Sabtu, 19 Mei 2012

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Bappenas Ingatkan Pegawainya soal Perjalanan Dinas

Posted: 19 May 2012 08:44 AM PDT

Penghematan Anggaran

Bappenas Ingatkan Pegawainya soal Perjalanan Dinas

Suhartono | Marcus Suprihadi | Sabtu, 19 Mei 2012 | 22:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Untuk mencegah secara lebih dini terjadinya manipulasi perjalanan dinas dengan cara pemalsuan tiket dan kuitansi yang bisa menyebabkan terjadinya pemborosan anggaran, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas selalu mengingatkan para pejabat dan pegawainya untuk tidak berbuat.

Hal itu dilakukan dalam suatu pertemuan rutin yang diselenggarakan Bappenas. "Kami selalu mengingatkan kepada para eselon maupun pegawai Bappenas agar menghindari dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang tak terpuji dalam perjalanan dinas seperti itu," tandas Sekretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Sekretaris Utama Bappenas Slamet Seno Adjie, Sabtu (19/5/2012), di Jakarta.

Menurut Slamet, Bappenas juga sering mengundang Kejaksaan dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk bekerjasama meningkatkan akuntabilitas anggaran di Bappenas demi mencegah terjadinya penyalahgunaan perjalanan dinas.

Slamet menambahkan, sejauh ini kementeriannya patuh terhadap aturan dalam pelaksanaan perjalanan dinas. Buktinya, pada tahun anggaran 2011 dan dua tahun alu, kementeriannya mendapat penilaian audit BPK dengan kategori Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Itu artinya kami melaksanakan secara baik dan patuh pada aturan dalam pelaksanaan prinsip anggaran yang transparan dan akuntable," jelasnya.

Slamet mengatakan, cara-cara yang tidak benar dalam perjalanan dinas sekarang ini sudah tidak saatnya lagi dilakukan para birokrat. "Hal itu memang sesuatu yang kecil (bentuk pemalsuan tiket perjalanan dinas), akan tetapi jelas mengganggu dan tak sejalan dengan pemerintahan yang baik dan bersih," kata Slamet lagi.

SBY Hadiri Pelantikan Taur Matan Ruak

Posted: 19 May 2012 07:41 AM PDT

SBY Hadiri Pelantikan Taur Matan Ruak

| Kistyarini | Sabtu, 19 Mei 2012 | 21:31 WIB

DILI, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pelantikan Presiden Timor Leste yang baru, Taur Matan Ruak, yang berlangsung di Tasitolu, Dili, Sabtu (19/5/2012)  tengah malam hingga Minggu (20/5/2012) dini hari.

Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono bersama-sama dengan beberapa perwakilan negara sahabat.

Tasitolu merupakan daerah di pinggir danau, bekas lokasi pacuan kuda yang kemudian dibangun menjadi sebuah pelataran lapang yang digunakan sebagai lokasi pelantikan Presiden Timor Leste mulai 2012.

Pelatikan Presiden Timor Leste sendiri unik karena dilaksanakan pada pukul 24.00 atau menjelang 20 Mei yang diperingati sebagai peringatan restorasi 10 tahun kemerdekaan Timor Leste.

Taur Matan Ruak, bekas Panglima (FFDT) Falintil Forsa de Defesa de Timor Leste menjadi presiden menggantikan Ramos Horta.

Pelantikan presiden merupakan pesta rakyat yang ditandai dengan adanya panggung hiburan rakyat tak jauh dari plaza pelantikan presiden.

Sekitar 1.000 warga Dili tumpah ruah ke lokasi tersebut, dan sebagian besar datang dengan berjalan kaki dari segala penjuru kota untuk menikmati hiburan musik yang memang jarang dilaksanakan di kota tersebut.

Pada Minggu pagi, Presiden Yudhoyono akan menghadiri peringatan 10 tahun restorasi kemerdekaan Timor Leste di Istana Presiden Palacio Presidencial Nicolau Lobato.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan