Khamis, 17 Mei 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Demonstran Filipina Siap Berlayar ke Wilayah Sengketa

Posted: 17 May 2012 05:35 AM PDT

MANILA - Para demonstran Filipina merencanakan kunjungan ke wilayah sengketa, Dangkalan Scarborough. Wilayah itu merupakan wilayah di Laut China Selatan yang diperebutkan China dan Filipina.

Rombongan demonstran itu dipimpin oleh Nicanor Faeldon, seorang mantan kapten marinir. Mereka akan mengadakan pelayaran ke wilayah sengketa Jumat besok. Demonstran-demonstran yang dipimpin Faeldon mengendarai sebuah kapal nelayan.

"Mereka ingin memprotes agresi China terhadap negara kami," ujar juru bicara demonstran, seperti dikutip AFP, Kamis (17/5/2012).

Para demonstran berniat untuk memancing di perairan tersebut, bila diperbolehkan. Pada April lalu, nelayan dari kedua negara itu juga memancing di wilayah sengketa meski, kapal China sempat menghadang kapal patroli Filipina yang akan menangkap nelayan China.

Kedua negara itu juga memberlakukan larangan memancing di sekitar wilayah sengketa. Meski demikian, larangan memancing itu dipandang sebagai upaya untuk mengendurkan ketegangan antara Filipina dan Negeri Panda.

Faeldon merupakan seorang mantan militer Filipina yang sempat mendekam di tahanan pada 2003 lalu. Pria yang didakwa atas upaya subversi itu dibebaskan pada 2011 lewat sebuah pemberian amnesti. Faeldon juga dikenal sebagai seorang kapten yang tidak disiplin, hal itulah yang menyebabkan dirinya dipecat dari dinas militer.

Hingga saat ini, ketegangan antara kedua negara itu kian memanas. Sementara itu, Filipina berniat untuk memborong jet tempur dan memodernisasi kekuatan militernya.(AUL)

Emma, Perempuan Pembenci Suara

Posted: 17 May 2012 03:07 AM PDT

LONDON - Bagi Emma Riehl, suara apapun yang muncul disekelilingnya adalah menyebalkan. Saking bencinya terhadap suara, Emma bahkan sering kebingungan dan gelisah.

Emma menderita penyakit misophonia, atau penyakit pembenci suara. Penyakit itu merupakan penyakit langka yang menyerang sistem syaraf. Umumnya, penderita misophonia pernah mengalami peristiwa buruk yang disebabkan oleh suara-suara tertentu.

Dalam video dokumentasi kehidupan sehari-hari Emma, Emaa mendeskripsikan reaksinya terhadap suara seorang siswa yang bersin di kelas. Emma pun merasa terganggu dengan suara itu.

"Suara itu menciptakan guncangan di sekujur tubuh saya. Saat itu, saya langsung kebingungan," ujar Emma, seperti dikutip ABC, Kamis (17/5/2012).

Menurut laporan dari Suratkabar New York Times, penyakit itu muncul saat seorang bocah tumbuh menjadi remaja dan akan semakin memburuk ketika mereka dewasa. Menurut organisasi advokasi penderita misophonia, tidak ada obat yagn dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Terapi pun akan memakan waktu bertahun-tahun.

Para penderita Misophonia sering mendapat kesulitan dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Hal itu disebabkan karena mereka tidak akan merasa nyaman dengan suara yang dikeluarkan oleh pasangannya sendiri. Umumnya, para penderita misophonia lebih memilih untuk menetap di rumahnya dan berada di ruangan yang sangat tenang.(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Komen