Rabu, 10 Julai 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Istri Kaget Lihat Sikap Ginanjar Saat Baru Menikah

Posted: 10 Jul 2013 01:10 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]Istri Ginanjar, Susi Ariyanti mengaku sempat kaget melihat sikap Ginanjar yang cuek ketika mereka baru menikah. Namun, seiring berjalannya waktu, Ginanjar mulai menunjukkan sikap penyayang.

Nama Jalan Tol Bali Ditangan SBY

Posted: 10 Jul 2013 01:08 AM PDT

SEKTOR RIIL

Rabu, 10 Juli 2013 15:08 wib

Rohmat - Okezone

DENPASAR - Jalan Tol Bali yang membentang di atas perairan menghubungkan Benoa-Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua segera dioperasionalkan. Hanya saja, soal nama jalan tol sepenuhnya berada ditangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ada opsi dua nama yang saat ini tengah disodorkan kepada Presiden SBY untuk dipilih sebagaimana disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

"Dua nama itu adalah Tol Soekarno-Hatta dan Tol Bali Mandara," sebut Pastika disela upacara ritual penyucian secara agama Hindu Bali di Gerbang Tol Ngurah Rai, Rabu (10/7/2013).

Dua nama itu, tentunya lewat berbagai pertimbangan dan dinilai tepat dan memiliki makna penting bagi masyarakat Bali khususnya. Hanya saja, sambung dia, penamaan sebuah jalan idealnya bersifat netral dan umum dengan tujuan agar di kemudian hari tidak melahirkan kontroversi.

Sepenuhnya, kewenangan menentukan nama berada di tangan Presiden SBY mengingat jalan tol yang dibangun di Bali itu merupakan jalan nasional.

Meski telah mengusulkan dua nama Pastika mengakui bisa saja dengan pertimbangan lain, SBY bisa memilih nama lain karena kewenangannya ada pada presiden.

"Kalau kami sebagai masyarakat Bali hanya bisa berharap agar nantinya diperhatikan nama jalan tersebut harus ada nama Bali-nya karena menunjukkan lokasinya berada di Bali," dalih Pastika.

Dia berargumen, jika nama Jalan Soekarno-Hatta bisa saja berada di tempat lain. Sebaliknya, jika ada ada nama Bali di belakang jalan Tol itu maka dengan mudah orang akan mengetahui gampang mengingat bahwa jalan tersebut berlokasi di Bali.

Menyinggung upacara penyucian yang dilakukan hari ini, kata Pastika upacara pemlaspas menurut ritual agama Hindu di Bali dilakukan untuk memohon kepada Ida Sang Hyang Widiwasa Tuhan yang Maha Kuasa, agar diberi keselamatan.

"Kita juga memohon agar jalan tol yang akan dipakai masyarakat bisa lebih kokoh, kuat, mendatangkan keuntungan, dijauhkan dari malapetaka atau mara bahaya lainnya," jelas Pastika.

Dia juga mengusulkan, jadwal peresmian jalan tol dilaksanakan pada 14 Agustus ini atau bertepatan HUT Provinsi Bali dan hari pagerwesi atau hari dewa besi bagi umat Hindu Bali. (wan) (wdi)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Tiada ulasan:

Catat Ulasan