Selasa, 3 Julai 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Kemkominfo Kampayekan Penggunaan Software Berbasis "Open Source"

Posted: 03 Jul 2012 01:00 AM PDT

JAKARTA - Semakin maraknya penggunaan piranti lunak (software) ilegal di Indonesia, nendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan kampanye penggunaan software berbasis open source.

Ialah Indonesia Open Source Award (IOSA), acara ini dilaksanakan Kemkominfo untuk menggalakan penggunaan software yang berbasis open source. Perhelatan yang rutin dilaksanakan sejak 2010 ini, bertujuan untuk membudayakan penggunaan software legal bagi masyarakat.

"Seperti yang kita tahu tingkat penggunaan software bajakan sangat tinggi, melalui acara ini kami ingin mengkampanyekan penggunaan software yang berbasis open source,"jelas salah satu panitia IOSA 2012, Singgih Yuniawan.

Dalam acara IOSA, kominfo mengadakan kompetisi open source dengan tiga kategori yaitu,  Mahasiswa, Pemerintah Daerah dan Permerintah pusat. Dalam perhelatan ini, para peserta memamerkan berbagai karya yang dikembangakan menggunakan platform open source.

"Ada tiga kategori yang dilombakan dalam acara IOSA yaitu, mahasiswa, pemerintah daerah,dan pemerintah pusat (kementrian dan lembaga pemerintrah non kementrian). Hari ini kami melakukan penjurian sepulu finalis di tiap kategori," sambungnya.

Proses seleksi para finalis dimulai pada 19 Maret 2012. Di mana pihak panitia menerima pendaftaran dari para peserta untuk mengisi formulir beserta karya mereka.

Kemudian pada 21 Juni 2012, pihak panitia menyeleksi seluruh peserta untuk lolos menjadi sepuluh finalis ditiap kategori yang dilombakan.

Dari tahun ketahun, acara IOSA mendapatkan respon yang cukup baik dari masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah perserta yang berpartisipasi mengalami peningkatan tiap tahunnya.

Pada tahun ini, jumlah peserta yang ikut berjumlah 172, angka ini meningkat dibandingkan tahun lalu sekira 70 peserta.

"Kami senang acara ini direnspon dengan baik oleh masyarakat, ini terbukti dengan meningkatnya jumlah peserta yang ikut serta tiap tahunnya. Tahun ini kami menerima 172 jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya mencatatkan sekira 70 peserta,"

Pemenang ditiap kategori yang dilombakan akan diumumkan pada Rabu, 4 Juli 2012. Sayangnya pihak panitia tidak membeberkan hadiah yang akan dibawa pulang bagi finalis yang berhasil memenangkan IOSA.

Sekadar informasi, tahun lalu ajang ini memberikan beasiswa bagi para finalis yang keluar sebagai pemenang di ajang tersebut.
(amr)

Berebut Air untuk Sawah, Petani Tewas Dibunuh

Posted: 03 Jul 2012 01:00 AM PDT

PURWAKARTA - Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memakan korban. Seorang petani tewas diduga karena berebut air untuk mengairi sawah.
 
Warga Kampung Pojok, Desa Pasir Angin, Kecamatan Darangdan, digegerkan dengan penemuan jasad Muklis (55). Dia ditemukan di lahan sawah miliknya sekira 400 meter dari permukiman, Selasa (3/7/2012) pagi.

Korban tewas dalam kondisi mengenaskan. Kepala belakangnya nyaris remuk akibat benturan benda tumpul. Diduga kuat, lelaki yang memiliki empat anak itu dibunuh oleh sesama petani.

Didi, keluarga korban, mengatakan, pada Senin malam kemarin sekira pukul 20.00 WIB, Muklis sempat izin pergi untuk mengairi sawah. Namun, korban tak juga pulang hingga ditemukan tewas pagi tadi sekira pukul 09.00 WIB.

Jasad korban dievakuasi petugas Polres Purwakarta ke RSUD Bayu Asih Purwakarta untuk diautopsi.

Polisi masih menyelidiki kasus ini untuk mengungkap pembunuh Muklis.
(Sindo TV / Irwan / ton)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan