Isnin, 24 Disember 2012

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Penyair se Asia Tenggara baca puisi di Muarojambi

Posted: 24 Dec 2012 07:49 AM PST

Salah satu agenda adalah Internasional Poets Gathering, yang tidak saja diikuti para penyair Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Brunei Darussalam sebagai peserta PPN VI, tetapi juga penyair perwakilan dari Ko

Berita Terkait

Jambi (ANTARA News) - Panitia Pertemuan Penyair Nusantara VI di Jambi sebagai penyelenggara pertemuan penyair se Asia Tenggara akan menggelar acara baca puisi oleh para peserta di kawasan Candi Muarojambi.

"Salah satu agenda adalah Internasional Poets Gathering, yang tidak saja diikuti para penyair Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Brunei Darussalam sebagai peserta PPN VI, tetapi juga penyair perwakilan dari Korea Selatan dan Perancis, di Candi Muarojambi," kata Direktur PPN VI Jambi Ramayani di Jambi, Senin.

Ia mengatakan Candi Muarojambi adalah salah satu khasanah budaya klasik teramat penting di Jambi merupakan peninggalan kerajaan Melayu Jambi pada abad ke-11, khasanah tersebut telah ditetapkan Presiden SBY sebagai kawasan wisata terpadu pada 2010 dan telah diusulkan ke UNESCO untuk masuk daftar warisan dunia.

Di salah satu candi terpenting dan terbesar panitia PPN VI akan membangun panggung khusus tempat pembacaan puisi oleh para penyair dunia dan nusantara yang menyatu dengan pelataran candi.

"Penyair peserta akan diboyong berwisata ke aset wisata andalan Jambi tersebut dan di tempat yang dituju telah disiapkan panggung pembacaan puisi selain sebagai agenda acara juga secara langsung menjadi salah satu wahana komunikasi, edukasi dan hiburan langsung bagi para wisatawan dan masyarakat di tempat tersebut," ujarnya.

Selain itu, tambah Ramayani, selama berada di objek wisata sejarah yang amat penting bagi peradaban nusantara tersebut para penyair juga diharapkan untuk melakukan satu proses trnasformasi ide menjadi karya puisi atau tulisan lainnya.

Selanjutnya nanti akan diterbitkan pula dalam bentuk buku oleh panitia guna ditransformasikan kepada pulbik luas yang ingin mengenal candi Muarojambi lebih mendalam dengan cara unik dari sudut pandang penyair.

"Sebenarnya panggung baca puisi di candi yang akan digelar pada 30 Desember tersebut bukanlah satu-satu panggung ekspresi bagi penyair dan tontonan bagi publik, namun juga telah dibangun dan disediakan panggung pertunjukan lainnya di arena acara Seminar PPN yakni di Hotel Shang Ratu," ujar dia.

Panitia, kata dia, juga telah membangun panggung atau pentas di atas air di tengah-tengah kolam renang Tepiang Ratu di hotel Shang Ratu tempat penyelenggaraan seminar internasional sastra nusantara selama tiga hari dari 29 hingga 31 Desember nya.
(ANT-144/M008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Olivia Jensen senangi outdoor

Posted: 24 Dec 2012 06:31 AM PST

Olivia Jansen (ANTARA/Teresia May)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Aktris Olivia Jensen Lubis mengatakan proses syuting "Potong Bebek Angsa", film action komedi yang dibintanginya, tidak membosankan karena banyak dilakukan di luar ruangan.

Dalam film itu, Olivia yang memerankan "Sasha" dikejar-kejar mafia sehingga harus kabur ke sana kemari. Berbagai tempat dia lalui, dari jalan raya hingga pasar tradisional.

Tidak hanya harus berlari-lari, gadis kelahiran 11 April 1993 itu juga harus menaiki beragam kendaraan, dari mobil hingga vespa modifikasi yang dirancang memiliki tempat duduk tambahan sehingga dapat dinaiki tiga orang.

"Waktu naik vespa dua seat, bener bener seru naiknya. Serasa rollercoaster karena harus ngebut. Apalagi tempatnya di pasar, jadi harus belok kiri kanan biar nggak nabrak," kata dia usai pemutaran perdana film "Potong Bebek Angsa" di Jakarta, Senin.

Meskipun seru, Olivia harus rajin memakai sun block dan payung agar kulitnya tidak gosong. Hampir sepanjang film, dia mengenakan kostum mini, yaitu gaun putih balerina sehingga sebagian besar kulitnya terpapar sinar matahari.

"Habis syuting aku langsung perawatan, scrubbing."

"Potong Bebek Angsa" mengisahkan petualangan Sasha (Olivia Jensen), kakaknya Masen (Boy William), dan sahabat Masen, Otong (Ricky Harun) yang dikejar gerombolan mafia dari pesta kostum yang tidak sengaja mereka datangi. 

Sasha mengenakan kostum balerina menyerupai angsa, Masen mengenakan kostum bebek, sementara Otong memanfaatkan sprei untuk menjadi pocong.

Film besutan sutradara Alyandra itu tayang di bioskop mulai 27 Desember 2012.

(nan)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan