Selasa, 28 Februari 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


3 Hari Lagi, Iran Gelar Pemilu Parlemen

Posted: 28 Feb 2012 10:34 AM PST

JAKARTA - Duta Besar Iran untuk Indonesia Mahmoud Farazandeh mengumumkan, Iran akan melangsungkan pemilihan umum (pemilu) parlemen ke sembilan dalam waktu tiga hari ke depan. Pemilu kali ini merupakan pemilu ke 34 kalinya dimana masyarakat secara langsung dapat memilih pejabat negaranya.

"Banyak sekali yang bertanya kepada saya mengapa Iran mampu bertahan ditengah berbagai tekanan serta sikap Barat yang terus menerus memusuhi Iran. Bagaimana bisa Iran bertahan dalam kondisi seperti itu? Jawaban saya atas pertanyaan ini adalah Iran mampu bertahan dengan partisipasi aktif masyarakat setempat dalam menentukan masa depan Iran dan nasib mereka sendiri," ujar Duta Besar Iran untuk Indonesia Mahmoud Farazandeh usai menggelar konferensi pers terkait penyelenggaraan Pekan Budaya Islam Iran di kediamannya di Menteng, Jakarta Selasa, (28/2/2012).

Mahmoud menambahkan, masyarakat Iran dapat menentukan pilihannya sendiri terkait pencalonan para anggota parlemennya. Hal itu dengan mendengarkan program-program yang akan disampaikan oleh para calon.

"Tiga hari lagi pemilu akan diselenggarakan di negara kami, saya percaya pemilu Iran akan mendapat perhatian khusus dari media Indonesia," imbuh Mahmoud. (sus)
(ahm)

Iran Akan Tetap Kembangkan Program Nuklir

Posted: 28 Feb 2012 10:03 AM PST

JAKARTA - Iran menegaskan, negaranya akan tetap mempergunakan haknya untuk mengembangkan program nuklir yang bertujuan damai. Meski selama 32 tahun terakhir Iran menyadari berbagai pihak telah mencoba mencegah kemajuan yang terjadi di Negeri Persia itu.

"Negara-negara yang sekarang mempermasalahkan nuklir Iran adalah negara-negara yang sama yang mendukung rezim Saddam Hussein. Mereka memberikan bantuan dana dan senjata kepada rezim Saddam untuk berperang melawan Iran. Namun Saddam gagal, setelah itu mereka mencari cara lain untuk menekan Iran yakni melalui isu hak asasi manusia dan program nuklir Iran," ujar Duta Besar Iran untuk Indonesia Mahmoud Farazandeh usai konferensi pers terkait penyelenggaraan Pekan Budaya Islam Iran di kediamannya di Menteng Jakarta, Selasa (28/2/2012).

Ditambahkan pula oleh Dubes Iran, berbagai laporan terkait program nuklir Iran ini tidak valid karena didasarkan pada laporan intelijen dari negara-negara yang memusuhi Iran.

"Iran adalah negara yang cinta damai, negara yang memiliki kecintaan terhadap kesenian dan dalam menjalin persaudaraan namun hubungan Iran dengan beberapa negara sedang berada dalam kondisi yang tidak normal," imbuhnya.

Ditegaskan pula oleh Dubes Iran, negaranya tidak ingin berperang dengan negara mana pun namun Iran siap untuk menghadapi konfrontasi apa pun untuk membela negaranya. (sus)(ahm)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan