Ahad, 4 November 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


China "siaga oranye" guna hadapi badai salju

Posted: 04 Nov 2012 07:13 PM PST

Dokumen foto hujan salju.

China memiliki sistem peringatan dini menghadapi cuaca dengan menyimbolkan empat-warna.

Berita Terkait

Beijing (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Pemerintah China melanjutkan peringatan mengenai badai salju dengan menaikkan kondisinya ke tingkat tertinggi kedua, yang disebut "siaga oranye", karena terpaan keras salju diperkirakan mempengaruhi wilayah utara negeri tersebut dalam beberapa hari mendatang.

Pada Ahad kemarin dan Senin ini China dilanda salju tebal di beberapa bagian wilayahnya, seperti timur dan tengah Wilayah Otonomi Inner Mongolia, beberapa bagian wilayah barat dan utara di Provinsi Hebei, dan sebagian besar Beijing. Sebagian wilayah malah menghadapi salju setebal 30 milimeter, demikian laporan Pusat Meteorologi Nasional China.

Minggu kemarin sekira pukul 06.00, lembaga tersebut mengeluarkan peringatan "siaga oranye", setelah sehari sebelumnya mengumumkan "siaga biru" sebagai tanda paling lemah di dalam sistem peringatan empat-warna bagi badai salju di China.

Badai salju telah mengakibatkan ditutupnya beberapa bagian jalan bebas hambatan di Beijing, Hebei, Shanxi dan Inner Mongolia, termasuk jalur Beijing-Tibet dan jalan raya Qingdao-Yinchuan, demikian pengumuman Kementerian Transportasi

Seorang pejabat dari pusat jaringan jalan raya di kementerian itu tidak menyebutkan waktu pasti bagi pembukaan kembali jalan yang terpengaruh tersebut. Namun, ia mengatakan Kementerian Transportasi akan memantau situasi secara seksama dan memberikan perubahan mutakhir mengenai kondisi jalan.

Hujan air maupun hujan es, salju diprakirakan turun di sebagian besar wilayah China utara, wilayah di sepanjang Sungai Kuning dan Huaihe, serta beberapa bagian China timur-laut dari Ahad hingga Selasa.

Pusat Meteorologi Nasional China juga mengeluarkan peringatan "siaga biru" bagi cuaca dingin di China timur, yang diperkirakan akan mendatangkan angin kencang dan membuat temperatur turun sampai enam hingga delapan derajat Celsius di daerah pantai timur dan paling timur Inner Mongolia selama dua hari ke depan.

China memiliki sistem peringatan dini menghadapi cuaca dengan menyimbolkan empat-warna, yakni merah, oranye, kuning, dan biru. Merah adalah tingkat paling serius.

Kementerian Keamanan Masyarakat China menggelar taklimat yang disiarkan televisi guna memulai sistem darurat guna memantai lalu lintas darat dan guna menangani badai salju di China utara.

Kementerian itu mendesak semua departemen di segala tingkat agar bersiap menghadapi cuaca ekstrem dengan memanfaatkan pengalaman yang diperoleh melalui operasi sebelumnya dan lebih meningkatkan sistem darurat guna menghindari kemacetan panjang lalu lintas dan kecelakaan besar di jalan raya.

Adapun Kementerian Perdagangan China juga mengumumkan telah mendesak semua pemerintah lokal, agar secara seksama memantau pasar kebutuhan harian untuk memastikan pasokan tetap di tengah cuaca ekstrem.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan China menyatakan, meminta semua lembaga pemerintah memperhatikan harga dan pasokan barang seperti gandum, daging, minyak, telur dan sayur-mayur, dan memastikan pendeteksian tepat waktu mengenai naik-turunnya harga dan barang yang kehabisan stok.

Saat ini pasar kebutuhan pokok di dalam negeri China beroperasi secara tetap tanpa pasokan berlimpah, kata kementerian tersebut.
(Uu.C003)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Dahlan Iskan akan beri keterangan ke DPR RI

Posted: 04 Nov 2012 07:03 PM PST

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan. (ANTARA)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Kehormatan DPR RI, M Prakosa, memastikan hari ini Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, memberi keterangan soal 10 oknum anggota DPR RI yang memeras BUMN.

"Pak Dahlan Iskan pukul 10.30 WIB, Humas BUMN pukul 12.00 WIB, dan Direktur RNI Ismed Hasan Putro pukul 14.00 WIB," katanya di Jakarta, Senin.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan, Humas BUMN akan diminta memberikan keterangan soal pesan singkat yang beredar ke publik soal inisial-inisial anggota DPR RI yang diduga memeras BUMN.

"Kami ingin klarifikasi soal inisial-inisial di pesan singkat itu," imbuh Prakosa.

Sementara Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Ismed Hasan Putro, akan dimintai keterangan sebagai orang yang mengaku pernah diperas oleh oknum anggota dewan.

"Kami akan klarifikasi semua terkait kasus ini. Badan Kehormatan akan menundaklanjuti kalau ada perilaku tercela. Kalau ada indikasi pidana akan kita serahkan ke penegak hukum," kata Prakosa.

Ia menambahkan, delapan dari 11 anggota Badan Kehormatan akan mendengarkan penjelasan Dahlan tentang masalah itu.

"Dua orang tidak hadir karena sedang kunjungan ke Kirgiztan dan seorang lagi masih Kunker ke Kalimantan," ujarnya.

Sebelumnya Dahlan menyebutkan bahwa ada sekitar 10 anggota DPR RI yang diduga melakukan pemerasan terhadap BUMN.

(zul)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan