agenda besar bertajuk Jambore Mahasiswa Muslim (JMM) UNY pada 23-25 November 2012. Kegiatan yang dilaksanakan di hutan pendidikan Wanagama, Wonosari ini, diikuti oleh 208 orang peserta dari enam fakultas di UNY.

Menurut  Ketua Panitia JMM Wildanul Firdaus, acara ini bertujuan untuk membangun atau mempererat ukhuwah antar sesama mahasiswa muslim. Tema yang diangkat untuk JMM kali ini yaitu, "Dengan Cinta Kita Bahagia, dengan Berkemah Kita Berukhuwah." Alasan mengapa tema itu diangkat, menurut Wildan karena ingin membangun cinta dan ukhuwah sesama muslim, sehingga tema itu dianggap tepat.

Derasnya hujan pun memayungi para peserta yang berangkat pada Jumat (23/11) Pkl. 16.30 WIB dari Hall Rektorat. Ada beberapa agenda yang dilaksanakan selama tiga hari di hutan Wanagama.

Pada malam pertama peserta sampai di hutan Wanagama, kegiatan diisi dengan pembukaan acara dan dilanjut materi oleh Bapak Sabar Nurrohman. Setelah itu, para peserta dapat istirahat hingga pukul 03.00 WIB.

Peserta pun dibangunkan untuk sholat tahajud. Karena kegiatan itu dilaksanakan bertepatan dengan tanggal 9 dan 10 Muharram, tidak sedikit peserta yang menjalankan puasa sunnah. Tentunya itu menjadi tantangan iman tersendiri di tengah kegiatan yang padat dan menguras banyak energi.

Pada hari kedua, kegiatan masih diisi dengan materi dan dilanjutkan dengan lomba-lomba yang terdiri dari enam perlombaan. Perlombaan itu di antaranya: Lomba Kreasi Roti, MTQ, Da'i-Da'iyah, Puisi, Teknologi Tepat Guna, dan CCA (Cerdas Cermat Agama). Lomba ini berlangsung hingga menjelang Dzuhur.

Setelah Dzuhur, para peserta dimanjakan oleh film yang menggambarkan tentang perjuangan saudara-saudara kita di Palestina. Banyak hal berharga yang dapat dipetik dan diambil pelajaran dari film tersebut. Tidak sampai di situ, selepas sholat Ashar kegiatan dilanjutkan dengan bedah film yang baru saja ditonton bersama.

Malam hari pun tiba dan diisi dengan kegiatan pentas seni. Acara nampak meriah walau pentas seni untuk putra dan putri dilakukan secara terpisah.

Ahad (25/11) menjadi hari yang ditunggu-tunggu karena ada outbound. Peserta dari seluruh fakultas diacak menjadi satu kelompok, sehingga lebih banyak saudara yang  bisa dikenal dalam acara itu.

Selain agenda-agenda untuk peserta, dalam kegiatan JMM ini juga diadakan penggalangan dana untuk saudara-saudara kita di Palestina. Hal ini untuk menunjukkan kepedulian kita kepada saudara-saudara kita seiman.

Kegiatan ini pun sayangnya harus berakhir pada Ahad (25/11) sore, saat hujan kembali mengguyur bumi Allah. Kebersamaan selama JMM membuat masing-masing peserta memiliki komentar sendiri mengenai agenda JMM ini.

Tanggapan seorang mahasiswi pendidikan IPA angkatan 2012 Siti Sulastri, " Ngerasa lebih positif aja, bisa meng-upgrade diri terutama dalam mendekatkan diri pada Allah. Efeknya, jadi kenal teman baru terutama dari luar fakultas."

Tanggapan juga datang dari mahasisiwi jurusan Teknik Mesin angkatan 2012 Intan Ratnasari, "Tambah teman, pengetahuan, dan lebih mendekatkan ukhuwah. Kalau kesan... capek tapi senang."

Semoga kebersamaan yang telah terjalin oleh 208 peserta JMM dapat selalu terjaga. Semoga menjadikan Islam lebih kuat serta matang dalam menyongsong masa depan dengan pemuda-pemuda yang lebih tangguh. (Dwi/ Adit)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan