Isnin, 27 Februari 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Rupiah menguat menguat 25 poin

Posted: 27 Feb 2012 07:08 PM PST

Uang Rupiah (ANTARA/Rosa Panggabean)

Nilai tukar rupiah menguat, penguatan itu diperkirakan intervensi BI yang masuk ke pasar dikarenakan rupiah sudah tertekan cukup dalam.

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat bergerak menguat 25 poin seiring dengan perkiraan intervensi Bank Indonesia (BI) di pasar keuangan, Selasa pagi.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Selasa pagi bergerak menguat 25 poin ke posisi Rp9.135 dibanding sebelumnya Rp9.160 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah menguat, penguatan itu diperkirakan intervensi BI yang masuk ke pasar dikarenakan rupiah sudah tertekan cukup dalam," kata pengamat pasar uang Rully Nova, di Jakarta, Selasa.

Ia menambahkan, tertekannya rupiah terhadap dolar AS hingga ke kisaran Rp9.100 mendorong BI masuk ke pasar keuangan agar tidak tertekan lebih dalam lagi.

"Terpuruknya rupiah dipicu sentimen dalam negeri terkait dengan kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM)," ujar dia.

Kebijakkan itu, lanjut dia, memicu investor melakukan `redemption` di pasar keuangan dalam negeri. Ini membuat pelaku pasar tidak tertarik memegang rupiah.

"Kondisi itu membuat pelaku pasar cenderung mengambil posisi jaga terhadap portofolionya untuk memelihara likuiditas dan melepas rupiah," ucap dia.

Analis pasar uang Lana Soelistianingsih menambahkan, tampaknya BI masuk kepasar dikarenkan nilai tukar dalam negeri mendekati batas psikologis yang mudah tertekan keatas.

"Intervensi ini membuat mata uang domestik berpeluang menguat menuju kisaran antara Rp9.080 - Rp9.120 per dolar AS," kata dia.

Ia menambahkan, sementara itu rencana kenaikan harga BBM tampaknya tidak akan mundur dari 1 April mendatang. Dengan kenaikkan itu, inflasi berpotensi melesat diatas asumsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012 yaitu 5,3 persen.

"Namun demikian pemerintah merasa yakin dapat mengelola inflasi tidak jauh dari target asumsi itu," katanya.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Djokovic berjaya di Dubai Terbuka

Posted: 27 Feb 2012 06:58 PM PST

Petenis Serbia Novak Djokovic (FOTO ANTARA/REUTERS/Carl de Souza/Pool/djo/11)

Saya gembira setelah memenangi pertandingan pertama ini, setelah empat minggu tidak tampil.

Berita Terkait

Dubai (ANTARA News) - Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic yang tampil pertama kali sejak tampil di final Australia Terbuka bulan lalu, menjalani pekerjaan rutinnya untuk mempertahankan gelar Dubai Terbuka, setelah menang 6-4 6-2 atas Cedrik-Marcel Stebe, Senin.

Terakhir kali Djokovic muncul saat bermain selama lima jam 53 menit melawan Rafael Nadal, merupakan laga final turnamen grand slam terpanjang.

Pada pertandingan di Dubai, sebelum turun lapangan, ia menyaksikan adiknya Marko bermain dan kalah atas petenis Kazakhstan Andrey Golubev, sebelum mengalahkan petenis Jerman Stebe, peringkat ke-72 dunia.

Penonton mengibarkan spanduk dengan tulisan "Gembira Kamu Tampil Lagi Novak" dan mereka gembira karena pemain juara lima turnamen grand slam itu bermain dengan bagus di Dubai.

"Saya gembira setelah memenangi pertandingan pertama ini, setelah empat minggu tidak tampil," kata Djokovic kepada wartawan.

"Saya amat gembira masuk ke lapangan di bawah dukungan penuh penonton, saya amat takjub," katanya.

Petenis Serbia itu, yang menoreh rekor kalah menang 70-6 pada 2011, belum bisa menyebutkan bagaimana kira-kira kiprahnya pada tahun ini, termasuk kemungkinan meraih medali emas pada Olimpiade 2012.

"Saya tidak bisa membandingkan 2011 dan 2012. Saya tidak bisa membandingkan satu musim dengan musim lain," katanya.

"Tahun lalu luar biasa, merupakan tahun menakjubkan dalam karir saya. Bila Anda bertanya apakah saya dapat mengulangnya, maka jawaban saya, saya belum tahu. Musim ini merupakan musim yang amat amat berat," katanya.

Salah satu pertandingan besar Djokovic tahun ini, kelihatannya adalah laga Selasa dengan runner-up tahun lalu Roger Federer, unggulan ketiga Andy Murray, unggulan keempat Jo Wilfried-Tsonga dan unggulan kelima Tomas Berdych, untuk mendapatkan tempat di putaran kedua.

Petenis yang sudah pasti maju ke putaran kedua adalah unggulan kedelapan dari Amerika Serikat, Mardy Fish, yang mengalahkan pemain dari Jerman Andreas Beck 6-1 6-1 dalam laga lebih dari satu jam.
(A008)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan