Khamis, 4 Oktober 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Penjualan Toyota naik 30,4 persen

Posted: 04 Oct 2012 07:00 PM PDT

Toyota Agya, salah satu produk terbaru Toyota Astra Motor di Indonesia (ANTARA News/Imansyah)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Penjualan mobil Toyota naik 30,4 persen menjadi 33.705 unit pada September dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 25.848 unit.

Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan melalui keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis, mengatakan penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 menjadi salah satu pendorong permintaan pasar pada bulan itu.

"Kami bersyukur penjualan tumbuh hampir di semua segmen kendaraan toyota," ujarnya.

Pada September penjualan kendaraan serba guna (MPV) Toyota mengalami kenaikan sebesar 40 persen menjadi 21.307 unit dari bulan sebelumnya sebanyak 15.222 unit. Penjualan di segmen itu didorong oleh pertumbuhan penjualan Avanza yang mencapai 14.989 unit atau naik 37,8 persen dibandingkan Agustus sebesar 10.875 unit.

Selain Avanza, pertumbuhan penjualan MPV tertinggi juga terjadi di segmen medium melalui Kijang Innova yang tumbuh 47,1 persen dengan total penjualan sebesar 6.039 unit, dan penjualan Toyota Alphard yang tumbuh 15,8 persen dengan penjualan 279 unit.

Pada segmen kendaraan sport (SUV), penjualan Toyota tumbuh 39 persen menjadi 4.635 unit. Pada segmen iru penjualan Toyota Fortuner 4x2 tumbuh 81 persen dari 1.029 unit pada Agustus menjadi 1.862 unit pada September.

Pertumbuhan penjualan Toyota Fortuner salah satunya didorong oleh adanya varian baru Toyota Grand New Fortuner VNTurbo yang diperkenalkan pada Agustus 2012.

Pada segmen sedan, penjualan Toyota tumbuh 12,8 persen menjadi 2.029 unit, dengan pertumbuhan penjualan tertinggi yaitu Vios yang tumbuh 25 persen menjadi total 1.681 unit dibandingkan Agustus yang hanya 1.346 unit.

Sementara itu, di segmen kendaraan 4x4, penjualan Toyota 31,2 persen menjadi 206 unit yang diwakili oleh penjualan Toyota Fortuner dan Land Cruiser.

"Secara keseluruhan, penjualan kendaraan penumpang Toyota naik 33,4 persen menjadi 30.335 unit dibandingkan dengan Agustus sebanyak 22.737 unit," kata Johnny.

Selain kendaraan penumpang, penjualan kendaraan niaga Toyota Dyna juga tumbuh sebesar 14,1 persen menjadi 2.265 unit dibandingkan bulan Agustus sebanyak1.985 unit. Sepanjang Januari-September, penjualan kendaraan komersial Toyota berkapasitas dua ton itu telah mencapai 14.505 unit.

(TzR016/R014)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komikus berlomba rancang karakter pahlawan Indonesia

Posted: 04 Oct 2012 06:50 PM PDT

Suasana lomba rancang karakter komik pahlawan Indonesia (PT Faber-Castell International Indonesia)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Terdorong dengan semakin tersisihnya keberadaan tokoh-tokoh komik pahlawan/legenda Indonesia, Faber-Castell mengadakan lomba desain karakter bertemakan "Your Fantasy of Indonesian Heroes".

"Kami mencoba membangun kreativitas komikus-komikus Indonesia, untuk bisa memperkenalkan tokoh-tokoh animasi baru yang mengadaptasi tokoh legenda atau cerita rakyat maupun tokoh keseharian," ungkap Brand Manager PT Faber-Castell International Indonesia Fransiska Remila dalam siaran pers  yang diterima ANTARA News, Jumat.

Fransiska menjelaskan bahwa kriteria gambar dalam lomba ini harus memiliki beberapa unsur di antaranya  karakter yang digambarkan dapat berupa karakter komik dan animasi,  berbentuk jagoan super, jagoan laga, jagoan dalam bentuk kartun/maskot, adaptasi tokoh legenda/cerita rakyat, maupun interpretasi jagoan dalam realita keseharian.

Kriteria lainnya adalah karya harus mengandung muatan lokal khas Indonesia di antaranya tradisi, kebiasaan, lingkungan, bahasa atau fenomena khas lokal.

Penilaian akan didasarkan pada keaslian karya, teknik menggambar, keunikan karakter serta kesinambungan antara tokoh dengan tema dan antara karakter dengan konsep desain yang ditulis.

Mengenai proses penjurian, nantinya semua karya akan terlebih dahulu di seleksi di 9 kota pelaksana, dimana juara per-kota (juara 1,2,3) akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Selanjutnya juara peringkat 1 per-kota akan di seleksi lagi ditingkat nasional dengan tim juri Beng Rahadian dan Sweta Kartika untuk menentukan 2 orang yang akan berkesempatan meraih hadiah utama berliburan di Singapura. Akan ada juga 1 juara terfavorit yang didasarkan vote/like suara terbanyak melalui Facebook Faber-Castell.

Dalam pelaksanaan lomba di Jakarta, yang berlangsung di Binus International, 29 September 2012, 90 komunikus muda ikut berpatisipasi. Terpilih 3 pemenang asal Jakarta yakni Juara 1 (Shirley Simabrata), Juara 2 (Leon Marcello Sutanudjaja), Juara 3 (Ibrahim Indra Baskara).

Beng Rahadian selaku juri dalam lomba ini menjelaskan bahwa ketiga pemenang dikarenakan dapat menggabungkan antara konsep dengan visualisasi serta tetap mengedepankan unsur-unsur kekayaan budaya Indonesia.

Lomba tersebut pada 29 September juga berlangsung di Gedung TFB FRSD ITB Bandung, Fak.Seni Rupa ISI Yogyakarta, Fak.Bahasa & Seni UNNES Semarang, Univ. Ciputra US Town Surabaya, Toko Buku Garwis Denpasar,Taman Budaya Medan,sedangkan pada 26 September berlangsung di Aula Serbaguna Univ.Atmajaya Makassar dan pada 23 September di Gedung Auditorium Universitas Mulawarman Samarinda.

(ANTARA)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan