Ahad, 2 Januari 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Korut Tetap Menuntut Bantuan Kemanusiaan dari Korsel

Posted: 02 Jan 2011 04:03 AM PST

PYONGYANG - Korea Utara (Korut) kelihatannya akan tetap meminta Korea Selatan (Korsel) memberikan bantuan kemanusiaan terhadap rakyat di negeri mereka.

Indikasi itu terlihat dari sikap Korut yang menyerukan diadakannya perundingan antara kedua pihak, dalam pernyataan tahun barunya.

Keraguan muncul karena sikap ini ditunjukkan Korut di tengah tensi memanas setelah Korut melakukan serangan terhadap Pulau Yeonpyeong milik Korsel dua bulan lalu.

Kementerian Unifikasi Korsel juga memperingatkan Pyongyang sepertinya masih akan melakukan tindakan agresifnya ke Korsel.

Sikap Korut ini diperkirakan bertujuan merangkul kembali kelompok-kelompok di dalam negerinya yang sempat dikecewakan oleh pemerintah konservatif mereka.

Dalam pesan Tahun Baru yang dirilis melalui kantor berita resmi Korsel KCNA, pihak kementerian mengatakan banyak pihak melihat hubungan yang memburuk di antara dua Korea sebagai kesalahan pihak kementerian.
Memburuknya hubungan ini berimbas pada program-program kemanusiaan terhadap Korut tahun lalu.

Untuk mendapatkan bantuan pangan dan bibit tanaman, Korut tahun lalu telah menyetujui rencana reuni singkat antara keluarga yang terpisah di dua negara semenanjung ini.

Namun rencana tersebut berantakan setelah serangan 23 November lalu. Korsel menghentikan pasokan bantuan ke negara saudara sekaligus rivalnya itu.(fmh)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Salah Satu Wanita Tertua di Dunia Tutup Usia

Posted: 02 Jan 2011 02:33 AM PST

FLORIDA - Wanita yang tercatat sebagai penduduk tertua di Florida, bahkan di dunia, meninggal dalam usia 112 tahun. Menurut sebuah kelompok peneliti, wanita ini masuk dalam salah satu dari 25 orang tertua di dunia.

Seperti dilansir Associated Press pada Minggu (2/1/2011), wanita bernama Onie Ponder ini meninggal pada hari terakhir tahun 2010. Putranya, Carswell Ponder mengatakan ibunya meninggal setelah sempat menderita pneumonia.

Mengacu pada Kelompok Peneliti Gerontologia (ilmu yang mempelajari usia lanjut) yang berbasis di Los Angeles, Onie Ponder adalah orang tertua di Florida. Dirinya juga masuk dalam kelompok 25 orang tertua di dunia. Dia dilahirkan pada 3 September 1898.

Dia sempat ditanyai mengenai rahasia berumur panjang dalam ulang tahun terakhirnya September lalu. "Pasti ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Dia memperlakukan saya dengan sangat baik," begitu jawab Ponder.

Carswell Ponder mengatakan, ibunya telah melakukan banyak aktivitas sepanjang hidupnya. Onie masih suka membaca buku dan mendengarkan radio, bahkan setelah penglihatannya mulai kabur.(fmh)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan