Isnin, 3 Januari 2011

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Agro Anggrek Hantam Kendaraan, Satu Tewas

Posted: 03 Jan 2011 06:54 AM PST

Tegal (ANTARA News) - Kecelakaan Kereta Api Agro Anggrek menabrak sepeda motor G 6084 HP di perlintasan palang pintu Kelurahan Debong, Kota Tegal, Senin pukul 14.20 WIB, mengakibatkan seorang korban tewas dan satu lainnya dalam kondisi kritis.

Korban tewas, yaitu Sodik, warga Desa Dukuh Turi, Kabupaten Tegal, sedangkan korban luka berat, Warji (51), warga Langon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, saat ini masih mendapatkan perawatan intensif di RSU Harapan Anda.

Hendi, seorang saksi mengatakan kecelakaan tersebut berawal saat kedua korban yang mengendarai sepeda motor Yamaha Jupiter G 6084 HP dari arah selatan menuju utara melintas diperlintasan rel kereta api Desa Gebong.

Diduga karena palang pintu perlintasan tidak ditutup oleh petugas, kedua korban pun tidak menduga ada KA Agro Anggrek dari arah timur menuju barat melintas di perlintasan rel KA tersebut sehingga tabrakan pun tidak dapat dihindari.

"Saat kejadian, korban terpental sekitar sepuluh meter dari lokasi kejadian. Namun, saat ditolong warga, seorang korban telah tewas dan satu lainnya mengalami luka cukup parah sehingga dilarikan ke rumah sakit," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Kota Tegal, Kalinggan Rendra mengatakan saat ini polisi masih menyelidiki kasus itu dan mengamankan penjaga palang pintu KA.

"Saat ini, penjaga palang pintu sudah kami amankan untuk dimintai keterangannya karena ada informasi jika saat kejadian palang pintu perlintasan KA tidak ditutup," katanya.(*)
(U.KR-KTD/M028/R009)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Lahar Dingin Tutup Jalur Magelang-Yogyakarta

Posted: 03 Jan 2011 06:44 AM PST

Magelang (ANTARA News) - Banjir lahar dingin Gunung Merapi di Sungai Putih di Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin malam meluap mengakibatkan jalur utama Magelang-Yogyakarta ditutup total untuk semua jenis kendaraan.

Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, kendaraan dari arah Magelang dialihkan melalui Ngluwar, terutama untuk kendaraan roda dua dan kendaraan kecil, sedangkan truk besar terlihat antre di jalur itu, dan beberapa di antaranya memilih balik arah.

Lahar dingin terlihat meluap di Pasar Desa Jumoyo dengan ketinggian lumpur lebih dari 50 sentimeter. Badan jalan yang terendam lahar dingin sepanjang kurang lebih 300 meter, yakni dari Pasar Jumoyo hingga Sungai Cumprit di sebelah barat Sungai Putih.

Aliran lahar dingin selain membawa material berupa pasir dan batu juga menghanyutkan beberapa batang pohon, bahkan beberapa pohon kelapa terlihat terbawa arus air melintas di badan jalan raya.

Anggota SAR Magelang, Burhan mengatakan, akibat hujan di puncak Merapi mengakibatkan banjir lahar dingin di sejumlah sungai yang berhulu di Merapi, antara lain Sungai Lamat, Sungai Pabelan, Sungai Blongkeng, dan Sungai Putih.

Ia mengatakan banjir lahar dingin di Sungai Putih terjadi mulai pukul 18.00 WIB, dan Jembatan Gempol, Desa Jumoyo ditutup untuk arus kendaraan mulai sekitar pukul 18.30 WIB karena aliran lahar dingin mulai meluap.

Sekitar pukul 20.25 WIB masyarakat yang berkerumun menyaksikan banjir lahar di sebelah barat Jembatan Gempol dibubarkan dan kendaraan yang ada diminta balik arah oleh polisi karena banjir yang meluap ke jalan raya bertambah besar.

Kasat Lantas Polres Magelang AKP R Widiyanto mengatakan terpaksa jalur tersebut ditutup untuk arus kendaraan karena cukup membahayakan.

Ia mengatakan kalau banjir sudah berhenti maka akan dikerahkan alat berat untuk menyingkirkan material yang menutup jalan agar jalur utama Magelang-Yogyakarta segera normal kembali.(*)

(U.H018/M008/R009)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan