Sabtu, 8 Januari 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Dirjen Purbakala: Jambi Memiliki Banyak Potensi Budaya

Posted: 08 Jan 2011 06:21 AM PST

Jambi (ANTARA News) - Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Arurora Tambunan, menyatakan Jambi memiliki banyak potensi kesenian dan kebudayaan.

"Saya sangat kagum dengan apa yang ditampilkan oleh masyarakat Jambi. Berbagai seni budaya yang berasal dari Tanah Air, tampil dalam pawai budaya hari ini," kata Dirjen Tambunan, seusai menyaksikan pawai budaya di Jambi, Sabtu.

Pawai budaya siang itu diselenggarakan serangkaian peringatan dan memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-54 Provinsi Jambi.

Dirjen menyebutkan, Jambi memilik tolerasni kebudayaan yang sangat tinggi. Ini dibuktikan dengan banyaknya kesenian dari luar daerah Jambi juga turut dipertunjukkan.

Kesenian tersebut antara lain tarian Bali, Flores, Batak, Minang, Jawa dan sebagainya.

Menurut dia, dipertunjukkannya beragam budaya, menandakan bahwa demikian beragamnya masyarakat di Jambi, yang satu sama lain saling toleransi, termasuk kerukunan antarumat beragama.

"Beberapa tokoh agama Hindu dan Budha juga terlihat ikut memeriahkan pawai budaya kali ini. Bagus sekali persatauan dan kesatuan masyarakat Jambi," ujarnya.

Dirjen mengungkapkan, pawai budaya ini sangat baik sekali dalam upaya mengangkat budaya yang berkembang di daerah. Selain budaya yang menarik, Jambi juga memiliki harta yang tak ternilai, yang tidak ada di tempat lain, yakni situs Candi Muarojambi yang panjangnya mencapai 7,5 kilometer.

Dirjen menyampaikan kesepakatannya dengan Gubernur Jambi untuk mengembangkan kawasan situs Candi Muarojambi, sebagai kekayaan cagar budayanya Jambi, sekaligus mendukung Program Provinsi Jambi, yakni Jambi EMAS (ekonomi maju, aman, adil dan sejahtera) dengan mengundang para wisatawan untuk menyaksikan kekayaan cagar budaya Jambi.

Ke depan situs percandian Muarojambi ini juga akan diupayakan diajukan ke UNESCO sebagai cagar budaya, karena saat ini sebagai cagar budayanya Indonesia baru Borobudur, Prambanan dan Sangiran.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata ke depan akan berupaya membantu mengembangkan situs Candi Muarojambi. "Kami juga akan mendukung masalah pendanaan. Untuk tahun 2011 ini Provinsi Jambi mendapatkan bantuan khusus pengembangan museum," katanya.(*)
(T.KR-YJ/P004/R009)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Michael Jackson Meninggal Sebelum Paramedis Datang

Posted: 07 Jan 2011 04:18 PM PST

New York (ANTARA News) - Raja musik pop Michael "Jacko" Jackson, yang meninggal pada 25 Juni 2009, sebenarnya sudah tak bernyawa beberapa puluh menit sebelum tim paramedis yang dipanggil melalui layanan darurat 911 tiba di kediamannya di kawasan elit Holmby Hills, Los Angeles barat.

Menurut AFP, yang melaporkan jalannya persidangan terhadap dokter pribadi Michael, Conrad Murray, di Los Angeles, Jumat (Sabtu WIB), tenaga kesehatan bernama Martin Blount memberikan kesaksian bahwa Michael tampak sudah menghembuskan nafas terakhir setidaknya 20 menit sebelum ia datang bersama tim paramedis.

Adapun Murray, tutur Blount, mengklaim bahwa Michael berhenti bernafas baru satu menit sebelum tim paramedis dipanggil melalui 911.

Blount mengatakan, saat itu Dr. Conrad Murray tidak menyebut apapun bahwa ia telah memberikan obat penenang, hingga menyebabkan kematian terhadap Jacko seperti yang dituduhkan jaksa penuntut kepada Murray.

Dokter Murray pada mulanya juga tidak mengaku bahwa dirinya telah memberikan obat-obatan kepada Michael, walaupun sang dokter pribadi Jacko terlihat memegang jarum suntik sementara tiga botol obat bius Lidocaine juga tergeletak di lantai.

Di lokasi kejadian, Blount melihat Michael dipasangi kateter kondom, prosedur yang biasanya diterapkan terhadap pasien yang sedang tidak sadar, seperti ketika menjalani operasi, agar pasien tetap dapat mengeluarkan air seni walaupun sedang berada di bawah pengaruh obat bius.

Kesaksian Blount pada persidangan awal yang berlangsung di Los Angeles Superior Court itu memperkuat kesaksian sebelumnya yang dilontarkan rekan satu tim Blount, Richard Senneff.

Senneff memperkirakan bahwa Michael berhenti bernafas 20 menit hingga satu jam sebelum mereka tiba di kediaman Michael.

Tim paramedis itu sendiri sampai ke kediaman Michael empat menit setelah mereka menerima panggilan 911.

Persidangan awal untuk mendengarkan keterangan saksi-saksi telah dimulai pada Selasa (4/1) dan diperkirakan akan berlangsung selama dua minggu.

Dokter Conrad Murray dikenai tuduhan telah secara melakukan pembunuhan secara tidak sengaja terhadap Michael Jackson.

Para jaksa penuntut meyakini bahwa Murray telah menyebabkan Michael overdosis dengan pemberian obat bius berdaya kuat jenis propofol, dan ia berupaya menutup-nutupi aksinya itu.

Di awal persidangan, wakil jaksa penuntut distrik LA, David Walgren, mengatakan bahwa Murray memberi Jackson propofol setiap malam selama hampir dua bulan untuk membantu Michael agar dapat tidur.

Pemberian propofol itu berlangsung saat Michael sedang menyiapkan rangkaian konser musik di London untuk menandai kembalinya bintang pop itu tampil bermusik di depan publik.

Menurut Jaksa Walgren, Conrad Murray gagal menyelamatkan nyawa Michael, termasuk menunda untuk menelpon 911, tidak memberi tahu paramedis tentang obat-obatan yang telah diberikannya kepada Michael, serta tidak mengerti bagaimana caranya melakukan pernafasan buatan (cardiopulmonary resuscitation/CPR).

Pada 25 Juni 2009 itu Michael kemudian dibawa ke Pusat Medis Ronald Reagan di Universitas California Los Angeles (UCLA), dan di rumah sakit itulah Jacko akhirnya dinyatakan meninggal pada pukul 14.26 waktu setempat.
(T.K-TNY/P003)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan