Rabu, 29 Februari 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Satu prajurit pemelihara perdamaian tewas di Darfur

Posted: 29 Feb 2012 06:31 PM PST

Mandat pasukan gabungan itu juga meliputi pemantauan dan pelaporan mengenai situasi di sepanjang perbatasan Sudan dengan Chad dan Republik Afrika Tengah. (REUTERS/Albert Gonzalez Farran/UNAMID)

Laporan awal menunjukkan tiga personel pemelihara perdamaian cedera dan satu tewas"

Berita Terkait

PBB, New York (ANTARA News) - Seorang prajurit pemelihara perdamaian PBB tewas dan tiga lagi cedera dalam penyergapan di wilayah Darfur, Sudan, kata juru bicara PBB kepada wartawan di Markas PBB, New York, Rabu (29/2).

Juru bicara PBB Martin Nesirky mengatakan Misi PBB/Uni Afrika di Darfur, yang juga dikenal dengan nama UNAMID, baru saja memberi tahu mereka bahwa satu patroli yang sedang bergerak di Darfur selatan disergap di satu desa.

"Laporan awal menunjukkan tiga personel pemelihara perdamaian cedera dan satu tewas," kata Martin dalam taklimat harian di Markas PBB, sebagaimana dikutip Xinhua, Kamis pagi. Ia menambahkan, "Kami akan memberi perincian lebih lanjut segera setelah kami menerimanya."

Serangan tersebut terjadi Rabu siang di dekat kota kecil Shearia, sekitar 90 kilometer di sebelah timur-laut Nyala, ibu kota Darfur Selatan.

UNAMID menyatakan tentara pemelihara perdamaian balas menembak setelah mereka disergap oleh beberapa pria tak dikenal yang bersenjata.

Itu adalah serangan kedua dalam lima hari terhadap misi gabungan PBB dan Uni Afrika di Darfur. Sejak awal tahun ini, dua prajurit pemelihara perdamaian UNAMID telah tewas dan delapan orang lagi cedera, demikian beberapa laporan.

UNAMID menyatakan prajurit pemelihara perdamaian itu ditembaki di dekat kota kecil Ed-Dein pada Jumat (24/2), ketika bus mereka diserang tepat di luar kamp pangkalan unit tersebut di negara bagian Darfur Timur, Sudan.

Darfur telah menjadi tempat kerusuhan sejak 2003, ketika suku pemberontak Afrika yang menuduh pemerintah Sudan --yang didominasi orang Arab melakukan diskriminasi-- mengangkat senjata melawan Khartoum.

Sebanyak 35 prajurit pemelihara perdamaian telah tewas di Darfur sejak UNAMID digelar pada 2007 guna melindungi warga sipil di Darfur.

UNAMID didirikan pada 31 Juli 2007 melalui pengesahan resolusi Dewan Keamanan. UNAMID memiliki mandat utama melindungi warga sipil, selain bertugas memberi sumbangan bagi keamanan untuk bantuan kemanusiaan, pemantauan dan pengabsahan pelaksanaan kesepakatan, pemberian bantuan bagi proses politik yang melibatkan banyak pihak, peningkatan hak asasi manusia dan penerapan hukum.

(C003/A011()

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Al Qaida klaim serangan mematikan di istana presiden Yaman

Posted: 29 Feb 2012 08:41 AM PST

Dubai (ANTARA News) - Al Qaida Rabu mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap istana presiden di Yaman tenggara yang menewaskan 26 Garda Republik pekan lalu, dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di forum jihadis.

"Pahlawan martir Abu Muhjen al-Sayari dengan mobilnya yang dipasangi bom menyerang pasukan Garda Republika di dalam istana kepresidenan di Mukalla, ibu kota Hadramawt, menewaskan hampir 30 perwira dan tentara serta melukai lebih dari 50 orang," kata pernyataan itu, lapor AFP. (K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan