Selasa, 12 Mac 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Konklaf Penunjukan Paus Gregorius X Berlangsung 2 Tahun

Posted: 12 Mar 2013 09:06 AM PDT

VATIKAN – Mulai hari ini umat Katolik akan menunggu hasil dari pemilihan paus. Tidak ada waktu pasti kapan konklaf akan selesai, Menurut sejarah, konklaf terlama yang pernah ada adalah konklaf penunjukan Paus Gregorius X yang berlangsung dua tahun.

Peristiwa itu terjadi pada abad ke-13 silam. Saat itu ada perbedaan pendapat antara kelompok kardinal dari Italia dengan kelompok kardinal dari Prancis. Kedua kubu itu sama-sama tidak mau mengalah sehingga proses konklaf pun berjalan hingga berlarut-larut.

Warga yang kesal akhirnya mengunci para kardinal dalam sebuah kastil, namun hal tersebut tidak juga membuahkan hasil. Warga kemudian membatasi persediaan makanan untuk para kardinal dan mencopot atap kastil agar peserta konklaf tidak terlindungi dari cuaca.

Butuh waktu sekitar dua tahun tiga bulan sampai akhirnya kompromi pun didapatkan. Konklaf pun akhirnya mengangkat Paus Gregorius X pada tahun 1271. Demikian, seperti diberitakan Business Insider, Selasa (12/3/2013).

Pada masa modern sendiri tercatat konklaf paling lama hanya berlangsung hingga lima hari. Aturan baru banyak diciptakan untuk mempercepat jalannya konklaf, misalnya para kardinal hanya akan diberi makan satu kali sehari jika konklaf berjalan lebih dari 3 hari.

Apabila konklaf melebihi delapan hari, para kardinal hanya akan diberi roti, air putih, dan segelas anggur. Kemudian jika konklaf terus berjalan hingga dua pekan, jumlah dukungan yang diperlukan untuk dapat terpilih sebagai paus pun diturunkan dari dua per tiga suara menjadi cukup melebihi 50 persen suara saja.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(AUL)

Dilarang Bawa Hamster, Perempuan Ini Gugat Kampusnya

Posted: 12 Mar 2013 05:03 AM PDT

MICHIGAN – Sebuah Universitas di Michigan, Amerika Serikat (AS) dituntut membayar denda sebesar USD40.000 atau sekira Rp387 Juta (Rp9.697 per USD) oleh mahasiswanya yang dilarang membawa hamster peliharaannya.

Kendra Velzen, telah menggugat Grand Valley State University tahun lalu. Velzen, yang menderita depresi kronis dan tergantung pada penggunaan alat pacu jantung itu, sangat ingin membawa hamster kesayangannya itu ke kampus untuk memberikan dukungan secara emosional padanya. Demikain seperti dikutip dari NBC NewYork, Selasa (12/3/2013).

Namun, pihak Universitas melarangnya membawa hamster itu ke dalam kelas. Ia hanya diperbolehkan merawat binatang peliharaannya itu di dalam kamar asramanya saja. Akibat kejadian itu Velzen menggugat Grand Valley State University bulan lalu.

Saat ini Velzen setuju untuk tidak meneruskan gugatannya. Hal itu dikarenakan pihak Universitas akan bekerja sama dengan Fair Housing Center di Michigan, Amerika Serikat (AS) untuk membuat kebijakan yang membahas bantuan untuk hewan.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan