Rabu, 23 Mei 2012

Republika Online

Republika Online


Survei: Indonesia Negara Terindah Keempat di Dunia

Posted: 23 May 2012 08:09 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Indonesia semakin tersohor sebagai negara yang indah. Berdasarkan survei pengguna Twitter dan Pinterest, negeri tercinta ini menempati posisi keempat negara terindah di dunia. 

Survei ini dilakukan oleh First Choice, sebuah situs perusahaan travel asal Britania Raya. Dalam situs resmi surveinya, First Choice meminta para traveler untuk berpartisipasi dalam dua jejaring sosial yakni Twitter dan Pinterest. Partisipan harus mencantumkan foto pada dahsboard (pin) di Pinterest. Sementara di Twitter, mereka mendeskripsikan negara destinasi wisata.

Hasilnya, Latvia yang berada di Eropa bagian Provinsi Baltik menempati posisi pertama dengan 36 persen suara. Dilanjutkan oleh Meksiko, Turki, lalu Indonesia (169 total suara).

Britania Raya sendiri menempati posisi kelima. Selanjutnya, ada lebih dari 100 negara lain hingga posisi terakhir ditempati oleh Sudan. Survei ini baru saja berakhir pada 1 Mei 2012 lalu.

Bayangkan saja, Indonesia berada di posisi lebih tinggi daripada negara-negara yang terkenal indah seperti Italia, Selandia Baru, Kanada, Kroasia, bahkan Swiss dan Prancis! Survei ini berhasil membuktikan pada dunia bahwa Indonesia adalah negeri yang sangat kaya, serta jadi destinasi favorit para turis dari berbagai negara. Berikut posisi 20 besar negara terindah di dunia versi situs First Choice:

Latvia

Meksiko

Turki

Indonesia

Britania Raya

Italia

Selandia Baru

Brazil

India

Kanada

Irlandia

Amerika Serikat

Kroasia

Swiss

Australia

Kolombia

Yunani

Peru

Portugal

Prancis

Awas, 68 Persen Jajanan Kandung Bahan Kimia Berbahaya

Posted: 23 May 2012 07:46 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Ketua Tim Ahli Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rachmat Sentika mengatakan kalau sekitar 68 persen jajanan anak di sekolah memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Bahan bahan tersebut diantaranya formalin, boraks, dan rhodamin.

"Penyalahgunaan bahan kimia berbahaya yang dimasukkan berlebihan ke dalam jajanan sangat berbahaya terhadap kesehatan anak," katanya pada seminar "Aku Anak Sehat: Aku Bersih, Aku Sehat, Aku Hebat" yang diadakan di Yogyakarta, Rabu (24/5).

Menurut dia, hal itu memang tidak akan terlihat dalam jangka waktu yang dekat, tetapi dalam jangka waktu yang lama akan muncul kerusakan pada ginjal serta gangguan dalam tumbuh kembang anak.

Sementara itu psikolog anak Rose Mini mengatakan, ada strategi untuk para orang tua dan guru dalam memberikan kesadaran dan edukasi tentang kandungan zat berbahaya dalam jajanan di sekolah kepada anak.

Strategi itu, menurut dia, diperlukan dalam menghadapi sifat anak-anak yang cenderung tidak menghiraukan pola makan sehat.

Ia mengatakan, strategi itu adalah para orang tua dan pendidik atau guru harus menguasai wawasan mengenai pola makan yang sehat.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan