Ahad, 20 Januari 2013

Republika Online

Republika Online


Diet Gagal Melulu? Ini Dia 4 Pemicunya

Posted: 20 Jan 2013 08:07 PM PST

[unable to retrieve full-text content]REPUBLIKA.CO.ID, Diet sering diasumsikan dengan menahan napsu makan dan berlapar-lapar demi mendapatkan berat badan ideal dalam waktu singkat. Di luar sana masih banyak orang yang menjalankan metode diet seperti...

Anak Berantem di Sekolah, Begini Solusinya (3)

Posted: 20 Jan 2013 07:07 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Jika anak tak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri, sebaiknya gurulah yang harus turun tangan. Minta guru untuk menjembatani, sebelum masalahnya bertambah panjang. Guru harus melerai, mencari akar masalahnya, dan mendamaikan yang bertengkar seraya menjelaskan bertengkar itu tidak baik.

Tak bijak jika orang tua langsung menegur sesama orang tua murid. Persoalannya justru akan bertambah rumit. "Kita seharusnya membuat anak menjadi berdaya, bukan sebaliknya," kata psikolog anak Indri Savitri MPsi, Manajer Divisi Konseling dan Edukasi dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia ini mengingatkan.

Berbeda ketika anak bertengkar disaksikan oleh orang tua. Otomatis, ayah dan bunda perlu menengahi. Sebelum ia menangis, segara pisahkan anak dari temannya. "Tanyakan apa masalahnya agar kita dapat menjembatani anak dengan temannya," papar Indri.

Ada kalanya kondisi mental anak sudah sangat parah. Waspadai jika ia terlihat tak bisa sama sekali menghadapi masalah. Cirinya mudah terdeteksi. Moodnya naik turun, tidak mau dibujuk, tidak mau makan, tidak bisa tidur, tidak mau sekolah, dan dia beranggapan orang selalu berpikir negatif terhadap dirinya. "Anak yang mengalaminya , sebaiknya bawa ke konsultan atau psikolog," saran Indri.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan