Ahad, 28 Oktober 2012

Republika Online

Republika Online


Seluk-Beluk Harta Pencaharian (2)

Posted: 28 Oct 2012 11:11 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam hukum Islam, harta bersama suami istri digolongkan pada syarikah abdun mufwadah (perkongsian tenaga dan perkongsian tak terbatas).

Hukumnya boleh menurut Mazhab Hanafi, Maliki, dan Hanbali, sedangkan Mazhab Syafi'i tidak membolehkannya.

Walaupun dalam fikih Islam gana-gini ini pada dasarnya tidak diatur secara jelas, namun keberadaan gana-gini paling tidak, sebagian ulama Indonesia cenderung dapat diterima.

Hal ini disebabkan pada kenyataannya banyak suaml istri dalam masyarakat Indonesia sama-sama membanting tulang berusaha mendapatkan nafkah hidup keluarga sehari-hari dan sekadar harta simpanan untuk masa tua mereka.

Kalau keadaan memungkinkan, juga untuk sedikit peninggalan buat anak-anak sesudah mereka meninggal dunia. Pencarian bersama itu dikategorikan syarikah mufawadah, karena memang perkongsian suami istri itu tidak terbatas.

Apa saja yang mereka hasilkan selama dalam masa perkawinan menjadi harta bersama, kecuali yang mereka terima sebagai warisan atau sebagai pemberian khusus untuk salah seorang di antara mereka berdua.

Imam asy-Syafi'i tidak membolehkan perkongsian kepercayaan karena pengertian syarikah menghendaki percampuran. Percampuran hanya ada pada modal. sedangkan pada perkongsian tenaga dan perkongsian kepercayaan tidak ada modal (pokok).

Oleh karena itu, kedua macam perkongsian yang tidak bermodal ini tidak sah. Lagi pula, maksud diadakannya perkongsian adalah menambah kekayaan dengan jalan berdagang.

Karena orang tidak sama pandainya dalam berdagang, diadakan perkongsian untuk memberi jalan kepada orang yang kurang pan dai berdagang untuk mengembangkan kekayaannya yang berupa modal.

Rekor Baru Inter Milan Bersama Stramaccioni

Posted: 28 Oct 2012 11:00 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN  --  Kemenangan Inter Milan atas Bologna, 3-1 di Stadion Renato Dall'Ara, Ahad (28/10) malam WIB mencatatkan rekor baru. Di bawah asuhan Andrea Stramaccioni, I Nerazzurri membukukan delapan kemenangan tandang musim ini di Serie A Liga Italia dan Liga Europa.

Dilansir laman resmi klub, kemenangan Inter pertama didapat saat mengalahkan tuan rumah Hajduk Split dan Vaslui (0-3 dan 0-2). Kemudian menundukkan Pescara, Torino, dan Chievo (0-3, 0-2, dan 0-2), Neftchi Baku (1-3), serta AC Milan, dan Bologna (0-1 dan 1 -3). Kekalahan laga tandang terakhir didapat Inter di saat melawan Lazio di Stadion Olimpico, Roma, 13 Mei lalu.

Stramaccioni berpeluang menyamai rekor Roberto Mancini saat membesut Inter pada musim 2006-2007. Pada periode Desember 2006 hingga Maret 2007, Mancini membawa pasukannya memenangi sembilan laga beruntun di Liga Italia dan Coppa Italia.

Setelah menjalani sembilan laga Liga Italia, Inter mengemas 21 poin dari tujuh kemenangan. Stramaccioni mampu menyamai raihan angka klub pada musim 2006/07 dan 2007/08 musim. Pada dua musim itu, Inter sukses meraih scudetto di akhir musim.

Namun Stramaccioni masih kalah dengan rekor Jose Mourinho yang mampu mengemas 22 poin dari sembilan pertandingan saat Inter meraih treble winner musim 2009/10. Adapun kalau dibandingkan dengan musim lalu, koleksi angka Inter lebih banyak 13 poin.

"Saya mencoba untuk melakukan yang menjadi bagian saya. Saya bangga menjadi pelatih Inter," kata pelatih berusia 36 tahun itu. "Ketika sebuah tim menang delapan pertandingan di luar kandang itu menandakan bahwa tim ini bersatu, fokus, dan termotivasi," tambahnya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan