Jumaat, 1 Mac 2013

Republika Online

Republika Online


Demam 'Es Campur' Taiwan di Singapura, Seperti Apa Sih?

Posted: 01 Mar 2013 08:26 PM PST

Sabtu, 02 Maret 2013, 11:26 WIB

STRAITS TIMES

BlackBall, minuman jajanan ala Taiwan yang sedang digemari di Singapura

REPUBLIKA.CO.ID, Warga Singapura dibuat antri untuk kudapan manis terbaru dari Taiwan. Apa itu? Puncuci mulut menyegarkan dari jeli, agar-agar yang diberi serutan es.

Minuman dingin itu hanya memiliki sedikit rasa manis sehingga lebih digemari. Kemudian di atasnya diberi sejumlah toping mulai kacang, buah, ketan hitam dan bola-bola terbuat dari ketan. Ada juga yang disajikan dengan nata de coco, biji lotus dan kacang merah.

Menurut laporan Straits Times, sudah ada empat outlet dan jaringan yang menjual makanan tersebut, yang populer di Taiwan disebut BlackBall.

Siapa tahu Anda yang sedang berada di sana bisa mencicipi menu tersebut. Meski, kalau dilihat sekilas dari gambar di atas, tampilannya sih tak jauh beda dari es campur modern di Indonesia.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari

'Ketahuilah, sesungguhnya bahwa malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung.(HR Bukhari)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Mengamati Badai Matahari Sebagai Kegemaran, Mungkinkah?

Posted: 28 Feb 2013 11:15 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Astronomi bisa dibilang ilmu yang unik. Seseorang tanpa latar belakang pendidikan tersebut pub bisa menikmati akvitas berkaitan dengan Astronomi sebagai hobi.

Dalam Astronomi, seperti yang dituturkan oleh Langit Selatan, ada 2 sebutan yakni astronom profesional yang memang bekerja di bidang astronomi dan astronom amatir yakni orang-orang yang melakukan kegiatan astronomi karena memang memiliki kegemeran berat dengan benda-bendar luar angkasa yang sehari-harinya justru bekerja di luar bidang astronomi.

Apa saja yang bisa dilakukan terkait hobi yang satu ini?

Tentu saja membaca literatur tentang astronomi dan mempelajari benda-benda langit. Ada banyak materi astronomi yang bisa dipelajari di buku, majalah astronomi ataupun di web seperti di web langitselatan.

Cara kedua yakni kunjungi ahli dan tempatnya . Datangilah Planetarium atau Observatorium terdekat untuk mengenal astronomi sekaligus ikut mengamati langit malam. Anda bisa juga mengajukan banyak pertanyaan kepada para ilmuwan astronomi di sana.

Kemudian, cari tempat gelap.. dan pandanglah langit malam. Mengapa gelap? Ingatlah cahaya lampu perkotaan selalu mencegah kita melihat keindahan luar biasa langit malam yang bertabur bintang-bintang.

Kegiatan yang satu ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau bersama teman-teman. Tapi supaya kegiatan menikmati indahnya taburan bintang jadi menarik. Kita bisa belajar mengenali obyek langit yang sedang dilihat malam itu.

Panduannya bisa menggunakan peta bintang "aka" planisphere yang bisa diunduh di sini. Atau bisa juga menggunakan piranti lunak seperti Stellarium di komputer. Atau… untuk pengguna smartphone bisa menggunakan aplikasi peta langit yang ada. Berbekal peta langit itu, belajar mengenali rasi bintang, bintang-bintang terang, maupun planet jadi lebih menarik.

Selain itu kalau ada kejadian langit seperti hujan meteor,  akan lebih seru bisa menikmatinya bersama teman. Dan semua bisa dilakukan hanya dengan mata tanpa alat plus siapkan kopi, kue dan cemilan untuk menemanimu.

Gunakan Binokuler dan Teleskop untuk mengamati obyek langit dari balik teropong. Ini bisa dilakukan bila memang sudah tersedia teleskop. Tak ada salahnya memutuskan untuk membeli binokuler ataupun teleskop.

Seorang teman mengaku pada masa kecilnya kerap menghabiskan waktu di malam hari, keluar rumah berdiri di halaman untuk melihat langit. Itu adalah waktu yang berkesan baginya, sibuk memandangi langit untuk menemukan rasi bintang tertentu.

Ia mengaku begitu kegirangan bila berhasil menemukan satu rasi bintang yang sesuai dengan buku skema astronomi hadiah dari ayahnya. Anda yang sudah memiliki anak-anak dengan keingintahuan yang tinggi, cobalah perkenalkan aktivitas ini kepada mereka.

Bergabung dengan Klub Astronomi.
Selain berkegiatan mengapa tidak melakukan aktivitas dengan sesama pecinta astronomi di kota. Temukan klub atau komunitas astronomi di kotamu dan bergabunglah bersama mereka. Biasanya klub astronomi ini memiliki kegiatan pengamatan ataupun pengenalan astronomi secara rutin dimana kamu bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman serta belajar bersama.

Lalu tak ada salahnya untuk bergabung dengan Star Party atau kegiatan publik untuk melakukan pengamatan yang diadakan di daerah sekitarmu. Di acara Star Party kamu bisa berkenalan dengan sesama pecinta astronomi dan berlajar tentang obyek langit maupun belajar memotret obyek langit. Star Party merupakan acara pertemuan para pecinta astronomi untuk melakukan pengamatan langit malam.

Membuat alat-alat sederhana. Kamu juga bisa melakukan proses kreatif dengan membuat alat-alat sederhana yang dapat digunakan untuk pengamatan astronomi maupun untuk mengenal astronomi. Seperti membuat teleskop, alat pengamatan matahari yang aman dan banyak lagi. Panduannya? Jangan khawatir, internet menyediakan semuanya. Salah satunya bisa kamu dapatkan di bagian astro kriya di langitselatan.

Tertarik dengan penelitian ilmiah? Aktivitas ini juga bisa dilakukan dari rumah. Ada beberapa situs citizen science untuk astronomi yang menyediakan data untuk diolah oleh masyarakat. Seperti Galaxy Zoo, CosmoQuest, Moon Mapper, Moon Zoo, Solar Storm Watch, Milky Way maupun Planet Hunters.

Jadi kalau bagi yang memiliki minat besar dalam astronomi tapi bukan astronom, tak perlu cemas. Ada banyak peluang untukmelakukan berbagai kegiatan untuk menjelajah langit malam dan mengenal alam semesta yang eksotik ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan