Selasa, 3 April 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Nonton Harry Potter Bikin Kreativitas Anak Meningkat

Posted: 03 Apr 2012 01:07 AM PDT

MENONTON film sihir semacam Harry Potter ternyata tidak menimbulkan dampak negatif bagi anak. Sebaliknya, kreativitas anak justru meningkat pesat.

 
Banyak orangtua merasa bersalah karena membiarkan anaknya menonton film sihir seperti Harry Potter karena khawatir akan berdampak buruk bagi perkembangannya. Namun kini mereka dapat dapat bernafas lega. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan Lancaster University menemukan, bahwa anak-anak yang menonton film seperti Harry Potter akan membuat kreativitas dan imajinasinya meningkat.
 
Penelitian ini merupakan studi pertama yang menganalisa apakah ada manfaat edukasi dari penayangan konten sihir bagi anak seperti penyihir Santa Claus, Kelinci Paskah, dan peri gigi.
 
Konsep pemikiran tentang sihir melibatkan kepercayaan pada hal-hal supernatural seperti hewan yang bisa bicara atau penyihir dengan sapu terbangnya. Dengan pengaruh tersebut, penelitian pun menunjukkan bahwa anak usia empat hingga lima tahun memikirkan tentang keajaiban setiap hari, seperti dirilis Femalefirst.
 
Studi ini melibatkan dua kelompok anak usia empat hingga enam tahun yang menonton cuplikan film Harry Potter and the Philosopher's Stone selama 15 menit. Dalam studi tersebut, sebagian scene menayangkan hewan yang bicara dan penyihir yang mengucapkan mantra sambil mengayunkan tongkat sihir. Sedangkan scene lainnya menayangkan karakter yang sama, namun tanpa konten sihir.
 
Setelah itu, anak-anak tersebut mengikuti tes kreativitas dan diminta berpura-pura untuk menjadi kelinci atau menyetir sebuah mobil. Mereka juga diminta untuk memikirkan cara-cara berbeda melemparkan cangkir ke dalam tong sampah dan kegunaan lain dari cangkir. Hasilnya, anak yang menonton scene dengan konten sihir mendapatkan hasil tes kreativitas yang lebih baik.
 
Penelitian ini menyimpulkan, "Pemikiran tentang sihir dapat dilihat sebagai sumber lain yang dapat membangun imajinasi dan cara berpikir yang berbeda pada anak." (ind)
(tty)

Toyota Aqua, Satu liter Tembus 35,4 Km

Posted: 03 Apr 2012 01:07 AM PDT

TOKYO – Toyota Motor Corp (TMC) terus menciptakan kendraan hybrid yang irit serta ramah lingkungan. Salah satunya, kendaraan Toyota Prius C atau di Jepang dikenal dengan nama Toyota Aqua.
 
Setelah diluncurkan pertama kali, langsung mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, baim di Jepang maupun untuk pasar otmotifi secara global. Keunggulan serta irit bahan bakarnya yang menjadi mobil ini dicari konsumen. Demikian dilansir Motorbeam, Selasa (3/4/2012).
 
Hatchback lima pintu ini dibekali mesin 1.5-liter dan dikawinkan dengan motor listrik yang dapat menyemburkan tenaga hingga 74 BHP pada 4.800 RPM dan torsi 111 Nm pada 4.800 RPM. Dengan mesin tersebut, konsumsi bahan bakarnya terbilang sangat irit, yakni 1 liter bensin dapat menempuh jarak hingga 35,4 km.
 
Hal itu telah diketahui melalui tes gabungan yang dilakukan di Jepang beberapa waktu lalu. Konsumsi bahan bakarnya dapat disetarakan dengan 83,3 mpg us atau 2,8 liter untuk menempuh jarak 100 km.
 
Selain itu, mobil ini memiliki ukuran dengan panjang 3995mm, lebar 1695m dan tinggi 1445mm dan wheelbase 2550mm. Dimensi ini sedikit lebih besar dari Toyota Yaris.
 
Sementara itu, Toyota Aqua atau Prius C generasi terbaru ini akan di pasarkan di AS dan tersedia dalam tiga versi, yakni L,S dan G. Bagi konsumen yang menyukai gaya sporty TMC juga menyediakan Prius C versi Toyota Racing Development (TRD).
(zwr)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan