Sabtu, 18 Jun 2011

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Polisi Periksa 3 Orang Terduga Pengirim

Posted: 18 Jun 2011 03:47 PM PDT

Paket Bom Meledak di Lubuk Linggau

Polisi Periksa 3 Orang Terduga Pengirim

Sandro Gatra | Agus Mulyadi | Sabtu, 18 Juni 2011 | 22:47 WIB

SHUTTERSTOCK

ilustrasi

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com — Polri sedang memeriksa tiga orang yang diduga kuat sebagai pengirim paket bom ke toko swalayan SM di Jalan Yos Sudarso, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Sabtu (18/6/2011). Ketiganya diperiksa di Markas Polda Sumatera Selatan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar menyampaikan hal itu kepada Kompas.com, Sabtu malam.

Seperti diberitakan, paket untuk Hindra Sumarjono, pemilik toko swalayan SM, meledak pada pukul 09.25 WIB. Awalnya, paket itu diterima oleh satpam swalayan pada Jumat (17/6/2011) sekitar pukul 17.12 WIB. Paket itu lalu disimpan di ruang informasi lantaran Hindra sedang tak ada di toko.

Pada Sabtu pagi paket diserahkan kepada Hindra. Setelah paket berukuran 15 sentimeter x 20 sentimeter itu dibuka, bom berdaya ledak rendah langsung meledak. Akibatnya, Hindra mengalami luka-luka. Dalam paket itu juga ditemukan rangkaian bom yang belum meledak.

Setelah kejadian, Mabes Polri mengirimkan tim Densus 88 Antiteror untuk menyelidiki kasus itu karena diduga kuat dilakukan oleh teroris.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Karnaval Nasional Meriahkan Pembukaan

Posted: 18 Jun 2011 02:14 PM PDT

SENTANI, KOMPAS.com — Ratusan warga termasuk paguyuban di Kabupaten Jayapura, Papua, ikut mewarnai pembukaan Festival Danau Sentani (FDS) ke-4 tahun 2011 dalam karnaval nasional di daerah itu, Sabtu (18/6/2011).

Karnaval nusantara dimulai pada pukul 10.30 hingga pukul 14.00 WIT, dengan titik start dari Lapangan Upacara Bupati Jayapura di Gunung Merah Sentani, menuju ke Kota Jayapura, dan berakhir di PTC Entrop.

Karnaval yang diikuti seluruh paguyuban di Kabupaten/Kota Jayapura dilepas oleh Wakil Bupati Jayapura Zadrak Wamebu, SH, MM, dan diterima oleh Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae, SSos, MM.

Dari masing-masing paguyuban, baik dari luar Papua maupun di Papua sendiri yang turut serta dalam pagelaran, menampilkan budaya tradisional, dan mengenakan busana daerah masing-masing.

Setelah sampai di PTC Entrop, masing-masing paguyuban menampilkan tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah. Bahkan, pada akhir kegiatan seluruh paguyuban menjadi satu dan menampilkan tari-tarian masing-masing, tetapi tetap terlihat kompak.

Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae, SSos, M, pada kesempatan itu mengatakan, penyelenggaraan karnaval nusantara dalam pelaksanaan Festival Danau Sentani adalah sebagai atraksi arak-arakan seni budaya, juga dimaksudkan untuk memelihara identitas dan membangun kekhasan seni budaya masing-masing daerah di Tanah Air.

"Ini adalah bukti pemeliharaan persatuan dan kesatuan di antara sesama suku, ras, agama. Nasionalisme yang sangat kental terjalin di antara sesama," katanya.

Festival Danau Sentani Ke-4 tahun 2011 yang akan dimulai pada hari Minggu (19/6/2011) mengusung tema "Love Pece and Harmony" (cinta kasih, damai, dan rukun).

Tiga agenda pokok FDS, selain karnaval nusantara, di antaranya pagelaran budaya, pameran, dan tur wisata.   

Sumber: ANTARA

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan