Selasa, 10 Julai 2012

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Pemkab Belitung intensifkan stok sembako

Posted: 10 Jul 2012 07:14 AM PDT

Kami sudah meminta pihak Disperindag segera memantau sejumlah pasar tradisional dan distributor terkait penyiapan stok sembako,"

Berita Terkait

Pangkalpinang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel), akan mengintensifkan pemantauan stok dan harga sembako untuk mencegah kelangkaan yang memicu kenaikan harga saat puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Kami sudah meminta pihak Disperindag segera memantau sejumlah pasar tradisional dan distributor terkait penyiapan stok sembako," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung, M. Fattah usai menghadiri peresmian Gedung BPK Babel di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan pemantauan ini penting, untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan kebutuhan lainnya yang akan memberatkan masyarakat kurang mampu.

"Apabila terjadi kenaikan harga sembako yang sudah memberatkan ekonomi masyarakat, tentu akan diambil kebijaksanaan untuk menekan kenaikan harga tersebut, misalnya kegiatan pasar murah atau operasi pasar," ujarnya.

Ia mengatakan, Pemkab Belitung, telah mengganggarkan dana untuk kegiatan operasi pasar, apabila terjadi kenaikan harga sembako yang dinilai sudah memberatkan ekonomi masyarakat.

"Kegiatan operasi pasar ini dilakukan apabila terjadi kenaikan harga yang tinggi dan sudah memberatkan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, berdasarkan laporan dari Disperindag, stok sembako di tingkat pedagang masih mencukupi dan harga masih normal karena permintaan masih stabil.

"Menjelang puasa dan Idul Fitri, diperkirakan harga sembako akan naik karena meningkatnya kebutuhan masyarakat menyambut hari besar keagamaan tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, Belitung merupakan suatu wilayah kepulauan yang sebagian besar kebutuhan masyarakat masih mengandalkan pasokan dari daerah sentra produksi di Pulau Jawa dan Sumatera karena masih rendahnya hasil pertanian di daerah itu.

"Kami berupaya untuk mengurangi ketergantungan pangan dari luar daerah dengan memperluas lahan pertanian dan meningkatkan sumber daya manusia petani dalam mengelola, merawat tanaman pangan tersebut," ujarnya.
(KR-ARS/I013)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Pemkab apresisasi Pramuka tunarungu keliling dunia

Posted: 10 Jul 2012 07:02 AM PDT

Hal ini menunjukkan bahwa keterbatasan manusia seperti tidak bisa bicara dan mendengar, bukan halangan untuk mencapai sesuatu tujuan,"

Berita Terkait

Batusangkar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat, memberikan apresiasi kepada pramuka tunarungu/wicara yang melakukan perjalanan keliling dunia.

Hal itu disampaikan Sekretaris Pemerintah Kabupaten Tanahdatar, Muzwar, saat menerima kunjungan seorang anggota pramuka tunarungu Kwartir Cabang 1101 Cilacap, Jawa Tengah, Mochammad Muzayin Arifan (44), di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Selasa.

Muzwar juga bangga atas apa yang telah dilakukan Muzayin di mana ia seorang diri mampu melakukan perjalanan ke berbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara di dunia.

"Hal ini menunjukkan bahwa keterbatasan manusia seperti tidak bisa bicara dan mendengar, bukan halangan untuk mencapai sesuatu tujuan," katanya.

Apalagi, katanya, seorang anggota pramuka selain dididik untuk bisa mandiri juga diharapkan menjadi orang yang bertanggung jawab dan memiliki karakter baik.

"Anggota pramuka itu ditempa untuk menjadi orang yang bertanggung jawab, berilmu, terampil, mandiri dan kepribadian luhur," katanya.

Dengan prilaku tersebut diharapkan anggota pramuka dapat terhindar dari pengaruh globalisasi seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas serta perbuatan tak terpuji lainnya.

Pada kesempatan itu, Muzayin melakukan dialog dengan pimpinan daerah Kabupaten Tanahdatar, dijamu makan siang di Indo Jolito dan berfoto bersama di sana.

Muzayin memperlihatkan surat tugasnya dari Ketua Kwarcab 1101 Cilacap, Sutoyo MS tertanggal 7 April 2010 untuk melakukan perjalanan keliling daerah di Indonesia.

Dalam surat tersebut meminta kepada kepala daerah yang disinggahi untuk dapat menerima dia dengan baik, berfoto bersama, dan memberikan surat keterangan bahwa ia telah berkunjung ke daerah itu.

Perjalanan ini dilakukan Muzayin yang tinggal di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Desa Cibeunying, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, untuk menambah wawasan dan pengetahuannya tentang daerah yang ada di nusantara.

Selain itu, dia juga ingin juga menunjukkan kepada dunia bahwa seorang tunarungu/wicara juga mampu berkreativitas dan dapat diterima dalam pergaulan manusia biasa lainnya.

Muzayin juga memperlihatkan foto-foto saat ia mengunjungi beberapa negara seperti Korea Selatan, China, Amerika Serikat, Hong Kong, Malaysia dan Singapura. Serta foto bersama dengan beberapa pejabat negeri ini seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres Boediono, mantan Presiden Megawati, mantan Wapres Jusuf Kalla, mantan Ketua DPR Agung Laksono, dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Muzayin telah melakukan perjalanan keliling dunia sejak 1991 sampai sekarang.

(KR-HMR/H-KWR)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan