Sabtu, 12 Februari 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Musisi Minta Pemerintah Tegakkan Regulasi Hak Cipta

Posted: 12 Feb 2011 06:19 AM PST

Bandarlampung (ANTARA News) - Musisi senior Adi Adrian meminta pemerintah menegakkan penuh regulasi hak cipta dan karya intelektual, sekaligus aktif mengampanyekan untuk tidak membeli dan mengunduh musik secara ilegal kepada masyarakat.

"Keberadaan Undang-undang hak cipta di Indonesia sebenarnya sudah cukup kuat dan lengkap, hanya sayangnya tidak dimaksimalkan dalam pengaplikasiannya," kata dia di Bandarlampung, Sabtu.

Menurut salah satu personel KLA Project itu, aplikasi dalam melaksanakan dan menjalankan undang-undang tersebut harus lebih kongkret dan jelas, demi instagnanisasi musik Indonesia.

"Undang-undangnya sudah ada cuma sayangnya tidak diikuti dengan turunannya seperti peraturan menteri untuk kepentingan teknis pelaksanaan," kata dia.

Menurut dia, apabila hal tersebut tidak segera dilakukan, maka lambat laun industri musik di Indonesia akan kehilangan gairah, bahkan mati.

"Indikasinya sudah semakin terlihat saat ini, banyak toko kaset dan CD yang tutup dan beralihusaha," kata dia.

Sementara itu, dia melanjutkan, para musisi dapat membantu upaya pemerintah itu dengan mengkampanyekan tidak membeli musik secara ilegal, melalui album atau mengunduh, kepada para penggemarnya.

"Masyarakat juga perlu dididik bahwa mendapatkan karya musik secara ilegal itu sama saja dengan mencuri," kata dia.

Salah satu faktor penyebab masyarakat gemar membeli produk bajakan, kata dia, selain karena mudah didapat, juga tidak teredukasinya mereka tentang bagaimana sebaiknya membeli musik legal dan benar.

"Jadi melawan pembajakan harus bahu membahu dan sinergis antara musisi dan pemerintah," kata dia.(*)

(T.AH*H009/Z009)

Editor: Ruslan
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Habibie Berbagi Tips Keharmonisan Rumah Tangga

Posted: 12 Feb 2011 04:01 AM PST

Mantan Presiden BJ Habibie (ANTARA)

Berita Terkait

Makassar (ANTARA News) - Mantan Presiden RI Baharuddin Jusuf Habibie berbagi tips keharmonisan rumah tangga dan sejumlah pengalaman hidupnya di Makassar, Sabtu.

Salah satu, rahasia keharmonisan keluarganya bersama almarhumah istrinya Ainun Habibie adalah bentuk-bentuk kepedulian kecil yang diberikan melalui pertanyaan-pertanyaan menjelang tidur.

Seperti mengingatkan apakah sudah mendirikan shalat. "Jika sudah mendirikan shalat, ibu akan menanyakan apakah saya perlu shalat tahajud," ujarnya pada acara bincang-bincang mengulas buku Habibie dan Ainun.

Bentuk-bentuk kepedulian kecil yang diberikan kepada Habibie dari Ainun lainnya adalah mengingatkan tentang makanan atau obat yang harus diminum.

Menurutnya, bentuk-bentuk kepedulian tersebut terus dilakukan bahkan dalam keadaan sakit, saat almarhumah di ruang perawatan intensif.

Meski demikian, Habibie meyakinkan kepada ratusan peserta diskusi yang didominasi perempuan bahwa kehidupan rumah tangganya juga diwarnai dengan bumbu-bumbu pertengkaran karena bentuk kepedulian-kepedulian tadi.

"Memangnya kamu superman," kata Habibie menirukan ucapan almarhum istrinya jika bekerja ia terlalu asyik bekerja hingga larut malam.

Rahasia kehamonisan lain yang ia ungkapkan adalah dalam hubungannya dengan almahumah adalah menjaga kemurnian dengan tidak menyimpan satupun rahasia, seberat apapun yang dihadapi.

Ia meyakini, kesuksesan yang berhasil diraihnya adalah karena cinta dan tidak berlebih-lebihan jika ia juga mengatakan apapun karyanya bukanlah karyanya sendiri.

Tidak hanya terkait hubungan antara suami istri, Habibie juga dengan terbuka berbagi pengalaman rahasia pengalaman profesionalnya, salah satunya adalah jangan terlalu banyak berjanji kepada orang.

"Jangan banyak janji, laksanakan dulu satu janji," katanya.

Kegiatan tersebut juga diikuti Gubernur Provinsi Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta sejumlah budayawan dan akademisi.

Setelah kegiatan diskusi tersebut, Habibie kemudian melanjutkan kegiatan sosialisasi peluncuran buku di toko buku Gramedia di Mal Panakukang, Makassar.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan