Rabu, 3 Oktober 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Komisi V Desak Dirut PT ASDP Dicopot

Posted: 02 Oct 2012 11:19 PM PDT

Penting! Bersihkan Keran Wastafel Usai Dipakai

Posted: 02 Oct 2012 11:17 PM PDT

Rabu, 3 Oktober 2012 13:17 wib
Johan Sompotan - Okezone

DAPUR merupakan sumber kesehatan maupun penyakit di dalam keluarga karena di sinilah makanan dibuat. Jadi, sangat penting untuk selalu menjaganya tetap bersih.
 
Membersihkan dapur bukan pekerjaan mudah dan tak semestinya dianggap sepele. Bakteri maupun kuman akan cepat menyebar ke seluruh ruangan bila dapur tidak dibersihkan dengan baik. Apa saja bagian dapur yang harus dibersihkan? Berikut jawabannya, seperti diulas Onlinecookingschool:
 
Wastafel

Wastafel merupakan pusat aktivitas pembersihan di dapur; untuk bahan makanan yang akan dimasak, peralatan memasak yang telah digunakan, juga untuk mencuci tangan. Langkah pertama yang harus dibersihkan adalah bagian keran, setelah tangan kotor Anda menyentuhnya berkali-kali untuk membuka dan menutupnya.
 
Untuk membersihkan keran wastafel, bilas dengan air panas kemudian cuci dengan sabun. Bersihkan seluruh bagian keran, lalu sirami wastafel dengan air panas. Setelah itu, berikan satu sendok makan larutan pemutih yang ampuh membunuh miroba di dalam saluran wastafel. Kemudian, bilas setiap bagian keran dan wastafel hingga bersih.
 
Spons

Alat satu ini selalu digunakan untuk mencucui alat makan dan alat masak. Jangan membiarkan spons selalu dalam keadaan basah, tempat yang ideal luntuk bakteri. Jika mencium bau tak sedap dari spons, itu pertanda terdapat bakteri di dalamnya.
 
Untuk mengeringkannya, masukkan spons ke dalam microwave selama sekira lima menit. Hasil laboratorium menunjukkan bahwa microwave memiliki titik didih paling efektif sehingga bisa mengurangi jutaan bakteri pada spons. Apalagi, materi pada spons mampu menangkap panas dari microwave bertenaga tinggi.
 
Talenan

Talenan berfungsi untuk memotong bahan makanan sehingga harus selalu dibersihkan usai dipakai. Cara ini tentu mencegah kontaminasi silang dan membunuh bakteri berbahaya.
 
Lebih baik gunakan talenan bambu karena antimikroba alaminya membantu membunuh bakteri. Untuk membersihkannya, siram talenan dengan air panas dan air sabun. Bisa juga menaruhnya pada mesin cuci piring, tapi tidak selalu bisa terutama bila terlalu kotor dan bau. (ftr)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan