Rabu, 23 Mei 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Pakistan Penjarakan Dokter Merangkap Informan CIA

Posted: 23 May 2012 06:02 AM PDT

ISLAMABAD - Seorang dokter asal Pakistan yang diketahui sebagai informan Dinas Intelijen Amerika Serikat (CIA), Shakil Afridi, dijatuhi hukuman 33 tahun penjara oleh pengadilan Pakistan. Afridi dituntut atas perbuatan makar.

"Seorang dokter yang menjadi informan bagi CIA untuk menemukan Osama bin Laden dijatuhi hukuman 33 tahun penjara. Ia didakwa dengan tuduhan melakukan tindakan makar karena mengumpulkan informasi bagi intelijen AS," ujar otoritas setempat seperti dikutip BBC Rabu, (23/5/2012).

Keterlibatan dokter Pakistan ini untuk pertama kalinya diakui oleh Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta pada akhir Januari lalu. Panetta mengatakan pada saat itu, seorang dokter Pakistan telah membantu penangkapan bin Laden melalui sejumlah informasi terkait keberadaan sosok yang paling diburu AS itu.

Lewat informasi yang diberikan dokter tersebut, pasukan Angkatan Laut AS Navy SEAL, diketahui sukses menjalankan operasi penyerangan ke tempat persembunyian Osama bin Laden Mei 2011 lalu. Operasi di Abbottabad, Pakistan itu, ternyata tidak diketahui sama sekali oleh pihak Pakistan.

Tidak diberitahunya Pakistan terkait operasi penyergapan ini telah memicu ketegangan antar kedua negara. Pakistan menuding, AS telah menjalankan operasi rahasia yang ilegal karena operasi itu dilakukan di wilayah kedaulatan Pakistan.

Sementara itu, timbul kecurigaan dari pihak AS yang menyebutkan Pemerintah Pakistan berusaha melindungi keberadaan Bin Laden. Kecurigaan itu muncul mengingat tempat persembunyian Bin Laden yang lokasinya berdekatan dengan sebuah kompleks militer Pakistan.

Hingga saat ini hubungan AS-Pakistan pun masih terus dibayang-bayangi oleh insiden penyergapan sepihak yang dilakukan pasukan Negeri Paman Sam itu.(rhs)

Tergoda Suara Lembut, Pria Ini Justru Dirampok

Posted: 23 May 2012 05:10 AM PDT

RIYADH - Jangan tertipu dengan tutur kata sopan atau pun suara manis orang yang tidak Anda kenal. Ini adalah peringatan yang tepat untuk menggambarkan peristiwa yang dialami oleh pria Arab Saudi ini.

Pasalnya, akibat tergoda oleh suara lembut seorang wanita, pria Arab ini dikabarkan harus rela kehilangan sejumlah harta bendanya.

Kejadian ini diawali ketika tiba-tiba saja sebuah panggilan dari nomor tidak dikenal masuk ke telefon genggam pria itu. Bukannya curiga, sang pria ini justru semakin bersemangat ketika perempuan yang tidak dikenalnya itu tiba-tiba saja mengajaknya berkencan.

"Dia sangat bersemangat menyambut ajakan untuk berkencan dari perempuan itu. Namun, setelah sang pria menuju ke tempat yang mereka sepakati bersama, tiba-tiba saja wanita itu membuka kerudungnya. Ternyata bukan wajah cantik yang ada di balik kerudung melainkan sebuah moncong pistol yang diarahkan tepat ke wajahnya," tulis Surat Kabar berbahasa Arab Alokhbariya yang dikutip Emirates247 Rabu, (23/5/2012).

Pria itu ternyata berhasil menjadi sasaran empuk sekelompok perampok wanita. Komplotan ini pun diketahui kerap mengandalkan modus serupa dalam sejumlah aksinya.

"Tidak hanya satu, melainkan terdapat lima wanita di tempat tersebut. Mereka mengambil sejumlah uang tunai serta kartu ATM. Para perampok juga berhasil menggondol sejumlah uang di tabungan pria itu. Namun, tidak lama kemudian komplotan itu berhasil dibekuk petugas kepolisian," tulis Alokhbariya.(rhs)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan