Jumaat, 23 September 2011

Republika Online

Republika Online


Agar Aroma Bumbu Giling Tak Hilang

Posted: 23 Sep 2011 08:29 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Bumbu-bumbu untuk kita masak, biasanya ada beberapa yang harus digiling. Namun, untuk menggunakan ulegan, kita terkadang tak punya waktu, selain juga susah memakainya.

Ditambah lagi, apabila kita telah memiliki food processor. Tampaknya ulekan akan semakin jarang kita pakai.

Namun, rasa dari bumbu tersebut, seringkali menjadi berbeda. "Kalau orang sudah biasa enggan bumbu yang diulek, dia nggak akan suka dengan yang pakai mesin," ujar Butet Sirait, saat memberikan demo masak masakan Tapanuli di Pantry Magic Cooking class.

Agar rasa bumbu hasil dari food processor ini tak banyak berubah, ia berbagi kiat. "Harus cepat-cepat dituang di masakan," ujarnya.

Setelah bumbu-bumbu halus, langsung dituangkan di masakan kita, secepat mungkin. Dengan begitu, tak banyak aroma yang hilang dari bumbu. Dan rasa bumbu hasil dari food processor, seperti kalau kita mengulek manual.

Kiat Mengolah Ikan Agar Tak Hancur

Posted: 23 Sep 2011 05:52 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Seringkali jika kita memasak ikan, khususnya ikan air tawar, dagingnya sering hancur. Tekstur ikan air tawar memang lebih lunak daripada ikan air laut.

Namun, bukan berarti kita tak bisa menyiasatinya.

Butet Sirait, yang sedang memberikan demo masak masakan Tapanuli di Pantry Magic Cooking Class, berbagi tips rahasia. Caranya, sebelum dimasak, ikan dilumuri perasan air jeruk nipis terlebih ahulu. "Tapi harus jeruk nipis yang sudah busuk," ujarnya.

Ia menyarankan jeruk nipis yang sudah membusuk, karena kandungan manfaatnya lebih tinggi daripada yang tidak busuk. "Aromanya saja kan beda dengan yang segar," tuturnya.

Ciri-ciri jeruk nipis yang busuk, menurut Butet, adalah kulitnya sudah kecoklatan.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan