Ahad, 2 Januari 2011

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Iran Klaim Jatuhkan Dua Pesawat AS

Posted: 03 Jan 2011 03:26 AM PST

Iran Klaim Jatuhkan Dua Pesawat AS

Senin, 3 Januari 2011 | 11:26 WIB

AP

Militer AS dan CIA secara teratur menggunakan pesawat tak berawak untuk melancarkan serangan rudal di Afganistan dan wilayah di sabuk suku tanpa hukum di Pakistan

TERKAIT:

TEHERAN, KOMPAS.com — Iran mengklaim telah menembak jatuh dua pesawat pengintai tanpa awak Amerika Serikat (AS) di Teluk. Serangan pesawat tanpa awak (drone), menurut pihak AS, berdampak signifikan pada kemampuan Al Qaeda di Pakistan dalam melancarkan aksi terorisme.

Amir Ali Hajizadeh, kepala angkatan udara Korps Garda Pengawal Revolusi Islam, Iran, mengatakan, dua pesawat itu telah terlibat dalam "pelanggaran wilayah kita". "Di Teluk Persia, kami telah menjatuhkan dua pesawat mereka dan ini pertama kalinya kami menyampaikan hal itu," katanya sebagaimana dikutip Telegraph, Senin (3/1/2011).

Hajizadeh juga menyombongkan diri dengan menyatakan bahwa semua pangkalan "musuh" di wilayah itu berada dalam jangkauan rudal Iran. Ia mengatakan, walaupun kapal induk dikerahkan di kawasan tersebut, hal itu tidak lagi menjadi ancaman bagi Iran. "Ada suatu masa ketika sebuah kapal induk merupakan sesuatu yang diandalkan dan ketika mereka mengatakan kepada sebuah negara bahwa kapal perang ini sedang bergerak menuju pantai Anda, pemerintah negara (yang dituju) itu akan tunduk," kata Hajizadeh.

"Tetapi sekarang, ini menjadi ancaman bagi mereka. Kita telah mengendalikan sepenuhnya musuh kita. Kita memerhatikan apa pun perubahan yang terjadi di pantai kita. Ketika mereka terus waspada di kapal perang atau saat mereka memakai pelampung untuk meluncurkan kapal di laut, kami menyadari hal itu."

Armada kelima angkatan laut AS berbasis di Bahrain, tepat di seberang pantai Iran. Para komandan Iran telah berulang kali mengancam akan memblokir navigasi melalui Selat Hormuz yang strategis, yang menghubungkan kawasan Teluk dengan Samudra India, jika negara itu diserang.

Sebanyak 60 persen pasokan minyak dunia melewati Selat Hormuz.

Militer AS dan CIA secara teratur menggunakan pesawat tak berawak untuk melancarkan serangan rudal di Afganistan dan wilayah di sabuk suku tanpa hukum di Pakistan, tetapi umumnya serangan semacam itu tidak dikonfirmasi. Serangan pesawat tak berawak sangat tidak populer di masyarakat Pakistan, tetapi Amerika Serikat mengatakan, serangan itu telah membunuh sejumlah sasaran militer bernilai tinggi.

Penulis: Egidius Patnistik   |   Editor: Egidius Patnistik Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Jatuh di Air Terjun, Bocah Ini Selamat

Posted: 03 Jan 2011 02:44 AM PST

AUSTRALIA

Jatuh di Air Terjun, Bocah Ini Selamat

Senin, 3 Januari 2011 | 10:44 WIB

KOMPAS/ANDY RIZA HIDAYAT

Ilustrasi

MELBOURNE, KOMPAS.com - Bocah sembilan tahun selamat meski ia terseret air dan jatuh dari air terjun setinggi 20 meter di pedalaman Gold Coast, Australia. Bocah lelaki tersebut dilaporkan jatuh di air terjun di Cedar Creek Falls di Tamborine State Forest, sekitar pukul 13.30 waktu setempat, Minggu (2/1).

Warga Selandia Baru itu, yang sedang berlibur di Queensland, menderita luka ringan di kepala dan lecet serta memar di wajah serta lengannya. Dokter layanan-terbang Harley Friesich mengatakan dalam satu pernyataan, "ia sangat terkejut saat melihat kondisi anak lelaki itu setelah terjerumus dari ketinggian 20 meter dengan cuma menderita luka ringan".

Awak keadaan darurat membawa bocah lelaki tersebut dengan menggunakan tandu ke atas air terjun sebelum ia diterbangkan ke Gold Coast Hospital dalam kondisi stabil. Polisi telah menegaskan, anak lelaki tersebut tak melakukan tindakan salah tapi mereka telah mendesak orang agar menjauhi air terjun pada saat ini sebab terjadi penambahan air di sungai dan anak sungai, yang membuat keadaan jadi lebih berbahaya.

ANT, AAP, OANA

Sumber :

Editor: Egidius Patnistik Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan