Rabu, 27 Julai 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Andeas Raharso Terpilih Jadi Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional

Posted: 27 Jul 2011 06:45 PM PDT

Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia, Dr.Andreas Raharjo. (Istimewa)

Berita Terkait

Video

London (ANTARA News) - Dr. Andreas Raharso, Direktur Hay Group Global Research Center for Strategy Execution, di Singapura, terpilih melalui musyawarah dan mufakat menjadi Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) periode 2011-2013 pada Musyawarah Internasional (MUIN) II I-4 yang dilaksanakan di dunia maya dipandu Abdullah Abbas, di Malaysia.

Ketua Panitia Musyawarah Internasional Ke-2 I4, Victoria Lelu Sabon di Rusia melalui surat elektronik yang diterima Antara London, Kamis mengatakan musyawarah berlangsung dengan menggunakan fasilitas webinar dan e-voting, diikuti secara serentak para ilmuwan Indonesia di lebih dari 20 negara dan dipandu dari Malaysia.

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 40 orang ilmuwan Indonesia dari seluruh dunia dan 20 orang mahasiswa Indonesia di berbagai negara yang tergabung dalam Tim Garuda I-4, juga memilih Dr. Taruna Ikrar, Leader Project Scientist di School of Medicine - University of California at Irvine, Amerika Serikat sebagai Wakil Ketua dari unsur luar negeri.

Victoria Lelu Sabon menyebutkan MUIN II I-4 dibuka secara resmi Wakil Mendiknas RI Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D., Prof. Yohanes Surya dan Dr. Anies Baswedan turut memberikan sambutan dalam acara MUIN II I-4 2011 yang dilanjutkan dengan pemaparan laporan pertanggungjawaban Pengurus I-4 periode 2009-2011 yang secara aklamasi diterima seluruh peserta.

Salah satu agenda utama MUIN II I-4 lainnnya yang berhasil dirampungkan adalah penyempurnaan dan pengesahan beberapa pasal di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Ketua presidium pimpinan sidang, Dr. Fadlolan Musyaffa, mengatakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga hasil amandemen tersebut diharapkan mampu mewujudkan I-4 sebagai organisasi yang lebih baik, fleksibel dan akomodatif.

Teuku Reiza Yuanda, selaku koordinator tim ad-hoc untuk transisi kepengurusan, menambahkan bahwa secara jangka panjang I-4 diharapkan dapat menerapkan efisiensi dan efektivitas di dalam perancangan rencana strategis dan pelaksanaan program kerja yang sejalan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga I-4.

Dalam sambutan pelantikannya, Dr. Andreas Raharso mengutarakan bahwa yang menjadi kekuatan utama Indonesia juga menjadi kelemahan utama Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam dan juga sumber daya manusia berkualitas yang tersebar di seluruh dunia.

Namun potensi-potensi tersebut belum mampu dimanfaatkan secara optimal sebagai nilai tambah untuk peningkatan kesejahteraan bangsa. Ia berpendapat bahwa para ilmuwan Indonesia di seluruh dunia memainkan peranan penting untuk dapat mengoptimalkan potensi-potensi tersebut dengan bersinergi dan meningkatkan konektivitas di antara sesamanya.

Dr. Andreas Raharso merupakan orang asia pertama yang memegang jabatan sebagai Kepala Riset Global di Hay Group sejak didirikan tahun 1946. Hal ini merupakan hal yang langka karena The Hay Group Global sangat didominasi orang barat, bahkan jabatan lokal seperti General Manager di Indonesia.

The Hay Group Global merupakan perusahaan konsultan manajemen global yang bekerja dengan para pemimpin untuk mengubah strategi menjadi kenyataan mempunyai banyak klien dari The Hay Group Global adalah para pemimpin negara, antara lain kantor Perdana Menteri Inggris dan Jepang, Kantor Presiden Perancis, Rusia dan Amerika.

Terakhir The Hay Group Global membantu kantor Presiden Obama untuk para menteri dan staff gedung putih. Andreas Raharso mendapatkan gelar doktor pada tahun 2007 dari Universitas Indonesia dengan konsentrasi bidang Management.

Dr. Andreas Raharso juga merupakan pembicara di berbagai forum internasional, dan telah memberikan keynote speaker di Boston University, MIT dan juga Google,serta beberapa forum‐ forum internasional yang lain.

(ZG)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Tiga Meter

Posted: 27 Jul 2011 06:25 PM PDT

Perairan Enggano (FOTO Antara/Basrul Haq/wt)

Pada peringatan dini BMKG Bengkulu menyebutkan, gelombang laut dengan tinggi berkisar antara tiga hingga empat meter berpeluang terjadi di perairan Barat Lampung hingga Selatan Banten.

Berita Terkait

Video

Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengingatkan kepada nelayan bahwa gelombang laut di perairan Bengkulu, Enggano dan Samudra Hindia Barat Bengkulu tingginya berkisar 1,8 hingga tiga meter.

Gelombang laut tinggi tiga meter itu juga berpeluang hingga Barat Lampung dan Selatan Sunda, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Kamis.

Angin di wilayah perairan Bengkulu berpeluang bertiup dari Timur hingga Selatan dengan kecepatan antara 03-20 knots, sedangkan angin di perairan Enggano dari arah sama dengan kecepatan berkisar 05-20 knots.

Sedangkan angin di Samudra Hindia Barat Bengkulu bertiup dari arah Tenggara Hingga selatan dengan kecepatan antara 05-25 knots, dengan cuaca berpeluang berawan, ujarnya.

Pada peringatan dini BMKG Bengkulu menyebutkan, gelombang laut dengan tinggi berkisar antara tiga hingga empat meter berpeluang terjadi di perairan Barat Lampung hingga Selatan Banten.

Dari analisa pantauan citra satelit cuaca terlihat peluang pertumbuhan awan dan hujan kadang disertai Guntur di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Perairan Aceh dan Samudera Hindia Utara Barat Aceh.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Selatan dengan kecepatan rata-rata 32 kilometr perjam atau sekitar antara 03 - 18 knots.

Mengenai cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan dari sepuluh daerah tingkat dua ada enam kabupaten /kota terjadi berawan antara lain Bengkulu Utara,Bengkulu Tengah, Kabupaten Kaur dan Kota Bengkulu, dengan suhu udara antara 23-32 derjat celcius dan kelembabannya antara 58-95 persen.

Sedangkan pada empat Kabupaten antara lain Kabupaten Mukomuko, Rejang Lebong dan Lebong berpotensi berawan, namun berpeluang turun hujan ringan pada sore dan malam hari, suhu udaranya berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembabannya antara 60-96 persen.

Seorang nelayan Bengkulu Rahmat mengatakan, dengan peringatan BMKG itu pihaknya hanya melakukan penangkapan sektar tiga mil dari pantai karena untuk mencari nafkah sebagai sangu menjelang bulan puasa.

"Kami tetap turun melaut pak karena persediaan bahan pokok di rumah sangat tergantung dengan hasil melaut setiap hari," tuturnya.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan