Isnin, 10 Disember 2012

Republika Online

Republika Online


Mau Sukses Menyusui? Beginilah Cara yang Tepat

Posted: 10 Dec 2012 09:09 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah mengetahui segudang manfaat ASI, kini giliran Anda untuk memaksimalkan karunia tersebut untuk buah hati. Proses menyusui yang baik dan benar juga akan meningkatkan produksi ASI. Jadi, jangan lewatkan tips berikut ini.

1. Cuci tangan dengan sabun sebelum menyusui.

2. Susui bayi sesuai keinginannya, jangan dijadwal.

3. Bersihkan puting dan aerola (bagian hitam sekitar puting) dengan air hangat.

4. Dekap bayi dan letakkan kepala bayi pada lipatan lengan Anda. Pastikan Anda dan si bayi dalam keadaan nyaman. Perut bayi menempel pada badan Anda, sedangkan telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus.

5. Waktu mulai menyusui, peganglah bagian bawah payudara dengan keempat jari dan ibu jari diletakkan pada bagian atas payudara.

6. Sentuhkan puting pada pipi bayi untuk merangsang agar mulut bayi terbuka lebar. Bayi umumnya memiliki refleks menghisap yang kuat.

7. Masukkan seluruh puting dan aerola ke dalam mulut bayi.

8. Susui bayi dari kedua payudara secara bergantian setiap menyusui. Semakin dikosongkan, maka produksi ASI akan semakin banyak.

9. Sandarkan bayi pada pundak dan usap punggung bayi perlahan-lahan untuk membantunya bersendawa.

10. Jika telah selesai, lepaskan puting susu dengan menahan secara hati-hati payudara. Bila perlu, masukkan ujung jari kelingking dengan lembut ke sudut mulut bayi untuk membuka mulutnya.

11. Untuk Anda, perbanyaklah istirahat dan usahakan agar pikiran tetap tenang. Ingatlah, jika stres Anda meningkat maka produksi ASI Anda akan menurun.

12. Bersihkan dan sterilisasi tempat yang akan digunakan untuk menampung ASI perah.

13. Jika memungkinkan, biarkan suami Anda yang memberikan ASI perah ini agar ia pun lebih terlibat dalam perawatan sang buah hati.

Yang perlu diingat:

1. Jangan percaya dengan omongan orang, misalnya: bayi Anda menangis karena produksi ASI Anda sedikit atau encer.

2. Jangan percaya bahwa Anda harus minum banyak susu semata-mata agar produksi ASI banyak.

3. Jangan merebus atau menghangatkan ASI perah ke dalam microwave karena zat gizi di dalamnya akan rusak. Rendamlah dalam air hangat atau gunakan suhu ruangan untuk menghangatkan ASI perah yang telah disimpan dalam lemari es.

4. Anda tidak disarankan untuk menyusui bayi jika Anda menderita TBC, Hepatitis B, atau positif HIV (namun para ibu di Afrika yang menderita HIV/AIDS tetap disarankan untuk menyusui bayinya karena jika si bayi tidak disusui ASI justru akan cepat meninggal karena infeksi penyakit lain).

Mengintip Pulau Pribadi Para Miliuner (2)

Posted: 10 Dec 2012 08:17 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Hanya sedikit orang yang bisa bermimpi memiliki sebuah pulau pribadi. Namun hal tersebut bukan sebatas angan-angan bagi sejumlah orang super kaya untuk memiliki sepotong surga di dunia. Berikut delapan miliuner yang memiliki pulau pribadi indah, seperti yang dirilis cnbc.com

5. Pulau Allan, Washington

Pulau ini dibeli oleh salah seorang miliuner yang juga pendiri Microsoft, Paul Allen, pada 1992. Pulau tersebut bernilai 13,5 juta dolar AS. Allen membeli pulau ini untuk dijadikan tempat beristirahat. Sebelumnya, pulau ini menjadi rumah para penebang kalu ilegal dan belum memiliki  listrik. Setidaknya perlu sekitar 3 juta dolar AS untuk menghadirkan listrik di seluruh pulau tersebut. 

6. Pulau Robins, New York

Pulau ini dibeli oleh miliuner Wall Street Louis Moore Bacon seharga 11 juta dolar AS. Bacon lalu merestorasi pulau seluas 445 hektare itu, termasuk dengan mengimpor pohon oak untuk ditanam di habitat alami. Saat membeli pulau ini, Bacon memberi 1,1 juta dolar AS kepada lembaga konservasi alam untuk memonitor spesies langka dan terancam punah di pulau itu, salah satunya kura-kura lumpur timur. miliuner ini juga membuat rumah peristirahatan bagi keluarganya yang dilengkapi dengan sebuah helipad. 

7. Pulau James, Canada

Pulau seluas 780 hektare ini dibeli oleh Craig McCaw seharga 19 juta dolar AS pada 1994. Namun kini nilainya meningkat hingga 75,1 juta dolar AS. Bos perusahaan telekonomunikasi T&T ini menyulap pulau tersebut dengan mendirikan sebuah rumah yang sangat besar seluas 5.000 m2, enam rumah peristirahatan bagi tamunya, sebuah kolam renang, dan dermaga pribadi.

Pulau ini juga memiliki sebuah lapangan golf dengan 18 lubang yang dirancang oleh legenda golf, Jack Nicklaus. Transportasi yang boleh dipakai di pulau ini hanyalah kendaraan listrik dan penghuninya tidak boleh merokok. 

8. Sampson Cay, kepulauan Bahamas

John Malone mengambil alih posisi Ted Turner sebagai pemiliki tanah pribadi terluas di Amerika, ketika luas tanah miliknya mencapai 2,2 juta hektare di 2011. Salah satu yang dimilikinya adalah tanah di pulau Sampson Cay seluas 31 hektare. Di pulau ini, dia mendirikan rumah dan resort pada 2002. Biaya menginap di resort ini bisa mencapai 8.000 dolar AS per minggu. 

Selain nama-nama di atas, sejumlah tokoh terkenal lainnya yang memiliki pulau pribadi adalah direktur LVMH Bernard Arnault, pesulap David Copperfield, dan aktor tampan Johnny Depp. 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan