Isnin, 29 Ogos 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Lebaran, Harga Cabai Makin Pedas di Sulut

Posted: 29 Aug 2011 12:50 AM PDT

MINAHASA - Menjelang hari raya Idul Fitri, harga bumbu dapur di pasar tradisional mengalami kenaikan. Bahkan, harga cabai melesat hingga 400 persen.

Harga cabai di pasar tadisional Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, saat ini telah mencapai antara Rp40 ribu sampai Rp50 ribu rupiah per kilogramnya. "Kenaikkan harga cabai ini terjadi semenjak hari minggu kemarin," kata salah satu penjual, Maritje, Senin (29/8/2011).

Biasanya, harga cabai di Pasar Tondano ini dijual pedagang pada kisaran harga Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per kilogramnya. Meski dirasa mahal, namun pembeli tak bisa berbuat banyak dan hanya bisa pasrah karena cabai merupakan dapur utama bagi mereka yang akan menyiapkan hidangan untuk berlebaran nanti.

Ketika dikonfirmasi apa pasal yang menyebabkan harga cabai ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi, para pedagang sendiri tidak tahu penyebab melonjaknya harga cabai. Selain cabai yang harganya meroket, bumbu dapur lain seperti tomat dan bawang, juga bumbu dapur lainnya hanya mengalami kenaikan harga Rp1.000 hingga Rp1.500 saja.
(Dyke Rumbayan/SUN TV/wdi)

Tatanan Senada untuk Kamar Mandi

Posted: 29 Aug 2011 12:23 AM PDT

Lifestyle » Griya » Tatanan Senada untuk Kamar Mandi
Senin, 29 Agustus 2011 - 14:23 wib

SALAH satu ruang yang wajib ada dalam tiap rumah adalah kamar mandi. Namun, bagaimana bila kamar mandi Anda juga didesain dengan nuansa tropis? Tentu akan semakin menyenangkan dan bisa menjadi sarana relaksasi setelah beraktivitas.

Mendesain kamar mandi yang sehat dan sesuai dengan gaya hunian tropis merupakan tantangan tersendiri. Desain kamar mandi yang sehat tentu bakal memudahkan aliran udara. Usahakan ruangan dibuat setengah terbuka. Sebab, dengan kamar mandi yang didesain setengah terbuka, akan memudahkan sinar matahari masuk ke dalam.

Biasanya ciri kamar mandi bergaya tropis adalah, terdapat ruang pemisah antara area kering dan basah, serta didesain lebih simpel. Lalu, seperti apa idealnya kamar mandi bergaya tropis?

"Untuk kamar mandi, pencahayaan dan penghawaan alami sangat penting. Tujuannya untuk menghindari ruang dari kelembapan sehingga kamar mandi menjadi sehat dan gampang dibersihkan," kata desainer interior Budi Pradono.

Pemandangan dari luar yang bisa terlihat dari dalam kamar mandi dapat memberikan perasaan rileks dan menyegarkan. Namun, untuk membuat nuansa seperti ini, Anda sebaiknya menambahkan sedikit pergola yang ditutup dengan tanaman merambat pada dinding kamar mandi. Dengan begitu, nuansa akrab dengan alam dapat Anda rasakan di dalam.

Untuk membuat kamar mandi bernuansa tropis,ada baiknya Anda memperhatikan beberapa elemen dasar dan aksesori pelengkapnya.Elemen dasar kamar mandi modern adalah shower, bathtub, kloset, dan wastafel. Fungsi utama sebuah shower adalah untuk membersihkan tubuh. Desain semburan dari airnya pun bermacam-macam.

Ada yang didesain agar semburan air terbentuk layaknya air hujan. Shower dengan model seperti ini sangat pas untuk melengkapi kamar mandi tropis Anda.

"Dari sisi peletakan, shower bisa ditaruh di dalam bathtub atau memiliki area sendiri. Bila ingin diletakkan sendiri, Anda dapat menambahkan tempat duduk dari bahan batu atau keramik," kata Budi.

Bathtub kamar mandi bernuansa tropis sebetulnya memiliki fungsi sebagai alat melakukan kegiatan berendam yang umumnya bertujuan untuk relaksasi. Intinya, pilihlah bathtub yang sesuai dengan desain kamar mandi Anda. Mungkin bentuk bathtub oval lebih pas dipadukan dengan kamar mandi tropis.

Selain itu, pilihlah bathtub dengan bahan yang mudah dibersihkan seperti resin, keramik, atau bahan marmer solid. Elemen berikutnya yang harus diperhatikan adalah wastafel. Bila space kamar mandi cukup luas, tidak ada salahnya untuk memasang dua wastafel sekaligus. Bahan dasar yang paling sering digunakan untuk wastafel adalah keramik dan stainless steel.

Namun, tak ada salahnya menggunakan wastafel yang terbuat dari bahan lain seperti kaca, marmer, atau jenis batu alam lain agar kamar mandi tampak segar dan unik, tapi tetap memiliki kesan tropis. Secara umum, aksesori pelengkap kamar mandi yang harus ada adalah cermin dan lemari, atau rak penyimpanan.

Rak penyimpanan dalam kamar mandi berfungsi untuk menyimpan handuk, sikat gigi, dan alat kosmetik atau alat yang berhubungan dengan ritual mandi. Cermin, rak penyimpan, dan wastafel bisa menjadi aksen desain yang menarik.

Selain itu, elemen tersebut juga dapat menjadi pembatas yang jelas antara area kering dan basah. Pembatasan ini sangat penting untuk desain kamar mandi bergaya tropis.

"Umumnya, area basah dalam kamar mandi bergaya tropis adalah shower dan bathtub.Anda sangat disarankan menggunakan kaca tahan embun atau batang bambu yang dipasang sejajar sebagai pemisah," sebut Budi.

(SINDO//nsa)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan