Khamis, 4 Oktober 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


JK Desak Pembangunan Harmoni dan Perdamaian untuk Rohingya

Posted: 04 Oct 2012 05:02 AM PDT

DOHA - Mantan Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) hadir di pertemuan Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Doha, Qatar. JK pun mengingatkan kembali pentingnya membangun harmoni baru untuk menciptakan perdamaian di Negara Bagian Arakan, Myanmar.

"Kita tidak bisa membantu pihak tertentu saja, tetapi kedua pihak yang bertentangan harus mendapatkan perhatian. Hanya dengan begitu, harmoni baru dan perdamaian akan terwujud" tegas JK dalam pidato pembukaannya di OKI, dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Kamis (4/10/2012).

Menurut Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu, krisis Rohingnya mempunyai dimensi budaya, sejarah, etnik dan agama sehingga perlu strategi dan penanganan khusus. Ketika komponen agama muncul sebagai salah satu factor penyebab konflik, permasalahan akan berpotensi menular keberbagai belahan dunia.

JK juga menyinggung insiden penyerangan dan pembakaran kuil peribadatan yang terjadi di Bangladesh belakangan ini. Muncul pula dugaan yang menyebutkan bahwa, warga Rohingya adalah pelaku serangan itu.

Dalam pidatonya di OKI, JK turut mengulas tentang sejarah Myanmar yang lebih dari 30 tahun berada di bawah kepemimpinan junta militer. Dalam hal itu, sulit bagi komunitas internasional untuk menyelesaikan konflik Rohingya.

Menurut JK, kita tidak bisa mengubah sejarah dan budaya masayarakat di Myanmar, namun kita bisa membantu mereka mendesain masa depannya. Saat ini ada sekira 60.000  pengungsi Rohingya yang kondisinya sangat memprihatinkan. Berdasarkan pengalaman Indonesia, apabila para pengungsi tersebut dibiarkan hidup tertekan selama lebih dari 6 bulan, maka yang terjadi adalah depresi yang parah dikalangan para pengungsi yang bisa memunculkan kerusuhan baru yang lebih brutal.

JK mendesak seluruh peserta di pertemuan OKI , untuk segera bertindak cepat, melaksanakan program jangka pendek dan jangka panjang membantu penyelesaian konflik komunal tersebut agar tercipta harmoni dan perdamaian.

"Kita jadikan perdamaian di Rakhine sebagai kontribusi dunia Islam bagi dunia," ucap JK ketika menutup pidatonya.(AUL)

Kuda Ini Kecanduan Mie Instan

Posted: 04 Oct 2012 04:01 AM PDT

MARGATE – Seekor kuda poni kecanduan makan mie instan setelah ia mencoba memakan mie yang ditinggal pemiliknya. Kuda itu menggemari mie dengan rasa ayam dan jamur.

Zoe Foulis dari Margate, Inggris memiliki kuda poni bernama "Magic" yang senang memakan mie instan. Di usianya yang ke-empat, Magic suka mengunyah jerami di kandang.

Namun ketika Zoe menaruh mie instan dengan rasa ayam dan jamur di lantai, Magic yang sedang lapar langsung memakan mie itu sampai habis sehingga Zoe tak kebagian.

"Rasa favorit Magic adalah ayam dan jamur serta Bombay pedas, daging sapi, tomat, dan rasa asam manis," ujar pegawai paruh waktu di toko hewan itu.

Selain makan mie instan, Magic juga menyukai jus jeruk, namun Magic membenci tomat dan kue. "Magic suka sekali mie instant, ia akan memakannya dengan menggunakan garpu. Magic kjuga sangat ramah dan lucu," ujar Zoe. Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (3/10/2012).(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan