Ahad, 16 Disember 2012

Republika Online

Republika Online


Tips Hidup dengan Beberapa Hewan Peliharaan (1)

Posted: 16 Dec 2012 07:59 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, OLATHE -- Seperti saudara, beberapa ekor hewan peliharaan di rumah kita bisa saja tak akur dan sering bertengkar. Dokter Hewan JC Burcham dari Olathe Animal Hospital, Amerika Serikat, mengatakan ada beberapa aturan dasar dan konsistensi yang harus dilakukan pemilik hewan tersebut untuk membuat hewan-hewan peliharaannya hidup berdampingan.

"Hewan peliharaan perlu tahu bahwa andalah yang membuat keputusan atas mereka. Mereka tak harus menjadi teman terbaik satu sama lainnya, tetapi mereka harus belajar hidup berdampingan secara damai," kata Burcham, dikutip dari VetStreet, Senin (17/12). Ini dia lima tantangan dan solusi yang bakal ditampilkan berurutan.

1. Menambah hewan peliharaan di rumah

Ketika anda membawa pulang hewan peliharaan baru, anjing atau kucing, biasanya hewan peliharaan yang lebih dahulu tinggal bersama anda akan melalui tiga fase hingga bisa menerima teman barunya. Dokter Gary Norsworthy, pemilik Alamo Feline Health Center di San Antonio Texas, mengatakan hewan lama akan bermusuhan dengan hewan baru di fase pertama.

Di fase kedua, hewan lama akan berubah sikap menjadi toleran. Di fase ketiga, mereka akan hidup berdampingan dengan damai. "Di fase ketiga ini, ikatkan hewan peliharaan anda itu seluruhnya dalam tempat yang bersamaan. Dekatkan mereka, setidaknya satu jam setiap harinya," kata Norsworthy.

Untuk membantu kelancaran perkembangan fase pertama, kata Norsworthy, mulailah dengan mengikuti gaya perkenalan mereka. Biarkan hewan peliharaan anda melihat dan mengendus satu sama lain, namun pisahkan mereka agar tak terjadi kontak fisik. Misalnya, hewan baru diletakkan dalam kandang, dan biarkan hewan lama mendekati kandang itu.

Interaksi tersebut sebaiknya dalam pengawasan anda. Biasanya, hewan lama akan bersuara ribut atau terkesan ingin mencakar hewan baru. Namun itu lumrah.

Untuk tahapan awal, jangan buru-buru membiarkan hewan baru bisa mengakses ke seluruh rumah anda. Sebab, hewan lama akan merasa wilayah kekuasaannya diambil hewan baru. Sementara, jauhkan mainan favorit hewan lama (jika ada). Batasi pergerakan hewan baru lalu sedikit demi sedikit perbesar wilayah jelajahnya, maka hewan lama akan terbiasa.

Pagelaran Busana Teatrikal Pecahkan Rekor MURI

Posted: 16 Dec 2012 08:43 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pagelaran busana teatrikal di Plaza Senayan Jakarta raih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI), Ahad (16/12).

Pagelaran yang menyertakan delapan desainer Indonesia itu dinobatkan sebagai fashion show pertama yang menggunakan mannequin hidup terbanyak sebagai modelnya.

"Hari ini resmi tercatat di MURI sebagai pagelaran teatrikal dengan live mannequin terbanyak," kata Henry, manager MURI kepada media usai memberikan penghargaan. 

Fashion show ini tercatat sebagai rekor MURI ke 5747. MURI memberikan penghargaan pula kepada para desainer, make up profesional, stylish, dan koreografer. 

Henry menjelaskan, acara ini bisa mendapat penghargaan MURI karena belum pernah sebelumnya di Indonesia. Rekor seperti ini belum pernah tercatat. Untuk mendapatkan rekor MURI, sebuah acara harus memenuhi salah satu kriteria, yakni unik, langka, atau  superlatif. Pagelaran busana ini memenuhi ketiga syaratnya. 

MURI bangga karena ini merupakan suatu hal yang luar biasa. "Anak Indonesia sendiri yang membuatnya," lanjut Henry. 

Dalam mencatatkan rekornya, sebanyak 38 model disulap menjadi mannequin hidup. Sebelum berjalan di atas catwalk, para model berdiri tanpa bergerak layaknya patung di lobi plaza. Acara ini sangat mengundang perhatian pengunjung mal.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan