Sabtu, 26 Januari 2013

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Hercules RM Dukung Dede-Laksamana

Posted: 26 Jan 2013 07:55 AM PST

Pilkada Jabar

Hercules RM Dukung Dede-Laksamana

Penulis : Dedi Muhtadi | Sabtu, 26 Januari 2013 | 15:55 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) Hercules Rozaria Marshal mengatakan, pihaknya siap memenangkan Dede Yusuf-Lex Laksamana dalam pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018.

"Seluruh kader GRIB Jawa Barat mendukung Dede Yusuf menjadi gubernur," tegas Hercules dalam gelar pasukan GRIB Jawa Barat yang dihadiri calon Gubernur Dede Yusuf Macan Effendi di Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (26/1/2013)

Dalam acara yang dipimpin langsung Ketua Umum DPP GRIB Hercules, Dede dipercaya menyematkan baret merah kepada kader GRIB yang dinyatakan lulus menjalani pendidikan latihan dasar (Diklatsar) II.

Dede menyatakan kagum melihat soliditas dan militansi para kader GRIB di Jawa Barat. Karena cagub yang diusung Partai Demokrat, Partai Gerindra, PAN dan PKB tersebut melihat langsung bagaimana totalitas perjuangan GRIB di lapangan.

"Saya seperti mendapat semangat baru setiap didampingi oleh anggota GRIB saat kunjungan ke daerah seperti saat di Tasikmalaya, Garut, Cirebon dan wilayah lainnya," ujar Dede.

Mantan atlet dan aktor beladiri ini menegaskan, GRIB harus menjadi organisasi kepemudaan yang tidak hanya disegani melainkan juga dicintai oleh masyarakat. Dede berpesan agar GRIB menyatu dan tidak berjarak dengan rakyat kecil.

Dede mengutip pesan Ketua Dewan Pembina Pusat GRIB Letjen (Purn) Prabowo Subianto yang meminta agar Dede selalu membela rakyat kecil. "Pak Prabowo minta saya tidak korupsi, dekat dengan rakyat kecil dan selalu membela rakyat kecil," tegasnya.

 

Mesuji Banjir, Alat Berat Dikerahkan

Posted: 26 Jan 2013 07:47 AM PST

MESUJI, KOMPAS.com — Banjir terjadi di Kabupaten Mesuji, Lampung. Alat-alat berat dikerahkan untuk mengatasi banjir yang terjadi dua hari terakhir di daerah ini. Dua wilayah di Mesuji, yaitu Kecamatan Simpang Pematang dan Way Serdang, dilanda banjir sejak Jumat (25/1/2013).

Bupati Mesuji Khamamik meninjau langsung banjir dan mengerahkan bantuan alat berat, yaitu ekskavator, untuk mengatasinya. Seperti tertulis dalam siaran pers Pemerintah Kabupaten Mesuji, Sabtu (26/1/2013), Khamamik mengawal langsung perbaikan saluran air yang tersumbat di Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, serta Desa Hadi Mulyo, Kecamatan Way Serdang.

Sejumlah perusahaan di Mesuji yang memiliki alat-alat berat juga diminta untuk membantu mengatasi banjir yang merendam jalan dan rumah warga. Ia meminta warga bergotong royong memperbaiki saluran air yang menjadi penyebab air meluap.

"Intensitas hujan yang cukup tinggi dalam sepekan terakhir membuat beberapa kawasan di Kabupaten Mesuji dilanda banjir. Dengan bantuan ekskavator ini, banjir dapat cepat surut," ujarnya.

Ekskavator yang didatangkan itu milik Pemkab Mesuji dan alat berat sewaan. Ia menyerahkan sepenuhnya pengelolaan alat berat itu kepada warga setempat yang dikoordinasi kepala desa. "Warga harus bergotong royong mengawal operasi ekskavator. Warga juga mestinya bersedia melepaskan tanahnya yang terkena pelebaran saluran air. Biayanya saya yang tanggung," katanya kemudian.

Ia juga mengimbau warga setempat menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah di saluran air ataupun sungai. "Jika warga masih berlaku hidup tak sehat seperti itu, perbaikan saluran air akan sia-sia," tuturnya.

Berdasarkan laporan yang diterima, menurut Khamamik, sejumlah desa di beberapa kecamatan lain juga ikut terkena banjir. Alat berat juga akan disiagakan di wilayah yang dilanda banjir tersebut. Tanpa penanganan cepat, menurut Khamamik, dikhawatirkan banjir akan meluas ke areal persawahan dan perladangan milik warga. Jika terlambat, perekonomian warga setempat dapat terganggu karena air dapat mengakibatkan gagal panen.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan