Khamis, 16 Jun 2011

Republika Online

Republika Online


Posisi Tidur Ibu Hamil Berpengaruh pada Keselamatan Bayi Saat Persalinan?

Posted: 16 Jun 2011 01:00 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, AUCKLAND - Ibu hamil, berhati-hatilah dengan posisi tidurnya. Sebuah studi di Selandia Baru menyarankan, untuk mengurangi risiko bayi lahir mati, ibu hamil disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri.

Para peneliti  mengatakan bahwa bumil tidak perlu khawatir karena risikonya masih sangat kecil. Kemungkinan bayi lahir mati dari ibu yang tidur tak miring ke kiri 3,93 per 1.000. Angka menurun menjadi 1,96 per 1.000 ibu yang tidur dalam posisi mirik kiri.

Sebuah hubungan yang signifikan juga ditemukan antara tidur teratur pada siang hari, atau tidur lebih lama  di malam hari.

Tomasina Stacey dari Departemen Obstetri dan Ginekologi di University of Auckland, mengatakan aliran darah ke bayi dapat menjelaskan keterkaitan tersebut.

"Ini hipotesis baru dan berarti kita harus mulai melihat masalah ini lebih dekat. Ini benar-benar titik awal untuk penelitian masa depan, " kata Stacey. Hasil penelitiannya telah diterbitkan di British Medical Journal (BMJ).

Jika temuan itu teruji benar, maka ditemukan cara yang sederhana, murah dan alami untuk mengurangi jumlah bayi lahir mati, katanya. "Ini adalah sesuatu yang sangat mudah dimodifikasi. Anda tidak perlu mengambil obat dan tidak ada efek samping. "

Serangkaian penelitian yang dipimpin oleh peneliti dari Organisasi Kesehatan Dunia dan diterbitkan awal tahun ini menemukan bahwa lebih dari 2,6 juta persalinan diakhiri dengan kematian bayi. Ini berarti bahwa setiap hari lebih dari 7.200 bayi lahir mati.

Tim Stacey mewawancarai 155 perempuan di Auckland yang melahirkan  bayi lahir mati antara Juli 2006 dan Juni 2009 ketika mereka setidaknya hamil 28 minggu. Para wanita ini dibandingkan dengan kelompok kontrol 310 wanita dengan kehamilan yang sedang berlangsung.

Para wanita ditanya pertanyaan rinci tentang posisi tidur mereka. Mereka juga ditanya tentang mendengkur, kantuk di siang hari, dan apakah mereka secara teratur tidur di siang hari pada bulan terakhir kehamilan, durasi tidur mereka di malam hari, dan berapa kali mereka bangun ke toilet di malam hari.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara mendengkur atau kantuk siang hari  dan risiko lahir mati. Tetapi hubungan yang signifikan ditemukan antara tidur siang, atau tidur lebih lama  di malam hari dan kematian bayi.

Wanita yang tidur di punggung mereka atau di sisi kanan mereka pada malam terakhir kehamilan juga lebih mungkin untuk mengalami kelahiran mati.

Lucy Chappell, pakar kebidanan dari King College London, mengatakan "intervensi sederhana yang mengurangi risiko bayi lahir mati bisa diterima."

Tapi dia mengatakan hasilnya harus ditafsirkan dengan hati-hati sampai banyak penelitian lanjutan dilakukan.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Resep Fatmah Bahalwan: Cari Menu Sarapan Pagi? Nasi Goreng Teri Medan Saja...

Posted: 16 Jun 2011 11:00 AM PDT

Warnanya kuning tapi bukan nasi kuning, ini nasi goreng lho! Enak  rasanya, apalagi ada teri Medan-nya yang membuat aroma bertambah sedap.
 
Bahan:

2 piring  nasi putih pera (tidak lembek)
4 sdm   minyak goreng
1 ruas  kunyit
3 bh    bawang putih
2 bh    bawang merah
¼  sdt  lada halus
1 sdm   minyak wijen
50 gr   teri medan goreng
100 gr  mixed vegetable
½ bh    bawang Bombay, iris tipis
1 sdt   gram
1 sdt   chicken powder
 
Cara membuatnya:

  1.     Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit. Sisihkan.
  2.     Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan bawang Bombay, tumis terus hingga layu, masukkan mixed vegetable, aduk-aduk.
  3.     Masukkan nasi putih, garam, chicken powder, aduk rata. Terakhir masukkan teri medan goreng dan minyak wijen. Aduk rata. Angkat. Sajikan.

Halaman ini kerja sama Republika Online dengan Natural Cooking Club 

Resep di blog Anda ingin tampil di sini? Silakan kirim link-nya ke alamat emailhikmah@rol.republika.co.id

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan