Ahad, 16 Disember 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Pascarusuh, Kota Morowali Kondusif

Posted: 15 Dec 2012 11:23 PM PST

MOROWALI - Situasi keamanan di Kota Kolonedale, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah, sejak pagi tadi terpantau dalam kondisi aman dan tenang.

Sementara itu, empat kerangka mobil dinas yang dibakar oleh massa sehari sebelumnya di Lapangan di tengah Kota Kolonedale, masih tergeletak dengan di kelilingi garis Polisi, Minggu (16/12/2012).

Ketiga kerangka mobil dinas itu masing-masing merupakan milik Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Morowali jenis Kijang Inova bernomor polisi DN 41 G, mobil Dinas Kependudukan bernomor polisi DN 18 G, dan mobil Dinas Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Morowali.

Tidak hanya itu, sebuah sepeda motor yang turut dibakar massa pada Sabtu, 15 Desember kemarin diketahui milik Kantor Bappeda Kabupaten Morowali.

Selain itu, sebuah mobil lainnya yang merupakan kendaraan dinas seorang anggota DPRD Kabupaten Morowali juga masih tergeletak di sebuah jurang berkedalaman sekira 30 meter. Mobil itu hingga kini belum dipindahkan dan hanya ditutupi batang batang bambu.

Aksi protes warga yang berujung pada pembakaran dan pengrusakan kendaraan itu di latarbelakangi kekecewaan warga karena daerahnya tidak masuk dalam daftar tujuh daerah pemekaran Kabupaten Baru yang diputuskan DPR pada Jumat, 14 Desember lalu.

Warga di Kolonedale selama ini telah mencita-citakan untuk menjadi Kabupaten Morowali Utara berpisah dari kabupaten Morowali.
(Yoanes Lita/Sindo TV/kem)

Ki Kusumo: 2013, Akan Ada Pejabat "Bersih" Tersandung Korupsi

Posted: 15 Dec 2012 10:20 PM PST

JAKARTA - Andi Mallarangeng diprediksi bukan satu-satunya pejabat negara yang terseret kasus korupsi. Di tahun 2013 mendatang, satu persatu kasus yang melibatkan elit politik akan terungkap.

Paranormal Ki Kusumo mengatakan, yang cukup mengejutkan ada seorang pejabat negara yang selama ini dikenal sebagai sosok yang bersih, bakal terseret kasus korupsi.

"Masyarakat akan dibuat terbengong-bengong, karena pejabat itu diduga terlibat kasus megakorupsi," jelas Ki Kusumo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (16/12/2012).

Sementara itu, kondisi politik semakin panas. "Ini hal yang biasa menjelang Pemilu 2014," ujarnya.

Namun katanya, perseteruan tidak hanya antar partai saja. Ada beberapa partai dipusingkan oleh ulah kader partainya yang saling sikut. "Sekarang saja sudah terlihat, mereka saling gontok-gontokan," tukasnya.

Begitu juga dengan aksi demonstrasi tetap marak. Masyarakat akan menentang keras kebijakan pemerintah yang dianggap tidak pro pada rakyat, seperti menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kata Ki Kusumo, pada 2013 Indonesia masih akan diterpa berbagai bencana alam, khususnya yang berkaitan dengan air. "Shio 2013 adalah Ular Air. Jadi, bencana yang dialami bangsa ini berkaitan dengan air, seperti banjir," tuturnya.

(ded)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan