Sabtu, 2 Julai 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Harta Miliaran Dolar AS Ditemukan si Kuil India

Posted: 02 Jul 2011 07:53 PM PDT

New Delhi (ANTARA News/AFP) - Harta karun yang terdiri atas perhiasan dan perak emas, koin dan batu mulia yang dilaporkan bernilai miliaran dolar Amerika Serikat (AS) ditemukan di salah satu kuil Hindu di India selatan, kata beberapa pejabat setempat.

Barang berharga itu menurut perkiraan awal bernilai lebih dari 500 miliar rupee India (setara 11,2 miliar dolar AS), kata menteri utama Kerala K. Jayakumar, sehingga mencuatkan kuil tersebut ke dalam liga kuil paling kaya di India.

Ribuan kalung, koin dan batu berharga telah disimpan di sedikitnya lima makam bawah tanah di Kuil Stee Padmanabhaswamy, yang terkenal karena patungnya yang unik.

"Kami akan membuka salah satu kamar rahasia lain yang belum dibuka selama hampir 140 tahun," kata Jayakumar kepada AFP.

Nilai sesungguhnya harta karun tersebut hanya dapat dipastikan setelah semuanya diperiksa oleh departemen arkeologi, kata Jayakumar.

Kuil itu, yang didedikasikan untuk dewa Wishnu dalam agama Hindu, dibangun ratusan tahun lalu oleh Raja Travancore dan sumbangan dari pengikutnya telah disimpan di beberapa ruang di kuil tersebut sejak itu.

Satu kalung yang ditemukan Kamis (30/6) memiliki panjang enam meter. Ribuan koin emas juga telah ditemukan.

Sejak India memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1947, satu yayasan yang dikelola oleh keturunan keluarga raja Travancore telah menguasai kuil tersebut.

Tapi Mahkamah Agung India baru-baru ini mengeluarkan perintah agar kuil itu dikelola oleh negara guna menjamin keamanan semua barang berharga di tempat suci tersebut.

Setakat ini, kuil Thirupathy di negara bagian India selatan, Andhra Pradesh, diduga sebagai kuil paling kaya di India dengan sumbangan dari penganutnya bernilai 320 miliar rupee India.

Pengungkapan mengenai kekayaan luar biasa di kuil Padmanabhaswamy telah membuat polisi untuk memasang alarm dan kamera keamanan dengan kemampuan canggih.

Pemerintah juga berencana menempatkan pasukan keamanan untuk keamanan, kata Direktur Jenderal Kepolisian Kerala Jacob Punnose.

"Karena sekarang diketahui di seluruh dunia bahwa kuil Padmanabhaswamy memiliki perhiasan yang bernilai miliaran rupee, maka kami telah memutuskan untuk menempatkannya dalam pengamanan maksimal," kata Kepala Menteri Kerala Oommen Chandy kepada AFP.
(Uu.C003/A011)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Rakyat Thailand Beri Suara di Pemilu Penting

Posted: 02 Jul 2011 06:55 PM PDT

Yingluck Shinawatra, adik perempuan dari mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra mengangkat tangannya usai menggelar kampanye di Si Saket, Thailand, Rabu (29/6). (REUTERS/Adrees Latif)

Berita Terkait

Video

Bangkok (ANTARA News/AFP) - Rakyat Thailand melakukan pemungutan suara pada Ahad, dalam pemilihan umum (pemilu) dengan persaingan ketat yang dipandang penting bagi masa depan kerajaan yang secara politik terpecah-belah itu, setelah bertahun-tahun mengalami kebuntuan politik dan protes yang seringkali kali terjadi di jalan.

Pemungutan suara tersebut adalah uji utama pemilihan umum pertama bagi pemerintah sejak pertemuan terbuka besar-besaran oleh oposisi di ibu kota Thailand, Bangkok, pada tahun lalu memicu bentrokan bersaudara paling mematikan di negeri itu dalam beberapa dasawarsa, dan memukul industri penting pariwisatanya.

Pemungutan suara dimulai pukul 08.00 waktu setempat (08.00 WIB) dan ditutup pukul 15.00.

Lebih dari 170.000 polisi dikerahkan untuk melindungi tempat pemungutan suara bagi proses pemilihan umum, yang dapat mengantar kembalinya mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra dan sekutu politiknya.

Mantan jutawan itu, yang digulingkan dalam kudeta militer 2006 dan kini hidup di pengasingan, telah mendukung adik perempuannya untuk mencalonkan diri guna menggantikan dia.

Yingluck Shinawatra (44), wanita pengusaha yang dijagokan oleh banyak orang di Thailand untuk menjadi wanita perdana menteri pertama di Thailand, adalah pendatang baru di kancah politik yang digambarkan oleh Thaksin sebagai "kloning dirinya".

Jajak pendapat menunjukkan ibu satu anak itu memimpin dari calon Partai Demokrat, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva, yang berjuang menyelamatkan karir politiknya setelah kurang dari tiga tahun memangku jabatan.

Thaksin tetap menjadi tokoh yang mengundang perpecahan besar. Ia disayangi oleh jutaan pemilih di pedesaan, tapi dibenci oleh kalangan elit yang memerintah dan dicari dengan tuduhan terorisme sehubungan dengan protes 2010 oleh pendukungnya, kelompok "Baju Merah".

Lebih dari 90 orang, kebanyakan warga sipil, tewas dalam serangkaian bentrokan di jalan antara pemrotes, yang kebanyakan tak bersenjata, dan tentara yang menembakkan peluru aktif.

Lawannya, partai Puea Thai telah mengusulkan pengampunan buat politisi yang sudah divonis bersalah jika partai itu menang sebagai tindakan yang tampaknya bertujuan membawa Thaksin pulang, tempat ia menghadapi hukuman penjara karena korupsi. Hukuman tersebut diputuskan tanpa kehadirannya (in absentia).

Namun, banyak orang ratu elit yang berpusat di Bangkok dalam pemerintah, militer dan lingkaran istana akan mengizinkan orang yang pernah menjadi pemilik klub sepak bolah Manchester City itu akan pulang sebagai orang bebas.

Jika Thaksin berusaha pulang, maka militer mungkin "melancarkan serangan balik", kata akademisi Thailand Pavin Chachavalpongpun, dari Institut Kajian Asia Tenggara di Singapura.

"Jika ia menginjakkan kaki di Thailand, maka militer dapat menuduh dia pulang dan berusaha menciptakan perpecahan di kalangan rakyat Thailand," katanya menambahkan.
(Uu.C003/A011)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan