Selasa, 14 Februari 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


"Piramida" di Kepala Rahmat Takalar

Posted: 14 Feb 2012 10:49 PM PST

MAKASSAR - Rahmat dari Takalar menyundul bola. Golnya telak menggetarkan jaring gawang. Penonton seketika bersorak histeris menggoncang bangku-bangku tua di tribun Stadion Mattoanging, Makassar.

Selain larinya kencang, giringan cepat, gocekan lihai, tendangannya keras, Rahmat punya sundulan mematikan. Striker muda PSM itu berpotensi sekaligus menjadi titisan Roel Dijkstra penyerang Belanda dalam komik dan Jacob Sihasale mantan bintang PSSI di era 60-70an.

Yang khas dari Rahmat, selain pembawaannya yang rendah hati, ialah gaya rambutnya yang disisir membentuk piramida. Tapi jelas model potongan rambutnya bukan mirip gunung Sadahurip, melainkan persis Piramida asli Giza di Mesir.

Dewi fortuna pun menaungi peruntungan sang striker PSM Makassar itu tatkala menghunjamkan dua gol telak melalui sundulan kepala ke gawang PSMS Medan dalam lanjutan kompetisi Indonesia Premier League 2011-12, awal pekan ini.

Potongan rambutnya yang disisir bergaya segitiga mirip piramida tak urung dijadikan bahan lelucon. Model itu membuat Rahmat seakan-akan mirip seorang Indian dari suku Mohicans.

"Saat sarapan pagi tadi, Spaso yang menyisir rambut Rahmat dengan tangannya, membentuk potongan model piramida. Terbukti gaya rambut itu memberi Rahmat keberuntungan. Kepalanya bisa mencetak gol," tanggap pelatih PSM Petar Segrt seraya tersenyum simpul.

Rahmat bersanding dengan Ilija Spasojevic menjadi duet maut di lini depan Juku Eja. Mereka berdua tandem yang tidak pernah bermain egois satu sama lain. Seperti dua belahan jiwa di garis serang Pasukan Ramang.

"Bila Spaso membuka ruang, Rahmat memanfaatkannya dengan penyelesaian. Saya memberi kebebasan bagi keduanya untuk berkreasi supaya dapat menciptakan gol," imbuh Segrt.

Rahmat tipikal striker petarung. Tipe sangar yang sudah jarang terlihat di orbit liga domestik nasional sejak Ilham Jayakesuma turun panggung.

"Saya ingin mempromosikan Rahmat untuk direkrut tim nasional senior Indonesia. Kemampuannya tidak usah diragukan lagi. Saya jamin dia akan jadi bintang besar," sambung Segrt.

Koleksi lima gol yang berhasil dicetaknya membuat Rahmat kini didaulat sebagai pencetak gol terbanyak PSM di kancah IPL 2011-12. Apakah bintangnya terus bersinar?

Asal dia konsisten menjaga tabiatnya, tidak bersikap jumawa dan angkuh laksana selebriti karbitan, itu saja syaratnya. Jalur kemilau di atas karpet merah dalam blantika lapangan hijau di orbit sepakbola akan membuat Rahmat menemukan bintang yang terang, meneruskan legenda Sihasale dan Jayakesuma yang tertatah dalam deretan sejarah para striker hebat Indonesia.
(fit)

Jangan Lagi Remehkan Persibo

Posted: 14 Feb 2012 10:40 PM PST

BOJONEGORO - Persibo Bojonegoro semakin tak terbendung. Secara perlahan tim asuhan Paulo Camargo menusuk ke papan atas dan sejajar dengan Semen Padang. Persibo kini mengoleksi 16 angka dari delapan laga dan hanya kalah defisit gol dari Semen Padang yang masih menduduki puncak klasemen.

Kemenangan tipis 1-0 atas Persija Jakarta di Stadion Letjen H Soedirman, Senin (13/2), semakin mengukuhkan Persibo tim paling sulit dikalahkan di kandangnya. Tim berjuluk Laskar Angling Dharma benar-benar bisa memanfaatkan keuntungan mempertandingan laga home lebih banyak di putaran pertama Indonesian Premier League (IPL).

Kapten Persibo Samsul Arif mengungkapkan, tim akan berupaya memberikan hasil terbaik di depan supporter Boromania. Ia senang karena secara umum pemain sudah bisa memanfaatkan dukungan moril dari supporter Boromania yang mendukung langsung di stadion.

"Ada yang berbeda dibanding (musim) sebelumnya. Menurut saya secara tim kami sudah bisa menerjemahkan dukungan langsung supporter di stadion. Tim seperti mendapat spirit yang berbeda ketika ada Boromania. Itu perkembangan yang bagus," ujar Samsul Arif, ikon Persibo.

Samsul juga memberikan apresiasi kepada Pelatih Paulo Camargo yang memberikan banyak perubahan pada tim. Selain mampu mengangkat kepercayaan diri pemain, Camargo disebutnya sangat pintar mengambil keputusan, misalnya kala tim dilanda cedera pemain.

Aris menunjuk ada sejumlah keputusan penting yang dibuat Camargo dan berpengaruh langsung ke tim. Misalnya seperti saat menurunkan Muhammad Nur Iskandar dan akhirnya mencetak hattrik ke gawang Persijap. Atau dipilihnya Wahyu Teguh yang mencetak gol kemenangan Persibo ketika Iskandar Absen.

"Beberapa keputusan pelatih sangat memengaruhi hasil di lapangan. Ia juga jeli melihat kemampuan pemain. Persibo tak mempunyai pemain bintang tapi sulit dikalahkan. Camargo telah membuat Persibo menjadi tim yang tak bisa diremehkan," puji Samsul kepada pelatihnya.

Kini, lanjut sang kapten, timnya harus bisa mempertahankan posisi yang diduduki saat ini dan terus menempel Semen Padang. Sebab ia yakin tim di posisi tiga dan seterusnya masih berpotensi menyusul Persibo karena perbedaan angka di klasemen sementara IPL yang cukup rapat.

Sementara, Paulo Camargo sendiri memberikan pujian kepada anak asuhnya yang menunjukkan stabilitas hingga match day kedelapan. Secara khusus ia menyoroti perkembangan pemain muda seperti Wahyu Teguh, Sigit Mieko maupun Bijahil Chalwa yang cukup memuaskan.

Sejak menangani Laskar Angling Dharma, Camargo berhsrat mencetak bintang baru dari Bojonegoro. Itu mulai terlihat dengan mulai apiknya permainan pemain muda. "Pemain muda harus bekerja keras untuk mencapai level tertentu. Saya beri mereka kesempatan agar terus berkembang. Sejauh ini respons sangat bagus," ucap Camargo. (Kukuh Setiawan (Koran Sindo)/Koran SI/acf)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan