Ahad, 18 November 2012

Republika Online

Republika Online


Ditinggal Istri, Suami Bisa Meninggal Lebih Cepat

Posted: 18 Nov 2012 09:08 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Boleh percaya atau tidak, satu penelitian mengungkap bahwa suami yang ditinggal istri memiliki kemungkinan meninggal lebih cepat daripada sebaliknya.

Tim peneliti dari Rochester Institute of Technology di AS menyatakan, istri memiliki daya tahan yang lebih kuat daripada suami karena istri atau wanita memiliki kemandirian dan kesiapan mental yang lebih kuat daripada suami.

Kehilangan sosok istri yang dalam kehidupan sehari-hari kerap menjadi 'perawat' dan satu-satunya orang yang memberikan perhatian ekstra terhadap suami akan memberikan dampak psikologis yang besar saat sang suami mulai kehilangan 'layanan' istimewa ini. Bahkan kesehatan fisiknya pun akan mengalami penurunan, dan  mengakibatkan kematian.

Tim peneliti juga menyatakan, kemungkinan pria meninggal bisa mencapai 30 persen setelah ditinggal istri. Sedangkan istri atau wanita yang ditinggal suami, tidak mengalami peningkatan risiko kematian yang signifikan.

"Sejauh yang saya ketahui, ini adalah penelitian empiris pertama yang menganalisis masalah ini menggunakan data besar dalam skala nasional mewakili AS," kata Javier Espinosa, salah satu peneliti seperti dilansir Medical Daily.

Pesona Suzhou, Kota Air dari Timur

Posted: 18 Nov 2012 08:57 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, SUZHOU -- Ingin liburan unik dan menarik? Sepertinya wisata kota air bisa menjadi pilihan. Untuk menuju ke sana, anda tak perlu jauh-jauh ke kota Venezia, Italia yang sudah terkenal sebagai kota air. Anda cukup pergi ke kota Suzhou, Cina.

Suzhou merupakan kota yang dijuluki sebagai Kota Air dari Timur. Sebagai bagian dari provinsi Jiangsu, Suzhou memiliki sejarah budaya lebih dari 2.500 tahun. Wilayah ini berada sekitar 1.400 km sebelah selatan dari Beijing dan sebelah barat kota Shanghai. Untuk menuju kota air ini anda cukup menaiki kereta ekspress selama 30 menit dari kota Shanghai.

Di kota unik ini terdapat saluran air dan taman-taman nan mempesona. Di antara taman terbaik Suzhou adalah Taman Administrator Humble. Ini adalah taman klasik terbesar di Suzhou dan salah satu dari empat kebun terkenal di Cina. Tak hanya itu, kota air ini juga memiliki lebih dari 300 sungai, danau, dan 20 ribu saluran air.

Para wisatawan juga bisa menikmati jalan-jalan air dengan menaiki kapal kayu. Bagi anda pecinta kuliner, deretan restoran dengan hidangan lokal dan moderen akan memanjakan lidah anda. Rasa makanan yang ditawarkan di restoran-restoran di sini relatif ringan.

Anda juga dapat menikmati pangsit boneka yang terbuat dari tepung beras ketan. Kenikmatan liburan akan terasa puncaknya saat meminum teh tradisional Cina di sepanjang jalan-jalan air (tea house). Bukan hanya makanan dan keindahan kota, anda pun bisa menikmati suasana perpaduan budaya setempat dengan moderen.

"Bukan hanya masakan tetapi bahkan gaya hidup di sini berbeda dari kota-kota lain di Cina. Kenyamanan adalah kata kunci di sini," kata pengunjung Zhou Xian seperti dikutip dari Times of India, Senin (19/11).

Bagi anda pecinta musik dapat mengunjungi museum China Kunqu Opera di kota air ini. Di museum ini ada lebih dari 100 peninggalan budaya terkait opera termasuk naskah asli dari beberapa opera terkenal di Cina.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan