Sabtu, 24 November 2012

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


AJI gelar UKJ wilayah Sulawesi-Maluku

Posted: 24 Nov 2012 07:04 AM PST

AJI (ANTARA News/Lukisatrio)

ini pembuktian kepada publik dan kantor media bahwa anggota AJI adalah jurnalis profesional dan beretika

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kembali mengadakan Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) untuk anggotanya.

Kali ini untuk wilayah Sulawesi-Maluku yang berlangsung pada 24-25 November, di Makassar.

"Uji Kompetensi Jurnalis ini penting untuk menunjukkan standar profesionalisme dan pemahaman etika jurnalis anggota AJI saat bekerja di kantor media masing-masing," kata Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Eko Maryadi dalam siaran pers AJI Indonesia, Sabtu.

UKJ angkatan ke-2 AJI di Makassar ini diikuti 29 peserta meliputi sembilan jurnalis muda, 10 jurnalis madya, 10 jurnalis utama.

Mereka berasal media cetak, online, radio, dan televisi di kota Makassar, Pare-pare, Bulukumba, Polewali Mandar, Kendari, Palu, dan Ternate. Peserta UKJ AJI diuji para jurnalis senior seperti Didik Supriyanto (Jakarta), Willy Pramudya (Jakarta), Silahudin Genda (Makassar), Upi Asmaradhana (Makassar), Bambang Wiyono (Denpasar), Insany Syahbarwati (Ambon), dan Budisantoso Budiman (Lampung).

Peserta UKJ muda dan madya adalah mereka yang bekerja sebagai jurnalis dengan masa kerja 2-10 tahun atau jurnalis setingkat reporter sampai redaktur muda. Sedangkan jurnalis utama adalah mereka yang memiliki masa kerja di atas 12 tahun dan menjabat posisi redaksi setingkat redaktur atau pimred di kantor medianya.

"UKJ di Makassar ini semacam pembuktian kepada publik dan kantor media bahwa anggota AJI adalah jurnalis profesional dan beretika, sehingga mereka layak mendapatkan penghargaan sebagai jurnalis profesional," ujar Eko.

Sebelumnya, pada 27--29 April, AJI menggelar pelatihan dan pemagangan Calon Penguji Kompetensi melibatkan 38 anggota senior AJI dari 23 kota se-Indonesia.

Pelatihan dan pemagangan penguji kompetensi AJI merupakan tindak lanjut Keputusan Dewan Pers Nomor 15/SK-DP/IX/2011 tentang penetapan AJI sebagai Lembaga Penguji Kompetensi Jurnalis di Indonesia. Pada kesempatan yang sama dilaksanakan UKJ pertama yang melibatkan 19 jurnalis.

Selepas UKJ di Makassar, AJI akan menyelenggarakan UKJ gelombang berikutnya di Semarang, Jayapura, Batam, Surabaya, yang berlangsung mulai pertengah Desember 2012 hingga Februari 2013.

"Kami menargetkan pada 2013, sekitar 70 persen anggota sudah bisa mengikuti UKJ secara massal dan sistematis," katanya.
(R022)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Buruh hadang mobil Sekdaprov usai penetapan UMK

Posted: 24 Nov 2012 06:48 AM PST

Kami sangat menyesalkan sikap Soekarwo yang tidak mau menemui buruh

Berita Terkait

Surabaya (ANTARA News) - Sejumlah buruh menghadang mobil dinas bernomor polisi pelat merah L-8 milik Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Rasiyo usai rapat penetapan Upah Minimun Kabupaten/Kota (UMK) 2013 di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Jatim, Jalan Manyar Surabaya, Sabtu petang.

"Buka kacanya pak, kami ingin tahu, siapa di dalam mobil. Kami ingin Gubernur Soekarwo memberikan penjelasan tentang UMK," ujar pendemo dan berdiri di depan mobil sambil berteriak.

Melihat kemarahan buruh, Rasiyo yang duduk di kursi belakang membuka kaca sebelah kiri dan melambaikan tangannya ke kerumunan buruh.

"Maaf mas, saya masih ada acara. Ini saya Sekdaprov," ucap Rasiyo sembari meminta agar diberi jalan.

Buruh pun memberikan jalan karena yang lewat bukan Gubernur Soekarwo dan membiarkan Rasiyo melintas.

Sebelum buruh menghadang mobil Sekdaprov, Gubernur Soekarwo sudah meninggalkan Kantor Dinas Pendapatan Daerah menggunakan mobil dinas Kijang Innova milik pejabat Pemprov bernomor polisi L-1516-BS, melalui pintu samping.

Sedangkan, mobil milik gubernur, Toyota Landcruiser L-1711-BS dibiarkan kosong dan pergi meninggalkan gedung, juga dari pintu samping.

"Kami sangat menyesalkan sikap Soekarwo yang tidak mau menemui buruh, tapi malah pergi dan menghindar, bahkan seperti bermain `kucing-kucingan`. Sesuatu yang tidak pantas ditunjukkan seorang pemimpin," tutur Presidium Majelis Pekerja Buruh Indonesia, Sukardji.

Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jatim, Edi Purwinarto, ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut membantah Gubernur Soekarwo mencoba menghindar dan enggan menemui buruh.

"Gubernur Jatim ada keperluan lain dan tidak menghindar kok. Apalagi draf nilai UMK yang tertuang dalam Peraturan Gubernur sudah saya minta digandakan untuk perwakilan buruh dan wartawan," katanya.

Seperti diketahui, Kota Surabaya dan Gresik tercatat sebagai tertinggi di Jatim yakni Rp1.740.000, sedangkan Kabupaten Magetan terendah dengan Rp866.250. Sedangkan untuk Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo sebesar Rp1.720.000, serta Kabupaten Mojokerto Rp1.700.000.

Keputusan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 72 Tahun 2012 tentang UMK Kabupaten/Kota di Jatim Tahun 2013 yang telah ditandatangani Gubernur Jatim Soekarwo di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Jatim, Jalan Manyar Surabaya, Sabtu petang.
(ANT)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan