Rabu, 25 April 2012

Republika Online

Republika Online


Mau Cari Oleh-oleh Khas Surabaya? Ke Pasar Tunjungan Saja

Posted: 25 Apr 2012 09:04 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA---Pasar Tunjungan yang berlokasi di Jalan Tunjungan Kota Surabaya sesuai rencana nantinya akan disulap menjadi pusat oleh-oleh khas Kota Surabaya.

Dirut Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Surabaya, Karyanto, mengatakan selama ini Surabaya belum memiliki pusat oleh-oleh khas daerah, sehingga perlu adanya gagasan untuk membangun pasar yang menyediakan pusat oleh-oleh Surabaya. "Kami menyebutnya ini pasar tematik. Surabaya perlu itu," katanya saat rapat dengar pendapat di ruang Komisi B DPRD Surabaya.

Menurut dia, pihaknya akan mengkaji pembangunan tempat pusat oleh-oleh khas Surabaya itu. Ia juga mengatakan keberadan pasar tradisional lama akan diubah menjadi pusat oleh-oleh khas Surabaya. "Tapi perlu diingat, kalau pasar tidak tematik diubah menjadi tematik maka akan memunculkan keributan," katanya.

Namun demikian, lanjut dia, pihaknya sementara ini memetakkan bahwa Pasar Tunjungan akan diubah menjadi pusat oleh-oleh khas Surabaya. "Idealnya di tengah kota. Pasar Tunjungan berada di tengah kota," ujarnya.

Hingga saat ini, kata dia, Pemkot Surabaya telah membuat konsep atau "detail engineering design" (DED) revitalisasi Pasar Tunjungan yang dulunya merupakan salah satu pasar terbesar di Surabaya. "Saya belum tahu detailnya, anggaran untuk revitalisasi Pasar Tunjungan itu," katanya.

Masak Ayam Taliwang, Ini Dia Resepnya

Posted: 25 Apr 2012 08:07 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Ayam Taliwang

Bahan:

1 ekor ayam kampung sekitar 600 gram, bersihkan dan potong jadi empat bagian.

Minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan:

3 sdm cabai merah iris

1 sdm cabai rawit iris

1 sdm bawang putih iris

1 sdm bawang merah iris

1 sdt terasi

1 sdt garam

Cara membuat:

Goreng ayam hingga setengah matang, angkat dan sisihkan.

Bakar ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan, hingga bumbu terlihat mengering, balur kembali dengan sisa bumbu, bakar lagi sejenak dan angkat.

Hidangkan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan