Khamis, 11 April 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Bentrokan Mesir tewaskan sembilan orang

Posted: 11 Apr 2013 09:55 PM PDT

Kairo (ANTARA News) - Korban jiwa dalam bentrokan baru-baru ini di Mesir naik jadi sembilan orang.

Korban terakhir meninggal dalam bentrokan antara dua kelompok penganut agama, kata juru bicara Kementerian Kesehatan kepada kantor berita Xinhua.

Korban tersebut adalah pria berusia 21 tahun. Dia tewas akibat luka bakar parah setelah ia terkena bom bensin pada Sabtu (6/4), kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Yahya Moussa.

Bentrokan bernuansa SARA awalnya meletus pada Sabtu pagi di Khosoos Qalyubiya di sebelah utara Kairo. Sebanyak lima orang tewas dalam peristiwa tersebut.

Pada  Minggu bentrokan terjadi lagi di Kairo, selama pemakaman di Ibu Kota Mesir, Kairo, dan dua orang lagi tewas sementara hampir 100 orang cedera.

AS tuduh konglomerat Iran "cuci uang" untuk Teheran

Posted: 11 Apr 2013 06:18 PM PDT

Washington (ANTARA News) - Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) memberikan sanksi kepada konglomerat Iran dan bank Malaysia yang menurut Washington memperdagangkan minyak dan melakukan pencucian uang miliaran dolar untuk Teheran.

Departemen Keuangan AS menyebut, pengusaha Babak Zanjani menjalankan sebuah jaringan untuk memindahkan minyak dan uang bagi pemerintah Iran guna menghindari sanksi global atas program senjata nuklir.

Jaringan yang disebut melibatkan sebuah perusahaan yang berbasis di Swiss dan First Islamic Investment Bank yang berbasis di Malaysia itu membantu unit dari perusahaan minyak negara dan pemerintah Teheran serta Garda Revolusi, kata Departemen Keuangan AS.

AS memberikan sanksi pembekuan aset mereka di AS dan melarang individu dan perusahaan AS melakukan bisnis dengan mereka, di bawah peraturan yang ditujukan bagi "pembuat senjata pemusnah massal dan pendukungnya".

"Karena sanksi internasional telah menjadi semakin menyesakkan, Iran terpaksa melakukan teknik kriminal pencucian uang, memindahkan minyak dan uangnya dengan nama palsu dan kepura-puraan," kata David Cohen, wakil menteri keuangan untuk terorisme dan intelijen keuangan, seperti dikutip AFP.

Departemen Keuangan mengatakan Zanjani, pimpinan dari Sorinet Group, membantu keuangan dan mengelola penjualan minyak serta menangani hasilnya untuk pedagang minyak Iran yang berbasis di Swiss, Naftiran Intertrade Company, dan induk perusahaannya, National Iranian Oil Co. (NIOC).

Sorinet bekerja melalui unit sendiri, International Safe Oil dan Sorinet Commercial Trust Bankers yang berbasis di Dubai, serta First Islamic Investment Bank di Malaysia, untuk mendukung Naftiran dan NIOC, kata Departemen Keuangan AS.

AS juga menjatuhkan sanksi kepada Kont Kozmetik, perusahaan berbasis di Turki yang dikendalikan oleh Zanjani dan anak perusahaannya Kont Investment Bank di Tajikistan.

Zanjani, International Safe Oil, serta bank Dubai dan Malaysia sudah dijatuhi sanksi oleh Uni Eropa pada Desember.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC bulan lalu, ia menyangkal memperdagangan minyak Iran yang bertentangan dengan sanksi global terhadap Teheran.

"Saya tidak membeli minyak mentah Iran. Saya membeli bahan bakar minyak berkualitas rendah untuk dijual ke Malaysia," katanya.

"AS dan Uni Eropa telah membebaskan beberapa negara dari sanksi Iran -- Malaysia adalah salah satu dari mereka," katanya.

Penerjemah : Apep Suhendar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan