Jumaat, 28 Oktober 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Perempuan perlu dilibatkan dalam gagasan perdamaian

Posted: 28 Oct 2011 08:34 PM PDT

Markas PBB (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Wakil Tetap Jerman untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Miguel Berger, menegaskan perlunya keterlibatan perempuan dalam gagasan perdamaian penting dilakukan "bagi perdamaian yang abadi secara berkelanjutan".

Pernyataan itu dikeluarkannya dalam debat terbuka di Dewan Keamanan PBB mengenai peran perempuan dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan, di Markas PBB, New York, Jumat (Sabtu WIB).

"Melibatkan perempuan dalam gagasan perdamaian bukan tindakan murah hati, kami memandangnya sebagai syarat utama bagi setiap perdamaian yang berkelanjutan dan langgeng," kata Berger.

Ia menimpali, "Keikutsertaan perempuan akan memperkokoh kemampuan guna menyelesaikan konflik dan membangun sistem keamanan serta keadilan yang melindungi hak asasi manusia secara keseluruhan."

"Namun, kita masih menghadapi jurang pemisah antara komiten yang berulang-kali disampaikan dan situasi di lapangan. Perempuan tetap tak terwakili dalam berbagai perundingan perdamaian dan mereka seringkali tersisihkan dalam upaya membangun perdamaian yang berkelanjutan," katanya.

Ia menyatakan, "Penting untuk terus berjuang buat lebih banyak perempuan dalam posisi depan, juga di PBB, dan memberi perempuan suara selama semua tahap proses perdamaian."

"Ada hubungan jelas antara keikut-sertaan perempuan pada tahap awal diplomasi preventif, upaya untuk mewujudkan perdamaian atau pembangunan perdamaian dan kehadiran mereka dalam mekanisme penerapan," katanya.
(Uu.C003/A011)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Patung Buddha raksasa ditemukan di Kamboja

Posted: 28 Oct 2011 08:26 PM PDT

Phnom Penh (ANTARA News/Reuters) - Sebuah patung Buddha tanpa kepala setinggi 2,4 meter (8 kaki) yang diperkirakan berusia 800 tahun ditemukan di sebuah Candi Kamboja yang muncul dalam film Angelina Jolie, "Lara Croft: Tomb Raider", kata pejabat yang terlibat dalam pekerjaan restorasi.

Sang Buddha dalam posisi duduk itu ditemukan saat hujan deras yang mengikis kuil Ta Prohm di kompleks Angkor Wat di Siem Reap, kata Im Sokrithy, wakil direktur dari departemen lokal yang mengawasi daerah tersebut.

Patung lain ditemukan di samping jalan setapak yang menuju lokasi patung raksasa itu, yang terletak di bawah pohon.

Candi itu tengah menjalani proses restorasi senilai 4 juta dolar Amerika Serikat (AS) oleh sebuah tim yang dipimpin ilmuwan India.

"Ini memang contoh yang luar biasa dari seni Khmer," kata Saurav Ray, sekretaris pertama di Kedutaan Besar India di Phnom Penh.

Ia menambahkan, "Kedua patung itu adalah sisa-sisa seni Angkorean yang indah dan merupakan temuan yang paling berharga dalam beberapa waktu terakhir, tak diragukan lagi."
(Uu.G003/B009)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan