Ahad, 16 Januari 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Album "Andai Aku Gayus" Diproduseri Timses Anggota DPD

Posted: 16 Jan 2011 06:34 AM PST

Gorontalo (ANTARA News) - Album karya Bona Paputungan (32), dengan salah satu lagu berjudul `Andai Aku Gayus` yang menarik perhatian masyarakat luas, ternyata diproduseri oleh sebuah tim sukses anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI utusan Gorontalo, Elnino M.Hussein Mohi.

Tim sukses inilah, yang juga mempersiapkan semua kebutuhan Bona selama membuat seluruh video klip untuk sepuluh lagu dalam album yang bertajuk `Kisah Nyata Narapidana` tersebut.

"Pembuatan video klip lainnya, kini masih dalam proses persiapan ," ungkap Thariq Modanggu, ketua Tim sukses Elnino M.Hussein Mohi, Minggu.

Selain lagu bertajuk `Andai Aku Gayus`, lagu andalan lainnya yang diandalkan dalam album tersebut, antara lain, Markus, Maafkan Aku Istriku, Cobaan Hidup, dan Demi Kehidupan.

Seluruh lagu itu merupakan hasil permenungan Bona selama dia menjalani masa tahanan, karena tersangkut kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga, sejak 11 Maret 2010 hingga 5 Januari 2011 .

Thoriq mengungkapkan, sedianya album `Kisah Nyata Narapidana` ini, baru akan diluncurkan pada tanggal 23 Januari 2011 nanti, bertepatan dengan peringatan hari patriotik rakyat Gorontalo.

Namun lagu `Andai aku Gayus`, malah keburu meledak setelah ada orang yang mengunggahnya di Youtube, katanya.(*)
(T.KR-SHS/J006/R009)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Rumah Bambu Membawa Jatnika ke Mancanegara

Posted: 16 Jan 2011 05:04 AM PST

Minggu, 16 Januari 2011 20:04 WIB | Hiburan | Seni/Teater/Budaya | Dibaca 314 kali

Jakarta (ANTARA News) - Bambu yang identik dengan kemiskinan tidak disangka mampu membawa Jatnika, pria asal Desa Cikidang, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat melanglang ke berbagai negara.

Dari kelihaian tangannya, bambu yang sering dipandang sebelah mata oleh segelintir orang mampu disulap menjadi berbagai barang yang bernilai seni tinggi seperti alat musik, perabotan hingga rumah bambu khas Jawa Barat.

Rumah bambu inilah yang membawa ayah enam anak ini ke Malaysia, Brunei Darussalam hingga Dubai. Sementara berbagai kerajinan seperti perabot dari bambu juga diekspor hingga ke Spanyol dan Taiwan.

Berbekal ilmu seni Karawitan Parahyangan dan kerajinan bambu sejak masih kanak-kanak yang didapat turun-temurun dari orang tuanyalah, maka Jatnika mampu menghasilkan arsitektur rumah yang berkelas dan diminati warga asing.

"Pelajaran arsitektur rumah bambu saya dapat dari orang tua secara turun-temurun, bukan di Institut Teknologi Bandung (ITB) atau universitas lainnya," kata pria yang hanya mengecap pendidikan dasar itu.

Dengan pengolahan yang tepat dimulai dari penebangan batang bambu hingga perendaman dengan resep rahasia agar bambu lebih awet, rumah bambu mampu bertahan hingga 30 tahun.

Rumah bambu semakin diminati karena banyak keunggulan yaitu bahannya mudah didapat dan bambu bisa bertahan hingga lebih 20 tahun. Di samping itu konstruksinya kokoh tahan gempa dan karakteristiknya menarik.

Sebanyak 3.500 unit rumah bambu sudah dibuat bersama pengrajin bambu lainnya antara lain rumah kebun di Bogor, rumah peristirahatan di Puncak, Pelabuhan Ratu bahkan Malaysia, rumah makan di Jakarta, rumah tinggal, landscape, gasebo, masjid bambu, mushalla dan lainnya.

Dari bambu tersebut, Jatnika berhasil menyekolahkan ke enam anaknya bahkan dua di antaranya hingga ke perguruan tinggi.

Selain menjadi pengrajin bambu, Jatnika juga dipercaya sebagai Ketua Harian Yayasan Bambu Indonesia, yang didirikan sejak 1994 oleh mantan wakil presiden Try Sutrisno.

Dengan yayasan yang dipimpinnya, Jatnika berupaya untuk melestarikan tanaman bambu yang saat ini beberapa jenis bambu endemik mulai sulit ditemukan.

Dari sekitar 154 jenis bambu yang ada di Indonesia, 37 jenis di antaranya khususnya di Provinsi Jawa Barat mulai langka karena kurangnya kepedulian dan pelestarian.(*)
(T.D016/A011/R009)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan