Khamis, 29 November 2012

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Demokrat Tuduh Norquist Pemimpin Republikan

Posted: 30 Nov 2012 03:40 AM PST

Politik AS

Demokrat Tuduh Norquist Pemimpin Republikan

Penulis : Simon Saragih | Jumat, 30 November 2012 | 11:40 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Ketua Senat AS Harry Raid (Demokrat) mengecam habis Grover Norquist. Tokoh anti-pajak AS ini dia nilai punya pengaruh besar bagi para caleg Partai Republik.

Raid sampai menuding Norquist adalah pemimpin de facto Partai Republik. Norquist amat menentukan bagi terpilih tidaknya para caleg Partai Republik saat pemilu. Hingga pada hari Kamis (29/11/2012), Presiden AS Barack Obama kesulitan mencapai kesepakatan dengan kubu Republikan soal kenaikan pajak untuk mengatasi defisit anggaran negara AS.

Ketua DPR AS, John Boehner, berkelit dengan mengatakan bahwa Gedung Putih tidak mau berkompromi. Boehner mengatakan pemajakan warga akan merugikan ekonomi walau para ekonom mengatakan hal sebaliknya. Kalimat Boehner ini mirip dengan kalimat Norquist dalam setiap wawancara denan berbagai media besar AS. Adalah Norquist sebenarnya yang berada di balik semua itu.

Dalam wawancara di televisi CBS pada 18 November lalu, pewawancara CBS Steve Kroft mengatakan Norquist adalah penentu bagi Republikan. Hal itu langsung dia tanyakan kepada Norquist. Norquist menjawab bahwa Republikan tunduk pada para warga pemilih bukan pada dirinya.

Akan tetapi dalam wawancara itu Norquist menunjukkan beberapa anggota parlemen dari Partai Republik yang terjungkal dalam pemilu jika mengingkari janjinya, yakni jika mengusulkan kenaikan pajak. Sumpah Partai Republik adalah menolak selamanya kenaikan pajak.

Norquist adalah orang yang pernah diminta almarhum mantan Presiden AS, Ronald Reagan untuk gencar menolak kenaikan pajak. Namun pengaruh Reagan ini berlangsung terus hingga sekarang. 

Mantan Presiden George HW Bush Masuk Rumah Sakit

Posted: 30 Nov 2012 02:10 AM PST

Mantan Presiden George HW Bush Masuk Rumah Sakit

Jumat, 30 November 2012 | 10:10 WIB

Mantan Presiden AS, George HW Bush

HOUSTON, KOMPAS.com Mantan Presiden AS, George HW Bush, masih berada di sebuah rumah sakit di Houston, Kamis (29/11), setelah dirawat karena bronkitis, kata juru bicaranya. Kantornya mengatakan, ia berada dalam kondisi stabil.

Bush, 88 tahun, dirawat di Rumah Sakit Methodist Houston selama enam hari dan menderita batuk yang berkepanjangan, kata juru bicaranya, Jim McGrath, kepada CNN.

"Presiden Bush telah keluar masuk Rumah Sakit Methodist di Texas Medical Center untuk dirawat karena komplikasi yang berhubungan dengan bronkitisnya," kata kantornya dalam sebuah pernyataan. "Dia dalam kondisi stabil, dan diperkirakan akan keluar dalam waktu 72 jam ke depan."

Bush menderita penyakit parkinson yang memengaruhi kakinya dan mengharuskannya untuk menggunakan kursi roda.

Dia merupakan mantan presiden tertua yang masih hidup dan seorang veteran Perang Dunia II. Dia sebelumnya dirawat di rumah sakit selama semalam tahun 2007 setelah pingsan akibat dehidrasi dan cuaca panas ketika bermain golf di California.

 

Editor :

Egidius Patnistik

Tiada ulasan:

Catat Ulasan