Rabu, 6 Mac 2013

Republika Online

Republika Online


Mau Berlibur ke India? Baca Dulu Ini

Posted: 06 Mar 2013 08:41 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sudah punya rencana untuk liburan tahun ini? India, negeri yang terkenal dengan tarian dan makanannya, mungkin bisa menjadi salah satu negara tujuan.

Akan tetapi sebelum pergi ke India, ada baiknya mengetahui cara membuat visa untuk berkunjung ke India.

Bagi anda yang ingin membuat visa, anda bisa registrasi secara online di indianvisaonline.gov.in/visa. Dalam rentang waktu 24 jam, anda harus mencetak formulir registrasi online tersebut dan membawanya ke Kedutaan Besar India bersama dokumen-dokumen lainnya, seperti paspor.

Paspor yang anda miliki harus berlaku selama minimal 6 bulan dengan minimal 3 halaman sisa dan tidak rusak. Usahakan foto yang anda bawa adalah foto baru. Anda juga harus membayar dengan mata uang lokal atau kartu kredit.

Bagi anda yang berhalangan, anda bisa mewakilkan pembuatan visa pada kerabat anda. Namun, anda harus datang ke Kedutaan Besar India jika ada yang harus diklarifikasi terkait riwayat anda.

Bagi anda yang tidak sempat membuat visa di negara asal, anda dapat membuat visa di India atau yang disebut dengan visa on arrival. Dengan membayar sebesar 60 dolar AS, anda akan mendapatkan visa yang berlaku untuk 30 hari.

Apa saja syaratnya? Anda harus membawa paspor yang masih berlaku selama 6 bulan, dua foto ukuran paspor, dan fotokopi paspor. Namun, visa jenis ini hanya berlaku bagi turis, bukan untuk mereka yang ingin berbisnis.

Hati-Hati.. Minum Air Terlalu Banyak Ternyata Berbahaya

Posted: 06 Mar 2013 08:23 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda termasuk orang yang seringkali meneguk air putih? Hati-hati, terlalu banyak minum ternyata berbahaya bagi kondisi tubuh.

"Minum terlalu banyak air bisa memicu hiponatremia, yaitu menurunnya kadar natrium dalam tubuh. Ini bisa berakibat fatal," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam FKUI-RSCM Parlindungan Siregar di Jakarta, Rabu (6/3).

Parlindungan mengungkapkan, kekurangan natrium dalam tubuh yang terjadi secara lambat bisa menyebabkan penderita mudah mengantuk. Bila terjadi secara cepat, kekurangan natrium bisa menyebabkan kematian.

Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh, sebagai penjaga kadar garam dalam darah.

Kekurangan natrium dalam tubuh dapat menyebabkan volume darah menurun sehingga tekanan darah menurun, namun denyut jantung meningkat tajam.

Natrium juga penting untuk penyerapan glukosa di dalam usus dan ginjal.

"Maka sebaiknya jangan meminum air lebih dari empat liter per 24 jam, karena kadar natrium bisa menurun. Selanjutnya, pada manula jangan konsumsi air lebih dari 1,5 liter per 24 jam," saran Parlindungan.

Parlindungan menambahkan kadar natrium dalam tubuh manula sudah mengalami pengurangan sehingga konsumsi air yang terlalu banyak bisa memperburuk kadar natrium dalam tubuh.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan