Ahad, 28 Oktober 2012

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Marinir Terjun Redakan Bentrok di Lampung

Posted: 28 Oct 2012 08:07 AM PDT

LAMPUNG SELATAN, KOMPAS.com - Aparat keamanan dari unsur kepolisian, personel TNI termasuk marinir AL dikerahkan untuk dapat meredakan bentrokan warga antarkampung di Desa Sidoreno, Kecamatan Way Panji, dengan warga beberapa kampung dari Kalianda, Lampung Selatan, Minggu (28/10/2012).

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan AKBP Tatar Nugroho dari lokasi kejadian, Minggu siang, membenarkan adanya laporan bahwa terdapat tiga orang warga yang meninggal dunia akibat bentrokan itu, dan sejumlah warga lainnya mengalami luka-luka. 

Informasi dari pihak kepolisian itu, memastikan selain korban tewas tiga orang dari warga yang datang untuk menyerang ke Desa Sidoreno, terdapat pula empat orang warga lainnya yang mengalami luka-luka. Namun warga Sidoreno juga menyebutkan, paling tidak dua orang warga setempat juga mengalami luka-luka, selain empat warga dari desa lain yang datang dan terlibat bentrok dengan mereka.

Hingga saat ini aparat keamanan masih terus berjaga di lokasi, sejumlah personel marinir dan kepolisian serta unsur TNI juga masih didatangkan ke lokasi untuk mengamankan kondisi di sana agar tidak terjadi lagi bentrokan susulan. Informasi dari lapangan menyebutkan, bentrokan hari ini merupakan susulan bentrokan sebelumnya, Sabtu (27/10) tengah malam hingga Minggu dini hari.

Bentrokan itu diduga dipicu kemarahan warga Desa Agom, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan menyusul peristiwa dua gadis warga desa ini yang sedang mengendarai sepeda motor dan dilaporkan telah diganggu sekelompok pemuda di Desa Sidoreno, Kecamatan Way Panji.

Peristiwa itu berbuntut aksi penyerangan ratusan warga dari Kalianda ke Desa Sidoreno, sehingga mengakibatkan belasan rumah rusak dan terbakar, termasuk rumah pemuda yang diduga sebagai pelaku yang mengganggu kedua gadis itu. Bentrokan itu berlanjut pada Minggu hari ini, sehingga mengakibatkan sejumlah warga luka-luka, dan tiga di antaranya sampai tewas, diduga warga yang tewas berasal dari beberapa kampung di Kalianda.

Saat ini, menyusul kedatangan aparat keamanan dari berbagai unsur, ribuan warga yang sempat terlibat bentrokan dengan menggunakan berbagai peralatan itu, telah membubarkan diri dan kembali ke tempat masing-masing. Aparat terus bersiaga mengamankan kondisi di lokasi tersebut.


***
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: BENTROK WARGA DI LAMPUNG SELATAN

Editor :

Glori K. Wadrianto

Jokowi-Ahok, Inspirasi Teten di Pilgub Jabar

Posted: 28 Oct 2012 07:51 AM PDT

Jokowi-Ahok, Inspirasi Teten di Pilgub Jabar

Penulis : Kontributor Bandung, Rio Kuswandi | Minggu, 28 Oktober 2012 | 14:51 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Pendiri Indonesian Corruption Watch (ICW) Teten Masduki yang bakal maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 mengaku terinspirasi dengan gaya Gubernur DKI Jakarta terpilih, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Teten menilai Jokowi dan Ahok adalah sosok yang pro terhadap kepentingan rakyat. "Itu model yang akan kita lakukan, saya suka itu," kata Teten kepada wartawan usai menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), di Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung, Minggu (28/10/2012).

Menurutnya, sosok pemimpin seperti Jokowi-Ahok itulah yang akan menjadi idaman rakyat. Tidak hanya di Indonesia saja, kata dia, di benua-benua lain, seperti Afrika, Amerika, memang gaya-gaya seperti Jokowi-Ahok yang disukai rakyatnya.

"Saya terinspirasi dengan sosok Jokowi-Ahok yang terfokus dengan kepentingan rakyat. Itu akan jadi model bagi kita. Kita lahirkan pemimpin yang akan membawa perubahan besar bagi kesejahteraan rakyatnya," tegas Teten.

Editor :

Glori K. Wadrianto

Tiada ulasan:

Catat Ulasan