Ahad, 17 Februari 2013

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Irman Gusman apresiasi Pemkab Sijunjung

Posted: 17 Feb 2013 07:22 AM PST

Sijunjung, Sumbar (ANTARA News) - Ketua DPD-RI Irman Gusman mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sijunjung yang memberikan fasiltas berupa kendaraan roda dua untuk operasional Kepala Jorong (Pemerintahan setingkat desa) dalam melaksanakan tugas guna menyukseskan program pembangunan di kabupaten itu.

"Ini pertama kali di Indonesia, dimana bupati memberikan sarana transportasi berupa kendaraan roda dua kepada wali jorong dalam melaksanakan tugas," kata Irman Gusman, setelah seminar pemerintahan di Sijunjung, Senin.

Menurut dia, sangat diperlukan memberikan fasilitas kepada wali jorong yang ada di Kabupaten Sijunjung berupa kendaraan roda dua dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kalau pemerintah nagari dan Badan Perwakilan Nagari (BPN) jeli dalam menggali dan memanfaatkan potensi yang ada di nagari, banyak sumber-sumber pendapatan bisa diperoleh nagari," kata dia.

Irman Gusman berharap, kendaraan operasional yang telah diberikan dapat dipergunakan sebaik-baiknya oleh jorong, dan tidak disalahgunakan, termasuk digunakan untuk kepentingan pribadi atau dipakai oleh anggota keluarga.

"Kendaraan ini adalah aset daerah, inventaris daerah, dan digunakan untuk kepentingan daerah. Pergunakanlah kendaraan ini oleh bapak-bapak untuk membantu tugas dalam menyukseskan program pembangunan. Karena kepala jorong adalah jembatan utama mendampingi wali nagari dalam rangka menyukseskan dan menerjemahkan visi misi Kabupaten Sijunjung," ujar dia.

(ANTARA)

Korban tewas banjir dan longsor Manado 14 orang

Posted: 17 Feb 2013 07:12 AM PST

Manado (ANTARA News) - Jumlah korban meninggal dunia akibat banjir dan longsor di Kota Manado, Sulawesi Utara, pada Minggu (17/2) bertambah menjadi 14 orang, 13 di antaranya karena tanah longsor dan 1 orang hanyut.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr Sutopo Purwo Nugroho mengemukakan hal itu melalui layanan BlackBerry Messenger, Minggu malam.

Jumlah pengungsi saat ini 1.500 orang. Dari 14 korban meningggal, empat orang ditemukan di Kelurahan Tingkulu, kemudian Kelurahan Ranomut, Kecamatan Paal II dua orang, Perumahan Citra Land enam orang dan Kelurahan Paal IV dua orang.

"Proses evakuasi masih terus dilakukan oleh tim gabungan. Beberapa korban sudah berhasil diidentifikasi, sedangkan yang lain masih dalam proses identifikasi oleh TIM DVI Kepolisian," katanya.

Beberapa korban tewas yang sudah teridentifikasi antara lain Jumair Pulumodajo, 10, (Kelurahan Pal IV),  atas Charles Taroeh, 28, (Kelurahan Tingkulu Ling V), kemudian Ribka Ruru, 22, Ribka Gosal, 9, Gracia Gosal, 3, dan Taroreh, 28, (Kelurahan Yingkulu Ling VIII).

Ridel Lintongan, 5, (Kelurahan Singkil Ling V), Mokodaser Oroh (Kelurahan Winangun di Perum Citra Land Eden Briges) dan satu jenazah masih diidentifikasi dan satu orang masih terjepit.

Sementara itu, longsor juga terjadi di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara pada Minggu (17/2).

Menurut laporan BPBD Sitaro, korban meninggal tiga orang. Saat ini masih dilakukan pengecekan namun terkendala jalan putus akibat longsor di Sitaro.

Pananganan darurat terus dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Tagana, Basarnas, PMI, Rapi, SKPD, relawan dan masyarakat. Kodim 1309/Manado, Yonif 712/Wt, Kikavserdam melaksanakan evakuasi di lokasi bencana.

"Bantuan terus disalurkan bagi masyarakat. Info lanjut tentang bencana bisa menghubungi Jon Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulut 08114302661," ujar Sutopo.

(AO34/MO31)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan